Home Lifestyle 5 Tools AI Untuk Bikin Konten Produktif (Cocok Untuk Content Creator)
Apa itu Artificial Intelligence (AI)?

Apakah kamu merasa bikin satu konten itu perlu banyak waktu? Belum lagi memikirkan perencanaan atau gagasan ide yang bisa jadi makin pusing. Setiap pekerjaan, termasuk menjadi seorang content creator memang memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Sebagai seorang content creator pemula atau yang ingin kepikiran menjadi content creator pasti bingung bagaimana cara konten channel bisa FYP atau berkembang pesat.

Orang-orang kreatif di luaran sana selalu berpikiran out of the box dan menjadikan kontennya on trending. Membuat konten menarik di media sosial seperti Youtube itu pastinya membutuhkan waktu riset agar menjadikan konten tersebut memiliki nilai bagi audiens.

Kerennya, saat ini membuat konten sangat dibantu dengan kehadiran tools AI atau Artificial Intelligence. Beruntungnya lagi, kamu tidak perlu bayar untuk menggunakan tools tersebut, alias gratis.

Tapi sebelum itu, coba kita kenali lebih dalam apa itu artificial Intelligence yang naik daun saat ini.

Apa itu Artificial Intelligence (AI)?

Apa itu Artificial Intelligence (AI)?
Ilustrasi by pexels

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan merupakan bidang ilmu komputer yang mensimulasikan kemampuan atau kecerdasan manusia yang diterapkan ke sistem komputer. Proses yang terdapat dalam Artificial Intelligence mencakup learning, reasoning dan self correction.

Teknologi AI bekerja dengan cara menganalisis data untuk membuat keputusan pada sistem. Pada kasus nyata, data yang digunakan oleh tools AI berukuran sangat besar sehingga dapat memberikan hasil yang beragam pula.

Beberapa tools AI meliputi mesin pembelajaran, chatbot, konversi tulisan menjadi media dan masih banyak lagi.

Lalu, apakah Artificial Intelligence sama dengan Machine Learning?

AI sendiri merupakan teknologi untuk membuat sistem berbasis kecerdasan yang mengadaptasi penerapan kecerdasan manusia. Sementara, Machine Learning merupakan produk dari Artificial Intelligence itu sendiri. Bisa dibilang, Machine Learning merupakan bidang turunan dari AI yang merujuk pada sistem AI berdasarkan algoritma dan juga data historis.

Mengapa Artificial Intelligence Bisa Membantu Pembuatan Konten?

Perkembangan teknologi sampai sekarang ini memang manusia disuguhkan dengan kemudahan teknologi. Begitu pula konten kreator, mereka bisa memanfaatkan AI untuk membantu pembuatan konten mereka.

Sebut saja konten video yang nantinya akan dipublikasikan di platform Youtube. Dalam mendapati pembuatan konten hingga pengelolaan channel yang tidak produktif, kamu tidak bisa serta merta hanya punya ide saja, namun tidak bisa menerjemahkan dalam bentuk konten video.

Semisal saja, gagasan konten mengacu pada cerita pendek. Tentu kamu butuh naskah, storyboard dan banyak hal yang harus dipersiapkan. Tentu itu melelahkan bukan apabila mempersiapkan hal tersebut tanpa adanya bantuan.

Beruntung apabila kamu bekerja dengan team, tapi gimana jika kamu bekerja sendiri dalam mempersiapkan semua hal tersebut. Tahan dulu sobat, mungkin kamu sudah bisa menebaknya.

Iya, dengan kehadiran AI, semua hal tersebut bisa diatasi. AI bisa membantu membuatkan penyusunan naskah konten, membuat media konten, hingga membantu menentukan perencanaan konten selanjutnya.

Contoh lainnya kamu bisa mengolah teks menjadi media yang sangat membantu pembuatan Pembuatan konten kerasa mencapai revolusioner dengan kehadiran tools AI tersebut. Tidak hanya mempercepat, tapi juga memberikan konten yang lebih relevan kepada target yaitu audiens.

