Home Cuan Cara Mencari Pekerjaan di Google Maps
Cara Mencari Pekerjaan di Google Maps

Mencari pekerjaan memang suatu aktivitas yang bisa sangat melelahkan, meskipun tidak seperti dahulu yang dimana para pencari kerja harus mencari informasi lowongan kerja dari majalah, koran, bahkan harus datang langsung ke kantor perusahaan tersebut.

Namun saat ini untuk mencari pekerjaan sudah sangat mudah, apalagi dengan adanya teknologi GPS kita bisa mengetahui perusahaan di sekitar kita yang sedang membuka lowongan pekerjaan, salah satu caranya menggunakan google maps.

Cara Mencari Pekerjaan di Google Maps

Berikut ini cara untuk mendapatkan pekerjaan melalui aplikasi google maps:

Apa itu Google Maps?

Google Maps adalah aplikasi peta online yang dapat diakses secara gratis melalui perangkat mobile ataupun web browser . Aplikasi ini umumnya digunakan untuk mendapatkan petunjuk arah suatu lokasi.

Namun, tahukah anda bahwa lewat Google Maps kita bisa mencari pekerjaan di dekat lokasi kita sendiri. Tips ini murni dari pengalaman saya sendiri saat mencari pekerjaan di sosial media tapi tak kunjung dapat. Berkat aplikasi ini saya bisa ngobrol dengan pemilik usaha/toko secara langsung.

Baca juga: Sistematika Surat lamaran pekerjaan

Caranya bagaimana?

Ada 2 cara yang bisa anda lakukan untuk mencari pekerjaan lewat Google Maps dengan persyaratan memiliki kuota internet agar dapat mengakses lokasi, melatih kesabaran dan ketekunan yang tinggi untuk mendapatkan perusahaan yang cocok dengan anda.

Cara Pertama

  • Tentukan terlebih dahulu lokasi dan jenis pekerjaan apa yang mau dilamar. Contoh anda mau bekerja di daerah A dengan pekerjaan sebagai Montir di bengkel motor.
  • Setelah itu, buka aplikasi Google Maps dengan mengetik di kolom pencaharian bagian atas lalu tulis ” bengkel Motor di A (lokasi)“. Setelah klik menu “cari” anda akan melihat beberapa perusahaan atau usaha bengkel dari hasil pencaharian yang ditampilkan.
  • Selanjutnya, pilih salah satu perusahaan hasil dari pencaharian untuk membuka halaman profilnya.
  • Setelah anda pilih, anda akan melihat 5 daftar pilihan yaitu Ringkasan, Layanan, Ulasan, Foto, Info Terbaru dan Tentang. Silahkan pencet bagian “Ringkasan” untuk mendapatkan kontak perusahaan yang disediakan.
  • Terakhir, buka akun Whatsapp anda lalu “tambahkan kontak” jika ternyata nomor perusahaan itu terhubung dengan Whatsapp maka anda bisa menghubunginya dengan bicara penuh sopan santun.

Jika ternyata perusahaan tidak menampilkan nomor Whatsapp melainkan nomor pribadi atau nomor khusus seperti (0411) perusahaan maka bisa menghubungi dengan menelpon langsung via telepon bukan Whatsapp.

Cara Kedua

  • Buka aplikasi Google Maps lalu ketikkan daerah lokasi pekerjaan mana yang anda inginkan.
  • Setelah lokasinya sudah ditemukan, maka berikutnya adalah anda tahan dan geser layar agar tampilan lokasi dan alamatnya terlihat lebih jelas. Fungsinya agar anda bisa menemukan nama toko-toko dan perusahaan bisnis pada setiap titip lokasi.
  • Lalu, anda tinggal klik nama perusahaan tertentu yang ditampilkan google dan seperti cara pertama anda buka bagian “Ringkasan” untuk mendapatkan nomor yang bisa dihubungi.

Tips kedua ini bisa dilakukan buat anda yang mencari pekerjaan secara random alias mencari pekerjaan yang sekira-kira masuk dalam kriteria anda. Baik pekerjaan jaga toko, helper, marketing, montir, cleaning service, karyawan laundry, cuci motor dan lain-lain.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan yang anda dapatkan jika menerapkan kedua cara di atas adalah anda secara langsung berbicara dengan pemilik perusahaan, sehingga anda tidak tertipu informasi penipuan seperti grup lowongan tertentu dan banyak kemungkinan anda mendapatkan pekerjaan.

Fakta, setelah saya menghubunginya dan karena ternyata perusahaan A lagi butuh karyawan dengan kriteria yang sama, maka hari itu juga pihak perusahaan memberikan saya alamat dan persyaratan yang dipenuhi seperti bawa surat lamaran kerja dan jadwal untuk wawancara.

Bahkan jika perusahaan sedang tidak mencari pekerja, banyak dari perusahaan memberikan kesempatan agar membawa surat lamaran ke kantor agar sewaktu-waktu butuh rekrutan maka ada banyak peluang anda ada panggilan interview.

Kekurangannya ialah tidak semua pesan yang kita kirim langsung dibalas oleh pemilik usaha. Ada yang balasnya seketika, menunggu satu hari bahkan tidak ada balasan sama sekali.

Kesimpulan

Mencari pekerjaan lewat Google Maps memiliki banyak kelebihan dibandingkan informasi loker yang tersebar luas di sosial media yang menawarkan lowongan yang tidak bisa 100% dipercaya, karena banyak kasus penipuan lowongan kerja yang terjadi akhir-akhir ini. Oleh sebabnya kalau mau mencari lowongan kerja harus pada aplikasi atau website aman dan terpercaya.

 

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search