Home Cuan 5 Pekerjaan Sampingan Yang Cocok Untuk Mahasiswa
Pekerjaan Sampingan Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Terkadang kegiatan di kampus yang begitu-begitu saja bisa membuat seorang mahasiswa merasa bosan, mungkin memutuskan untuk mencari pekerjaan sampingan atau part time menjadi alternatif mengatasi rasa jenuh tersebut. Selain untuk mengisi kekosongan waktu, melakukan pekerjaan part time juga terkesan keren lho, karena sudah bisa dikatakan orang yang mandiri, tak terlalu mengandalkan uang dari orang tua, keren dah pokoknya.

Pekerjaan Sampingan Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Mungkin saya akan share beberapa pekerjaan sampingan atau part time yang sesuai pengalaman saya sebagai mahasiswa jurusan teknik informatika ya.

1. Membuka Jasa Sesuai Keahlian

Karena saya punya keahlian di bidang coding dan website, yang paling cocok untuk dilakukan sebagai kerja sampingan adalah membuka layanan jasa pembuatan website ini. Selain prospek yang lumayan bagus, juga sangat mudah dilakukan karena sejalan dengan apa yang dipelajari di kampus. Awal-awal memang sangat susah untuk mendapatkan closingan, tapi jika dijalani terus sambil menambah portofolio pasti ada saja calon pelanggan yang tertarik.

Untuk memulai bisnis jasa ini paling bagus itu mulai menawrakan jasa ke orang dekat dulu, seperti keluarga, saudara, ataupun teman kita, jangan dulu mikir bayaran tinggi, awal-awal itu fokus aja ngumpulin portofolio, kalau udah banyak baru deh bisa up harga ke pelanggan yang lainnya.

Berlaku juga untuk jasa dibidang keahlian lainnya.

2. Ojek Online (OJOL)

Beberapa teman dekat saya banyak banget yang daftar jadi ojek online, (Gojek, Grab dan Shopee food), ternyata penghasilan hariannya lumayan besar, bisa lebih dari 100rban. Bahkan bisa juga dapat bonus/tip dari pelanggan yang lumayan besar juga. Untuk waktu kerjanya juga sangat flexibel, misal pulang kuliah siang, abis tu bisa langsung lanjut narik dari titik kampus, tinggal aktifkan saja aplikasi ojeknya.

Pekerjaan part time ini sangat cocok buat kamu yang bener-bener pingin cari kegiatan selain kuliah, dan yang udah jenuh banget sama kuliahan, sekalian healing gitu.

3. Buka Jasa Private

Kamu merasa punya keahlian dalam bidang ilmu? nah membuka jasa private bisa kamu lakukan, biasanya momen seperti ini datang begitu saja. Tiba-tiba ada saja seorang teman yang chat kita bilang “bang bisa bantuin ngajarin tugas ini..?” jika dapat tawaran seperti ini ambil saja, itung-itung bantu teman.

Tapi perlu diingat, jika yang minta tolong itu orang yang tidak terlalu kenal, kamu bisa meminta tarif jasa konsultasi/private, saya juga kadang melakukan ini. Tidak ada salahnya meminta bayaran atas apa yang kita ajarkan dan waktu yang diluangkan.

Misalnya sekali ngajarin ya 20-50rban udah layak, itupun kalau orang yang minta tolong itu pengertian biasanya juga kita di traktir minum dan jajan. Mentok-mentok jika orangnya pingin instan biasanya kita disuruh ngerjain tugasnya dia secara plek tanpa mau tau alurnya, pokoknya jadi aja gitu.

Istilahnya disebut dengan jasa joki, baca dulu apa itu jasa joki

4. Jualan Cemilan

Dikalangan anak muda itu masih hype banget cemilan yang pedes-pedes, sebut saja basreng, makaroni, mie lidi, cireng goreng, dan sejenisnya. Pada saat SMK dulu saya pernah melakukan ini, jadi buat produk sendiri keripik tempe dengan beberapa varian rasa, titip di kantin sekolahan dan ternyata banyak yang suka.

Keuntungan dari jualan cemilan sangat tinggi, bahkan bisa 100% dari modal, misalnya untuk keripik tempe dengan porsi 100 gram itu bisa kita jual Rp 15.000-an modalnya cuma 4rban saja. Untungnya Rp 11.000, dan bayangin aja kalau per hari bisa laku 5-10pcs atau lebih. Tentunya keuntungan semakin tinggi.

Tapi jangan cuma bayangin untungnya aja, karena pada saat itu saya buat produknya sendiri, sepulang sekolah langsung masak, setiap minggu setidaknya masak keripik tempe 3x, jadi bener-bener capek banget (sesuai dengan hasil).

Namun saat ini kalau mau jualan cemilan kayaknya bakal lebih gampang deh, karena saya lihat di pinggiran jalan kota ada banyak banget toko cemilan yang bisa dibeli dengan harga eceran atau grosir. Nah kamu tinggal beli aja yang udah jadi, nanti dikasih bumbu rasa sendiri, dan kemasan sendiri.

Lalu tinggal pasarin aja deh.

5. Jadi Kreatif Konten Kreator

Ini merupakan jenis pekerjaan sampingan namun bisa juga jadi pekerjaan utama, jika kamu memiliki jiwa-jiwa kreatifitas yang tinggi dan ada keinginan menjadi seorang influencer, membangun channel sedini mungkin adalah pilihan yang sangat tepat. Ada banyak sekali konten kreator yang sukses berawal dari masa-masa sekolah mereka.

Sebut saja Kevin anggara, yang kini menjadi seorang influencer yang sukses, dulu mereka bermulai dari keisengan membuat video komedi pendek di instagram. Apalagi sekarang ini sudah ada tiktok, peluang untuk promosi hasil karya kita lebih mudah.

Ada banyak jenis konten kreator, tinggal sesuaikan saja dengan passion kamu, misalnya jago desain, ya fokuskan ke desain-desian, kalau hobi di fotografi ya fokuskan ke bidang tersebut.

Penutup

Itu dia 5 pekerjaan sampingan yang cocok untuk mahasiswa yang bisa kamu coba, sebenarnya diluar sana masih banyak banget jenis pekerjaan sampingan yang bisa dijalankan. Namun diatas adalah contoh yang umum dilakukan oleh kebanyakan mahasiswa.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search