Home Lifestyle Arti Kata Joki dalam Bahasa Gaul, Si Paling Joki
arti kata joki

Apa itu joki? jika kamu bertanya-tanya mungkin artikel ini akan menjawab atas rasa penasaran tersebut dengan istilah bahasa gaul yang sudah ada sejak lama ini.

Apa Itu Joki (Arti Kata Joki)

Di dalam bahasa gaul, Joki memiliki arti dan makna meminta bantuan orang lain yang lebih jago dibidangnya untuk menyelesaikan masalah atau pekerjaan yang sedang dihadapi. Misalnya, di lingkungan kampus saya yang merupakan kampus IT di bali, ada beberapa teman yang suka minta dibuatin tugasnya, dan ngasih imbalan baik itu berupa uang tunai, maupun ditraktirin makan dan jajan.

Biasanya orang yang meminta jasa joki itu ada beberapa kondisi seperti :

  1. Memang tidak paham di bidang tersebut
  2. Males ngerjain sendiri, terbiasa dibantu teman
  3. Gak ngerti apa-apa sama sekali
  4. Lagi banyak deadline tugas
  5. Lagi sibuk dengan urusan lain dan kebetulan deadline mepet banget
  6. dll

Secara umum, diatas adalah alasan kenapa seseorang itu memakai jasa joki, entah itu joki tugas sekolah, pekerjaan, maupun joki dalam bidang lainnya.

Contoh Permintaan Untuk Jasa Joki

Ada banyak banget kesempatan teman atau orang yang belum saya kenal meminta jasa joki kepada saya, namun tidak semua bisa saya bantu, tergantung bidangnya. Misalnya seperti berikut :

Contoh Permintaan Untuk Jasa Joki
Contoh Permintaan Untuk Jasa Joki

Jadi diatas ada yang minta untuk bantu buatin program android, kebetulan saya tidak bisa, karena saya lebih prefer ke bahasa pemrograman php untuk keperluan jasa pembuatan website saja. Jadi ya harus saya tolak.

Apa Jasa Joki itu Haram?

Halal dan haram perihal jasa joki ini tidak sepenuhnya mutlak, tergantung bagaimana kasus dalam permintaan jasa joki, karena ada juga orang yang minta bantuan jasa joki untuk “diajarin” bukan “dibuatin“. Jadi dia ingin belajar ke orang yang lebih ahli itu sah-sah saja, yang gak baik itu plek ingin dibuatin gitu aja tapi tidak dipelajari lagi.

Itupun sepertinya tidak masuk ranah haram. Hanya saja memang tidak bagus untuk perkembangan diri sendiri kedepannya. Seperti contoh diatas, saya pribadi tidak membuka jasa joki, hanya saja memang sudah dikenal sama teman-teman saya sebagai orang yang agak bisa di bidang programming, jadi mereka minta bantuan untuk diajarin.

Dan adapun imbalan yang mereka berikan itu sebagai ucapan terimakasih mereka, dan sebagai bentuk menghargai ilmu dan waktu yang kita luangkan untuk mereka. Juga tugas yang minta di “jokiin” ini adalah tugas harian saja, toh dari dosen pengajar juga tidak melarang mahasiswanya untuk mencari referensi dari berbagai sumber, termasuk minta diajarin oleh kaka tingkat/ teman di kampus.

Baca Juga: Arti Kata Copas Dalam Dunia Internet

Berbeda dengan jasa joki skripsi, dan sebagainya, saya pribadi pun bisa dibilang sangat “anti” banget dengan hal tersebut, kayak sia-sia aja bayar kuliah tapi 1-4 tahun harus di jokiin kalau mau lulus.

Ya intinya begitu lah!

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search