Home Adsense 5 Penyebab Iklan Adsense Kadang Tidak Muncul?
Penyebab Iklan Adsense Kadang Tidak Muncul

Kamu mengalami juga kalau iklan adsense kadang muncul kadang juga tidak muncul di website yang kamu kelola? padahal status situs pada dashboard adsense sudah diterima. Misal dalam kasusnya kemarin iklan muncul, saat ini tidak muncul, atau bisa jadi 5 menit sebelumnya muncul saat refresh halaman iklan adsense tidak muncul.

Kok bisa gitu ya?

Sebelumnya, kamu tidak perlu khawatir, karena hal ini sangat normal terjadi apalagi ke akun adsense yang baru di approved, selain itu ada juga beberapa kemungkinan penyebab kenapa iklan adsense tidak muncul :

5 Penyebab Iklan Adsense Kadang Tidak Muncul

1. Traffic Minim

Hal yang paling lumrah terjadi adalah karena traffic atau visitor website kamu masih minimal banget, bahkan kurang dari 100 per hari, biasanya pemula yang baru keterima jadi publisher itu panik akan hal ini. Tapi dengan membaca info ini harusnya sudah tidak panik lagi. Sebagi pembuktian, jika kamu mengalami hal ini coba saja refresh halaman web kamu beberapa kali, pasti nanti hasilnya muncul, tidak muncul, tidak muncul, muncul.

Dan bisa jadi juga, ketika kamu akses tidak muncul, sedangkan saat di akses oleh orang lain iklannya muncul, atau sebaliknya. Namun hal seperti ini akan jarang terjadi jika traffic kamu sudah stabil setiap harinya.

2. Kena Pembatasan Iklan

Bisa jadi juga, kalau akun adsense kamu kena limit atau pembatasan, banyak faktor kenapa akun adsense bisa kena pembatasan, seperti traffic tidak valid, konten yang melanggar, atau lain hal. Untuk mengetahui lebih pasti kamu bisa cek pada dashboard adsense, apa ada pesan notifikasi pembatasan atau tidak.

Jika kena pembatasan ada beberapa cara mengatasinya seperti fokus buat konten fresh dan original dan lepas script iklan sementara. Karena jika dibiarkan begitu saja, di beberapa kasus pembatasan iklan adsense bisa berujung banned akun secara permanen.

So kamu harus hati-hati dan ikuti rule dari adsense.

3. Cache Browser dan Plugin

Jika kamu install plugin cache pada web kamu, kemungkinan juga menjadi penyebab kenapa tidak muncul iklan, padahal sudah memasang kode iklan dengan benar. Ini terjadi karena cache belum dibersihkan, sehingga web menampilkan data sebelum kode iklan ditambahkan (walau sudah ditambahkan).

Untuk mengatasinya kamu bisa clear cache pada plugin tersebut terlebih dahulu, agar di halaman frontend saat dikunjungi menampilkan data terbaru sesuai perubahan yang kamu buat.

4. Jatah Iklan Sedang Tidak Tersedia

Juga bisa terjadi karena jatah iklan dari adsense sedang tidak ada, biasanya tidak terjadi di semua jenis iklan, tapi pada iklan tertentu bisa saja terjadi. Misalnya kamu buat kode iklan dengan ukuran custom yang jarang ada jatah iklan dengan ukuran tersebut, sehingga saat kamu copas kode tersebut iklannya hanya blank saja.

5. Artikel Kena Pelanggaran

Misal di halaman artikel A iklan muncul sedangkan di artikel B tidak muncul, kemungkinan terbesar adalah pada halaman artikel B terdapat konten yang melanggar. Baik dari segi kalimat, maupun gambar. Biasanya terjadi pada konten-konten yang mengandung sara, kebencian, dan juga foto yang ada unsur-unsur kekerasan.

Jika web kamu mengandung hal tersebut tapi kamu tidak sadar, nanti pada dashboard adsense akan ditampilkan notif artikel yang melanggar, dan kamu bisa melakukan pengecekan segera.

Cara Mengatasi Iklan Adsense Yang Kadang Tidak Muncul

Sesuai uraian diatas, jika kamu merasa 5 hal diatas terjadi pada web kamu, sebenarnya untuk mengatasinya cukup mudah, hanya perlu fokus untuk post artikel baru yang fresh, dan sambil di periksa apa ada konten yang melanggar. Jika ada maka bisa edit atau hapus konten tersebut. Nanti kalau traffic sudah normal diatas 100 per hari seharusnya iklan juga akan muncul dengan konsisten.

Selain itu kamu juga bisa melakukan beberapa hal berkut :

  1. Hapus cache plugin dan browser
  2. Cek status akun pada dashboard adsense
  3. Kunjungi halaman web secara berkala
  4. Tingkatkan traffic harian

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search