Home Literasi Jurusan Teknik Informatika: Belajar Apa,Keunggulan hingga Prospek Kerja
jurusan teknik informatika

Siapa nih yang tidak kenal dengan jurusan teknik informatika? Sejak beberapa tahun belakangan ini, teknik informatika menjadi salah satu jurusan yang naik daun alias hits. Memang kemampuan di bidang teknik informatika semakin gencar dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Namun, menentukan jurusan saat kuliah itu jangan asal pilih atau terima ajakan teman tanpa mengetahui seluk beluk jurusan perkuliahan. Oleh sebab itu, kamu perlu introspeksi dan melakukan riset apakah cocok jika mengambil jurusan teknik informatika. Sebab, banyak kejadian mahasiswa yang stuck di tengah jalan karena merasa salah jurusan dan akhirnya malas melanjutkan kuliahnya. Sayang banget bila perjuangan yang telah dilalui kandas begitu saja.

Tenang, melalui artikel ini kami berharap kamu akan menemukan jawabannya dan dapat memutuskan dengan matang. Tentu saja, kami akan memberikan beberapa rekomendasi alasan mengambil jurusan teknik informatika untuk dijadikan pertimbangan apakah kemampuanmu cocok atau tidak.

Seperti apa jurusan teknik informatika?

seperti apa itu jurusan teknik informatika
Sumber kesah.id

Sebelum melangkah lebih jauh, alangkah lebih baiknya kamu mengetahui jurusan teknik informatika secara general dan mendasar. Teknik informatika sendiri merupakan jurusan atau bidang ilmu yang mempelajari tata cara penggunaan teknologi komputer melalui analisis matematis dalam menerapkan kerja komputer hingga melakukan pengembangan melalui struktur instruksi.

Lebih ringkasnya, jurusan teknik informatika melakukan pengolahan data menggunakan teknologi baik itu komputer maupun perangkat digital lainnya menggunakan prinsip logika. Jadi, logika sangat berperan penting dalam jurusan teknik informatika, bahkan mata kuliah yang umumnya ditemukan pada jurusan teknik informatika selalu mengarah pada penggunaan logika dan analitik.

Berikut ini beberapa contoh mata kuliah yang umum ditemui mahasiswa jurusan teknik informatika.

  1. Algoritma dan pemrograman, mata kuliah ini mempelajari bagaimana cara memecahkan masalah secara terstruktur dalam sebuah flow diagram.
  2. Struktur data, mempelajari tipe data dalam bahasa pemrograman serta cara penerapannya pada studi kasus kode.
  3. Object Oriented Programming, dikenal juga dengan pemrograman berbasis objek.
  4. Statistika, mata kuliah yang mempelajari bagaimana cara mengolah data menjadi sebuah informasi yang dapat diterima dengan baik.

Sebetulnya, banyak mata kuliah jurusan teknik informatika yang mengarah pada lingkup analitik dan matematika. Jadi tidak salah jika jurusan teknik informatika harus mengetahui matematika, walaupun secara basic saja. Apalagi ketika dihadapkan dengan ragam mata kuliah pemrograman. Kamu sudah bisa menduga bahwa kemampuan analitik seperti memecahkan error dan menggunakan perhitungan harus ada untuk saling melengkapi. Beberapa contoh mata kuliah tersebut antara lain Pengolahan Citra dan Pola, Mobile Programming, Data Analytics, Laravel, Java dan masih banyak lagi.

Jurusan teknik informatika juga harus tanggap akan ketelitian. Karena mahasiswa akan dihadapkan dengan ketelitian tingkat tinggi yang mengharuskan program bisa dikenali oleh komputer dengan tepat. Apalagi saat melakukan coding, tentu kamu pernah mendengar dengan istilah “error”.

Istilah error merujuk pada sebuah blok kode yang di-deploy tidak dapat dikenali oleh program atau bahasa pemrograman. Dalam kasus ini, blok kode tersebut tidak akan berjalan dan seringkali mempengaruhi blok kode lainnya.

Mungkin ini terlalu jauh, namun kadang kala memperbaiki error membutuhkan waktu yang lebih lama dari pada menuliskan script code. Jadi ketelitian sangat menjamin dan penting dalam jurusan teknik informatika.

Apa yang dipelajari pada jurusan teknik informatika?

