presearch
Home Literasi Apa Itu Chat GPT, Manfaat dan Cara Menggunakan Chat GPT
apa itu chat gpt

Akhir-akhir ini Chat GPT menjadi sorotan bagi warganet, terlepas bisa digunakan untuk mengerjakan beberapa hal menjadi lebih mudah. Tidak hanya ramai di Twitter saja, di platfoor Youtube juga tidak kalah banyak konten kreator yang membahas chat GPT, mulai dari membedah algoritmanya, kegunaan, dampak bagi pekerjaan, atau hanya untuk bersenang-senang.

Sebenarnya apa sih Chat GPT itu? Bahkan diberitakan dua pendiri Google sampai turun gunung lawan Chat GPT. Dikutip dari CNBC Indonesia, Chat GPT dirasa menjadi ancaman bagi Google, perusahaan raksasa Teknologi asal negeri Paman Sam ini. Pendiri Google yaitu Larry Page, bersama Sergey Brin berusaha membantu CEO perusahaan untuk melawan chatbot besutan OpenAI yang bernama Chat GPT ini.

Memang menarik bila membahas Chat GPT karena tidak hanya menampilkan informasi saja, tapi mengubah informasi tersebut menjadi knowledge sehingga memunculkan dialog yang interaktif. Bila tertarik, kamu bisa mengakses Chat GPT di situs OpenAI secara gratis, tapi terdapat limit penggunaannya.

Bagi kamu yang belum tahu apa itu Chat GPT, yuk simak terlebih dahulu disini agar tidak ketinggalan update!

Apa itu Chat GPT

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Chat GPT dikembangkan oleh OpenAI dari Super Komputer Azure AI. OpenAI sendiri merupakan laboratorium penelitian yang berfokus pada penelitian kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence milik Microsoft. Ketika mendengar nama Microsoft, pasti kamu sudah tidak asing dengan produk Windows sebagai operating system sebagian besar PC dan Laptop.

Chat GPT dirancang menggunakan data teks dalam ukuran yang sangat besar serta memiliki kapasitas untuk menjawab pertanyaan, memahami komunikasi, menjawab pertanyaan yang diajukan serta melakukan tugas lainnya. Model Artificial Intelligence ini merupakan salah satu Model Natural Language Processing (NLP) yang digunakan untuk aplikasi sistem informasi, Customer Service bot dan lain-lain.

Pengalaman pengguna saat menggunakan Chat GPT ini mungkin akan sangat terasa karena komunikasi yang dihasilkan begitu interaktif serta informasi yang lumayan akurat. Pada beberapa kasus, Chat GPT ini bahkan sangat bagus dan berguna untuk membantu pekerjaan apabila komunikasi yang dilakukan tepat dan terperinci.

Tidak salah jika ada yang berpikiran Chat Bot yang satu ini mendekati level komunikasi dalam bentuk teks oleh manusia. Memang bahasa yang digunakan kaku namun informasi yang didapatkan lebih dari cukup untuk menjawab sebuah permasalahan yang bersifat general. Jadi Chat GPT ini tentu bermanfaat untuk menemukan jawaban atas permasalahan yang umum ditemukan.

Terlepas dari itu, Chat GPT ini tidak dapat disamakan dari manusia. Jawaban yang dihasilkan memang akurat namun Chatbot seperti Chat GPT tetap saja tidak memiliki emosi. Saking viral diberitakan Chat GPT, chat bot ini tetap saja tidak dapat gantikan manusia, namun berpeluang menggantikan pekerjaan manusia.

Bila tertarik ingin mengakses Chat GPT untuk sekedar mencoba-coba, kamu bisa mengakses melalui browser. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Buka situs Chat GPT melalui situs https://chat.openai.com di perangkat smartphone atau PC/laptop.
  • Setelah masuk ke halaman, kamu akan diminta login atau sign up terlebih dulu, bila belum pernah mendaftar sebelumnya, silahkan klik sign up. Kamu bisa mendaftar menggunakan akun Google atau Microsoft.
  • Setelah berhasil login atau mendaftar, kamu akan langsung diarahkan ke halaman percakapan secara langsung. Silahkan masukkan teks kalimat berupa pertanyaan atau pernyataan pada kolom input teks.
  • Untuk mengirim pertanyaan atau pernyataan, klik kirim untuk mengirim. Selanjutnya secara otomatis Chat GPT akan mengirim respon berupa jawaban atas pertanyaan atau pernyataan tersebut.

Perlu dicatat, terdapat limit penggunaan Chat GPT ini. Jadi kamu tidak bisa sepanjang waktu menggunakan chat GPT ini untuk keperluanmu.

Lantas, dari begitu canggihnya respon yang diberikan, apakah Cha GPT dapat digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat? Tentu saja, banyak hal bisa kamu lakukan terlepas dari bot AI yang semakin berkembang pesat ini. Chat GPT dapat membantu aktivitas keseharianmu bahkan sampai ke pekerjaan.

5 Manfaat Chat GPT.

Ditengah semakin mudahnya untuk mendapatkan informasi, nyatanya informasi dari Chat GPT sangat membantu untuk beberapa hal, bahkan sampai berhubungan dengan pekerjaan. Berikut ini kami rangkum beberapa manfaat yang bisa dilakukan oleh Chat GPT.

1. Solusi jawaban untuk permasalahan perangkat elektronik.

Bisa dibilang, Chat GPT begitu handal untuk memberikan informasi yang spesifik sehingga dapat dimanfaatkan untuk hal yang spesifik pula. Seperti halnya kerusakan perangkat elektronik, Chat GPT dapat memberikan informasi untuk mengatasi masalah tersebut apabila kamu dapat mengajukan dengan kalimat atau frasa kata yang tepat di kolom input pertanyaan atau pernyataan.