Faktanya, AI gratis saja sudah lebih dari cukup untuk membantu pembuatan konten. Ingat, AI ini lebih baik dijadikan sebagai tools pembantu. Memang bisa mencari gagasan atau ide melalui AI namun hal tersebut cocok dijadikan rekomendasi saja. Jangan sampai kamu menggunakan AI untuk tindakan kejahatan, patuhi peraturan yang diterapkan untuk membuat rasa nyaman bersama.

Sudah semakin penasaran tools AI yang membantu pembuatan konten? Berikut ini kami rekomendasikan tools AI yang gratis dan berbayar untuk membantu pembuatan konten

Rekomendasi tools AI untuk membantu pembuatan konten

Berikut ini kami kelompokkan tools AI berdasarkan kebutuhan dalam membuat konten.

Tools AI asisten pembuatan konten

Tidak salah dengar jika ada AI yang bisa digunakan untuk membantu membuat konten layaknya asisten. Apakah kamu tidak asing lagi dengan Chat GPT yang jadi perbincangan warganet twiter?

AI yang satu ini memang menarik banyak perhatian, bahkan orang yang awam teknologi berpaling dengan kemampuan Chat GPT. Tools besutan openAI ini bisa menjawab pertanyaan layaknya bisa dijadikan asisten pribadi asalkan data tersebut merupakan data di bawah tahun 2020. Cara menggunakannya sangat mudah, terdapat kolom input untuk memberikan pertanyaan yang nantinya akan diberikan respon oleh Chat GPT.

Chat GPT dapat digunakan secara gratis, namun terdapat limit penggunaan perhari. Ada juga Chat GPT plus yang sangat keren, karena dapat memberikan pertanyaan dengan menyertakan gambar. Sayangnya, Chat GPT plus berbayar untuk penggunaannya, dengan cost $20 per bulannya.

Misalnya untuk kebutuhan konten, kamu dapat mengembangkan skrip cerita dari ide yang telah dimiliki. Kamu akan dipandu dan diberikan rekomendasi atas pertanyaan, asalkan pertanyaan yang diajukan wajar dan mudah dimengerti.

Apabila kurang kuas, terdapat opsi “generate response” untuk memberikan jawaban lain yang mungkin saja lebih relevan.

Baca lebih lanjut tentang Chat GPTnya Open AI: Manfaat Chat GPT

Bagaimana? setelah membaca artikel diatas seharusnya kamu mengetahui betul tentang apa itu chat gpt dan jika kamu penasaran lebih lanjut, bisa coba saja cara menggunakan chat gpt disegala kebutuhan.

Apakah hanya Chat GPT saja tools AI yang dapat membantu membuat konten layaknya asisten? Ada alternatif lainnya kok, Chat GPT sejatinya bukan AI pertama yang ada. Tools AI seperti Tome bisa dijadikan alternatif pengganti lain selain Chat GPT. Sayangnya, tools tersebut memiliki implementasi dan kemampuan yang lebih sempit.

Tools AI mengubah teks menjadi suara/audio

Malu untuk mengisikan suara konten dengan suaramu sendiri? Tenang, dengan kehadiran Tools AI yang makin canggih, kamu bisa mengubah teks menjadi suara/audio hanya beberapa kali klik.

Cara menggunakannya sangat mudah, kamu tinggal menuliskan kata hingga kalimat  yang kemudian dikonversikan menjadi suara. Suara google translate merupakan salah satu dari tools AI text to speech.

Tools AI yang kami rekomendasikan yaitu play.ht. Selain gratis, tersedia banyak pilihan bahasa dan versi suara, jadi lebih banyak opsi yang kamu pilih menyesuaikan isi konten.