Kamu mungkin sudah mendapatkan bayangan apa yang akan dipelajari oleh mahasiswa setelah membaca pemaparan diatas. Agar mudah dimengerti, disini kami akan merangkum apa saja yang dipelajari pada jurusan teknik informatika

  1. Soft skill seperti kemampuan berpikir logis, detail, teliti dan dapat menerapkan analisis pada sebuah permasalahan.
  2. Kemampuan problem solving juga menjadi tulang punggung pada jurusan teknik informatika. Sebab, dalam mengolah input menjadi output yang tepat, mahasiswa perlu mengenali permasalahan serta membuat keputusan yang tepat atas permasalahan tersebut melalui rangkaian analisa.
  3. Pemahaman akan teknologi dan informasi. Perkembangan teknologi dan informasi menuntut mahasiswa untuk aktif dan gesit mempelajarinya. Kamu akan dibanjiri pengetahuan terkait perangkat lunak, perangkat keras serta perkembangan teknologi.
  4. Kemampuan bekerja secara individu maupun teamwork. Tidak dipungkiri bahwa pembelajaran teknik informatika selalu dibanjiri dengan tugas berupa project kecil hingga besar. Apalagi, kolaborasi selalu dibutuhkan dalam menyelesaikan project sebab kamu harus membagi tugas dengan rekan kuliah agar dapat merancang, membangun hingga menyelesaikan project dengan baik.
  5. Pembelajaran analisis desain, kuliah teknik informatika tidak langsung menerapkan bahasa pemrograman begitu saja. Sebelum itu, mahasiswa diharapkan mampu menggambarkan alur atau flow ke dalam diagram dengan urut dan rinci.
  6. Kemampuan memahami dan menerapkan bahasa pemrograman. Dalam menghasilkan sebuah program, tentu mahasiswa harus paham dulu terkait teknologi informasi, algoritma, struktur data dan lain-lain. Tenang saja, pembelajarannya pasti bertahap sesuai dengan kurikulum yang diterapkan. Pemrograman tersebut bisa saja untuk menghasilkan program website, android, desktop dan lain-lain. Berbagai bahasa pemrograman yang sering ditemui yaitu C, C++, PHP, Python, Java, Javascript dan lain-lain. Selain itu terdapat framework yang tentu membantu penggunaan bahasa pemrograman menjadi metode penerapan tertentu yang biasanya lebih mudah.

Apakah bisa kuliah sambil kerja di jurusan teknik informatika?

Sebetulnya, kuliah sambil kerja sangat dipengaruhi oleh kebijakan dari perguruan tinggi itu sendiri. Mengapa? Karena akses untuk kuliah sambil kerja akan dimudahkan apabila perguruan tinggi menyediakan program kelas karyawan.

Namun, bagi jurusan teknik informatika, kamu terkadang tidak perlu mengambil kelas karyawan untuk kuliah sambil kerja. Untuk beberapa kasus, mahasiswa bisa saja mengambil project ataupun membangun program yang dapat dilakukan secara fleksibel.

Contoh saja jasa pembuatan website atau mengerjakan project aplikasi mobile. Jika mahasiswa telah menerima pembelajaran tersebut di bangku perkuliahan, maka tidak akan sulit untuk mengembangkan kemampuan di bidang tersebut.

Biasanya pekerjaan tersebut dapat dilakukan secara fleksibel, asal tetap perbandingan waktu kelas dengan deadline project. Apalagi, beberapa perguruan tinggi menyediakan waktu yang sangat fleksibel untuk memilih jam kuliah. Jadi, mahasiswa teknik informatika akan lebih leluasa membagi waktu untuk kuliah sambil bekerja.

Baca dulu: Perbedaan perkuliahan negeri dan swasta

Keunggulan jurusan teknik informatika

Pastinya, mahasiswa yang memilih salah satu jurusan tidak lepas dari keunggulan yang ditawarkan. Berikut ini beberapa kelebihan atau keunggulan jurusan teknik informatika.

1. Perkembangan teknologi yang begitu pesat.

Tidak dipungkiri, perkembangan teknologi dari waktu ke waktu semakin berkembang pesat. Bahkan setiap detiknya tanpa kita sadari, teknologi jauh berkembang begitu cepat.

Pada kesempatan ini, sebetulnya peluang yang akan dimiliki mahasiswa teknik informatika akan semakin banyak dan terus bertambah. Perkembangan teknologi tidak hanya update teknologi, namun juga muncul teknologi baru yang dimana peminatnya semakin sedikit.