Misal saja ketika menemukan bug di laptop atau error yang menyebabkan laptop tidak berjalan semestinya. Dengan mengandalkan Chat GPT, pengguna akan mendapatkan informasi step by step untuk menangani permasalahan tersebut. Jadinya, Chat GPT tidak hanya memberikan informasi saja, namun juga dipandu untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Apabila kamu belum puas akan respon yang diberikan, Chat GPT memberikan opsi untuk regenerate respons. Tentu saja hal ini bermanfaat untuk menemukan opsi yang berbeda atas jawaban yang kamu inginkan. Hebatnya lagi, kamu bisa melanjutkan komunikasi jika menemukan permasalahan yang berbeda. Hal ini mirip dengan menggunakan costumer service yang dipandu oleh manusia.

2. Membantu ngoding.

Negoding merupakan aktivitas pemrograman dengan menuliskan kode atau sprip dalam bahasa pemrograman. Di dalam aktivitas ngoding itu sendiri sering mengenal error entah dari skrip kode yang kurang tepat atau versi yang digunakan. Bahkan, aktivitas ngoding bisa jadi lebih lama menemukan error apabila masalah tidak mampu dikenali.

Error dalam ngoding memang melatih programmer untuk memecahkan masalah, namun apabila masalah tersebut mampu dikenali serta dipelajari lebih cepat tentu hal itu akan membuat ngoding menjadi lebih cepat dan efisien waktu.

Dengan hadirnya chat GPT, mungkin saja menjadi angin segar bagi dunia pemrograman. Karena skrip kode mampu dikenali secara detail, Chat GPT hadir untuk menangani error.

Tidak hanya pesan error saja, Chat GPT juga membantu untuk menuliskan kode sesuai kalimat yang dimasukkan. Apabila dikenali dengan tepat, blok kode akan ditampilkan di halaman respon chat GPT. Bahkan responnya langsung dalam blok kode, sehingga dapat di copy paste saja untuk menggunakannya.

3. Menemukan Formula yang tepat Microsoft Excel dan Spreadsheet.

Microsoft Excel dan Spreadsheet menjadi aplikasi yang sangat populer untuk mengolah data dan juga menghitung data yang bersifat numerik. Saat menghitung data, terdapat penggunaan formula untuk menghasilkan hitungan yang diinginkan. Memang dalam mengolah data dalam skala kecil itu hanya memerlukan beberapa blok formula yang dapat dikatakan mudah untuk dipahami. Namun, bagaimana jika kamu ingin mengolah data dengan dua atau lebih gabungan formula, pasti bikin pusing!

Formula di Microsoft Excel dan Spreadsheet nyatanya sama dengan blok kode bahasa pemrograman apabila dikenali oleh Chat GPT. Blok kode dan formula dapat dikenali dengan mudah karena data tersebut bersifat spesifik. Dalam menggunakan Microsoft Excel dan Spreadsheet, tentu akan menggunakan beberapa elemen seperti cell, baris, kolom, sheet, tools, formula dan lain-lain.

Hebatnya, dengan Chat GPT, kamu bisa memasukkan pernyataan untuk menghasilkan formula yang sangat tepat. Kamu bisa memuat pernyataan berupa letak cell, letak kolom, letak sheet, menyatakan kondisi di Chat GPT, lalu akan diberikan formula yang tepat. Apabila kamu kurang puas dengan rumus formula, kamu bisa menggunakan yang lainnya seperti mengganti VLOOKUP dengan INDEX MATCH dan ChatGPT akan regenerate respons sesuai permintaan.

4. Membantu penulisan konten digital.

Dengan kapasitas data teks yang sangat besar, chat GPT sangat memungkinkan penulisan konten digital. Chat GPT bisa dengan mudah menghasilkan teks, kalimat ataupun paragraf sesuai dengan tema atau topik yang kamu ajukan.

Lalu dengan ini, apakah Chat GPT bisa menggantikan copywriter atau content writer? Sejatinya, memang Chat GPT dapat memberikan informasi yang diinginkan namun informasi yang dihasilkan disampaikan dengan gaya penulisan yang kaku dan kurang komunikatif untuk dibaca. Bagaimanapun, kehadiran chat GPT tidak bisa menggantikan copywriter atau content writer dalam hal pemahaman dan penggagasan ide.

Mungkin saja, kolaborasi antar penulis konten dengan chat GPT akan memberikan hasil yang maksimal untuk suatu karya. Jadi, Chat GPT berpeluang besar membantu penulis konten dalam pencarian informasi dan pengembangan ide.

5. Meningkatkan peluang dalam membangun bisnis.

Berbisnis itu tentu harus mampu menciptakan dan menggunakan peluang dengan semaksimal mungkin. Begitu pula dengan kehadiran chat GPT, pebisnis akan sangat terbantu apabila dapat menggunakan chat GPT dengan tepat.

Sebut saja dalam pemasaran, Chat GPT dapat menganalisis gaya pemasaran berdasarkan kondisi yang ingin ditetapkan. Tidak hanya pemasaran, Chat GPT juga dapat membantu dalam informasi pengembangan bisnis, atau mencari peluang berdasarkan statement.

Sebetulnya, ada banyak hal yang bisa ditemukan menggunakan Chat GPT. Teknologi AI memberikan banyak keuntungan bagi manusia, namun berpotensi juga menggantikan profesi manusia itu sendiri. Bagaimana menurutmu?

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search