Home Lifestyle Cara Menggunakan Chat GPT di Segala Kebutuhan, Wajib Tahu!

Artikel ini merupakan lanjutan dari pembahasan sebelumnya mengenai apa itu chat gpt, jika ingin menyimak pembahasan sebelumnya bisa klik saja dulu link tersebut. Lalu baru kita lanjut ke tahapan cara menggunakan ChatGPT secara spesifik di artikel ini.

Biasanya saya pakai Chat GPT ini untuk kebutuhan produktifitas harian saya, mulai dari ngoding, ngerjain tugas, nyari referensi, atau bahkan sekedar iseng doang. Dan ternyata AI dari Chat GPT ini mampu memberikan respon yang sangat memuaskan. Bahkan lebih detail dari beberapa artikel yang ada. Selain itu juga, respon yang diberikan sangat cepat, jadi bisa lebih hemat waktu kita.

Cara Menggunakan Chat GPT Bahasa Indonesia

Sebelumnya, Chat GPT ini akan menyesuaikan dengan bahasa dari pertanyaan yang kita ajukan, jika ingin mendapatkan hasil jawaban dengan bahasa Indonesia, maka gunakan bahasa Indonesia saat bertanya. Misal, kamu bisa coba tanya di kolom chat box “apa arti dari kata copas” nanti secara otomatis akan memberikan jawaban dengan bahasa Indonesia.

Sedangkan, kalau kamu bertanya dengan bahasa Inggris, maka jawabannya juga akan menggunakan bahasa inggris, jadi bisa kamu sesuaikan saja dengan kebutuhanmu.

Menggunakan Chat GPT Untuk Membuat Tugas Sekolah

Bukan menjadi rahasia lagi, kalau di Chat GPT kita bisa mencari referensi bahkan jawaban dari tugas sekolah kita dengan lebih cepat dan efisien. Yang dimana biasanya kita nyari di google dan ketemu web brainly, saat ini mungkin chat gpt akan mulai “menggusur” hal tersebut (bisa jadi ya).

Contohnya sebagai berikut, jadi saya meminta Chat GPT untuk membuatkan saya program sederhana untuk penjumlahan matriks 3×3 python  dan ternyata chat gpt bisa melakukan itu;

Menggunakan Chat GPT Untuk Membuat Tugas Sekolah

Yang dimana, jika kita searching manual di Google mungkin akan butuh waktu berjam-jam karena kurangnya referensi yang membahas soalan tersebut, tapi si chat bot ini bisa kasih jawaban dalam waktu kurang dari 1 menit.

Ini wajib banget kamu cobain, tapi tetap harus dipahami ya materi yang kamu cari, bukan berarti saat sudah dapat jawaban sudah selesai begitu saja.

Cara Menggunakan Chat GPT di HP Android

Kebetulan dalam contoh diatas, saya menggunakan Chat GPT ini di komputer atau laptop, sedangkan jika kamu ingin menggunakannya di hp android juga bisa, caranya sama saja. Cukup akses halaman web Chat GPT di “https://chat.openai.com/chat” setelah itu login terlebih dahulu, jika belum punya akun bisa registrasi dengan akun google atau email.

Selanjutnya tinggal buat saja New chat, lalu tanyakan apa yang ingin kamu ketahui di Chat GPT, nanti akan muncul jawaban yang relevan dengan pertanyaanmu seperti diatas. Dan misalnya masih kurang puas dengan hasilnya, bisa tanyakan saja lebih lanjut atau sambil ajak diskusi, nanti pasti hasilnya akan lebih spesifik.

Cara Menggunakan Chat GPT di Bing

Nah selain lewat websitenya, kita juga bisa pakai Chat GPT ini di search engine nya microsoft, yaitu Bing, jika dibandingkan langsung di webnya, di bing tampilannya lebih clean, mungkin kamu akan suka.

Caranya juga cukup mudah, kamu hanya perlu akses web search engine bing.com lalu masukan kata kunci apa saja, nanti akan muncul hasilnya. Tapi fokuskan ke tab “Chat” diatas, nah kamu klik saja itu:

cara menggunakan chat gpt di bing
Cara menggunakan Chat GPT di bing

Begitu sudah masuk menu chat, kamu bisa masukan pertanyaan disana, dan hasilnya juga gak kalah bagus dari web aslinya, karena saat ini chat gpt open ai sudah bekerjasama dengan microsoft bing, dan ini adalah hasilnya:

cara menggunakan chat gpt di microsoft bing

debest banget lah chat gp ini!

Penutup

Nah itulah beberapa cara menggunakan Chat GPT untuk segala kebutuhan, kamu bisa improvisasi penggunaan chat gpt ini sesuai dengan kebutuhan dirimu sendiri.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search