Apabila menyadari peluang tersebut, bisa saja kamu akan menjadi yang terdepan di bidang teknologi yang masih muda tersebut. Tentunya hal ini didorong oleh pembelajaran saat duduk di bangku kuliah jurusan teknik informatika

2. Developing sebuah sistem.

Dengan menggunakan perangkat komputer, sebetulnya banyak hal bisa dilakukan. Salah satunya developing sebuah sistem baru ataupun pengembangan sistem. Bagi jurusan teknik informatika, developing sebuah sistem bisa menjadi keahlian yang dapat diandalkan baik sistem hardware maupun software.

Dengan developing sebuah sistem, output tersebut dapat dipergunakan ke banyak hal. Misalnya untuk kepentingan perusahaan maupun kepentingan personal, Apabila tepat sasaran, bisa saja sistem tersebut dibandrol dengan harga fantastis.

3. Banyaknya lapangan pekerjaan bagi mahasiswa jurusan teknik informatika.

Tidak hanya bergelut di bidang formal saja, nyatanya lulusan teknik informatika bisa bekerja di bidang industri kreatif. Sebut saja digital agency yang menyediakan jasa untuk melakukan kegiatan pemasaran digital.

Selain bekerja di perusahaan, lulusan teknik informatika juga dapat berwirausaha. Banyak pembelajaran yang diperoleh selama perkuliahan yang dapat diterapkan menjadi ide wirausaha melalui peluang yang ada. Sebut saja Gojek yang saat ini menjadi perusahaan besar yang tidak lepas dari teknologi.

4. Peluang Work From Anywhere and Everytime semakin luas.

Siapa yang ingin bekerja dengan tempat dan waktu yang fleksibel? Tentu saja ini merupakan impian banyak orang karena kerja santai dan luwes merupakan kepuasan.

Jurusan IT memiliki peluang bekerja work from anywhere dan everytime sangat luas. Selama memiliki peralatan yang mendukung dan memadai, kamu dapat bekerja di mana saja dan kapan saja. Contohnya, kamu bisa mengerjakan project di rumah, bertemu klien di café, dan bekerja teamwork di kedai kopi. Prospek kerja lulusan teknik informatika

Pengalaman pribadi masuk jurusan teknik informatika

Menceritakan sebuah kejadian memang harus didukung dengan pengalaman. Penulis sendiri merupakan mahasiswa jurusan Teknik Informatika yang sedang duduk di bangku kuliah di salah satu institut di Indonesia.

Sulit atau tidaknya mengambil jurusan teknik informatika berasal dari diri sendiri. Alasan penulis mengambil jurusan teknik informatika dari awal hingga kini yaitu karena perkembangan teknologi dan prospek kerja yang begitu luas. Apalagi, setiap perusahaan saat ini tidak akan lepas berbaur dengan teknologi setiap harinya dan tentu tidak akan lepas dari lulusan teknik informatika.

Pembekalan pengetahuan teknologi dan informasi serta mengetahui update teknologi menjadi langkah penting sebelum bersiap memasuki bangku perkuliahan jurusan teknik informatika. Karena, mahasiswa akan langsung diarahkan untuk mempelajari dan masuk ke sebuah bidang tertentu dalam teknologi informasi. Jadi, mahasiswa diharapkan sudah mengenal hal dasar seperti menghidupkan komputer, mengoperasikan komputer secara basic.

Pembelajaran di kampus bisa dibilang melelahkan namun menyenangkan. Seperti dipaparkan di awal, kemampuan analitis dan penggambaran informasi dengan matang dibutuhkan untuk mengerti akan sebuah program serta menerapkannya. Apalagi ketika belajar bahasa pemrograman, tentu algoritma bahasa pemrograman tersebut mesti diketahui untuk mencegah terjadinya error.

Saran penulis, disamping melaksanakan kegiatan kuliah, coba juga untuk mengerjakan project ringan dan ikut pelatihan di luar kampus. Karena sejatinya, teknologi dan informasi perkembangan setiap saat. Dengan kemampuan eksplorasi yang baik, tentu mahasiswa akan lebih matang ketika bekerja suatu hari nanti, baik corporate, startup dan lain-lain.

Baca juga: Kampus IT Murah di Bali

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search