Jika kamu ingin AI text to speech ini langsung include di video editor, Clipchamp solusinya. Clipchamp merupakan tools editing video online layaknya aplikasi editing video lainnya yang menyediakan AI text to speech di dalamnya. Jadi gak perlu ribet lagi sebagai konten kreator untuk pindah-pindah platform hanya untuk kebutuhan berbeda.

Tools AI Mengubah teks menjadi gambar

Pernah kepikiran tidak kalau AI bakalan bisa buat gambar melalui perintah berupa teks. Nyatanya, saat ini ada beberapa AI yang bisa melakukan hal tersebut.

Sebut saja Midjourney yang on fire belakang-belakangan ini, karena bisa menghasilkan gambar-gambar keren dari perintah berupa teks. Tools AI ini tentu berguna untuk media konten, semisal konten yang berkaitan dengan spoiler, cerita dongeng dan lain-lain.

Sayangnya, Midjourney memiliki limit penggunaan, jadi kamu gak bisa terus menggunakan tools AI ini sepanjang waktu. Alternatif lainnya menggunakan Blue Willow atau Canva.

Iya, kamu tidak salah dengar. Update terbarunya, Canva menyediakan tools di dalam aplikasi mereka untuk mengubah teks menjadi image, tentu hal ini sangat membantu karena Canva memang digunakan oleh banyak konten kreator.

Disisi lain, Blue Willow bisa dijadikan alternatif pengganti Mid Journey karena cara menggunakan sangat mirip. Hasilnya bisa bersaing dengan MiJourney dan tentunya limit yang lebih besar atau seakan-akan terasa tidak ada limitnya.

Tools AI untuk menjernihkan suara

Pengen buat konten tapi dalam suasana bising atau ada yang main lato-lato? Pasti hal tersebut menjadi kurang nyaman saat membuat konten, apalagi suara tersebut sampai masuk ke rekaman konten.

Sekarang ini, terdapat AI yang kemunculan sangat tepat untuk membantu konten kreator. Iya, terdapat AI untuk mencegah noise saat merekam suara, agar suara yang masuk hanya suara dari pembicara saja.

AI besutan Adobe bernama Adobe Enhance ini benar-benar diharapkan oleh banyak konten kreator. Alat ini secara langsung dikermbangkan oleh Adobe Podcast dengan dukungan teknologi Artificial Intelligence canggih.

Kerennya, Kamu bisa menggunakan tools ini secara gratis, jadi jangan takut bikin kantong bolong. Kamu bisa langsung mengunjungi situs podcast.adobe.com/enhance untuk upload rekaman yang ingin dihilangkan noise-nya.

Perlu diingat, format suara yang didukung oleh tools AI ini yaitu format MP3 dan WAV. Format tersebut merupakan format yang dipakai audio pada umumnya.

Tools AI untuk generator video gratis

Ingin menyisipkan video animasi konten atau sekedar menambah durasi konten? Tenang saja, ada berapa tools AI yang dapat menunjang kebutuhan tersebut, salah satunya dengan menggunakan Synthesia.

Synthesia merupakan platform online yang menyediakan pembuatan pembuatan video dengan menggunakan kecerdasan buatan (AI). Mengapa harus memilih Synthesia?

Banyak fitur yang bisa digunakan untuk kebutuhan konten. Salah satu yang menarik yaitu kamu bisa menambahkan avatar layaknya presenter manusia yang sangat realistis secara virtual. Synthesia sangat cocok dijadikan konten video dengan niche storytelling, tutorial, presentasi hingga video animasi.

Kerennya lagi banyak bahasa yang bisa dipilih, karena Synthesia menyediakan 120 bahasa yang bisa dipilih dan dipergunakan di videomu. Kamu juga bisa menambahkan teks, gambar, suara hingga video dalam video animasi yang dibuat.

Nah, beberapa tools AI memang membantu pembuatan konten hingga pengembangan channel. Tapi perlu diingat, tools hanya alat pembantu, jadi kamu mesti menjadikan tools AI sebagai rekomendasi saja.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search