Home Adsense Belajar Google Adsense Untuk Pemula 2023
Belajar Google Adsense Untuk Pemula
Belajar Google Adsense Untuk Pemula

Di tahun ini, Google Adsense menjadi metode untuk mendapatkan uang (monetize) dari internet paling populer, walau memang masih banyak sekali metode dan cara yang lain yang bisa dilakukan. Tetapi Google Adsense memiliki Hype nya tersendiri dikalangan konten kreator pemula. Baik itu yang berkecimpung di Blog maupun Youtube.

Nah di artikel ini kita akan sama-sama belajar mengenal, dan mendalami tentang Google Adsense khususnya bagi pemula yang ingin terjun dalam dunia publisher adsense ini. Pembahasan akan dibagi menjadi beberapa sub bab, diantaranya sebagai berikut :

  1. Apa itu Google Adsense
  2. Cara Mengikuti Program adsense
  3. Kapan waktu pembayaran Google adsense
  4. Cara meningkatkan penghasilan Google adsense
  5. Jangan buru-buru ingin untung!!!

Untuk awal-awal pembahasan diatas wajib sekali kita ketahui, agar memiliki fundamental yang baik mengenai google adsense. OKe langsung saja kita bahas yuk.

Apa itu Google Adsense?

Teman-teman sebelum membaca artikel ini pasti sudah sering banget nonton video youtube yang bahas tentang Google adsense, jadi memang sudah tidak asing lagi. Sedikit ingin mengingatkan kembali kalau Google adsense merupakan platform yang menjembatani publisher atau konten kreator untuk mendapatkan penghasilan dari bagi hasil iklan Gooogle.

Jadi setiap orang bisa bergabung menjadi mitra google adsense dan mendapatkan uang disana, asalnya memiliki konten yang bisa dimonetisasi, seperti konten artikel website ataupun konten video di channel youtube mereka.

2 Cara Mengikuti Program Google Adsense

Nah untuk saat ini ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk mendaftar menjadi publisher Google adsense, yang pertama dengan membangun halaman website, dan yang kedua dengan cara membangun channel youtube. Kamu bisa pilih salah satu cara atau keduanya untuk mendapatkan uang dari adsense.

Tentunya keduanya memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing dalam proses registrasinya. Misalnya jika kamu mau daftarkan channel youtube ke Google adsense itu syaratnya minimal memiliki 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang ini baru bisa mengajukan monetisasi ke pihak Google adsense.

*just info kalau youtube itu merupakan perushaan yang dimiliki Google, jadi mereka masih dalam satu perusahaan.

Sedangkan kalau kamu mau mendaftarkan website ke Google adsense, syaratnya sedikit berbeda dan tidak pasti. Terkadang ada website yang baru berusia kurang dari 6 bulan, dan hanya memiliki kurang dari 50 artikel sudah bisa diterima Google adsense. Berbeda sekali dengan channel youtube, itu syarat dan ketentuannya pasti hanya 1k subscriber 4k jam tayang.

Cara Daftar Google Adsense

Secara garis besar berikut ini cara untuk mendaftarkan diri ke Google adsense:

  1. *ini proses registrasi google adsense website ya
  2. Harus punya akun google/gmail
  3. Daftar ke situs adsense, https://www.google.com/adsense/start/
  4. Isikan formulir pendaftaran seperti proses registrasi pada umumnya
  5. Menunggu review
  6. Diterima/ditolak (google akan mengirim email pemberitahuan)

Nah ketika kita daftar Google adsense itu tidak langsung akan diterima ya guys, melainkan akan ditinjau terlebih dahulu apakah channel kita atau website kita layak untuk menampilkan iklan. Proses ini biasanya memakan waktu 1-3 minggu lamanya. Tinggal rajin-rajin cek email saja.

Yang kedua, kalau daftar google adsense pakai channel youtube itu jauh lebih mudah, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Masuk ke youtube studio channel
  2. Menuju halaman monetisasi
  3. Kalau 4 syarat sudah dipenuhi, nanti akan muncul tombol ajukan monetisasi
  4. menunggu review
  5. Diterima/ditolak (cek email)

Nah untuk kasus registrasi adsense youtube ini channel youtube saya hanya butuh waktu 1 hari saja untuk mendapatkan pemberitahuan kalau channel saya disetujui  oleh pihak youtube. Lebih cepat dibanding dengan proses review adsense website.

Kapan waktu pembayaran Google adsense?

Kalau kamu sudah berhasil punya akun google adsense, sekarang waktunya gajian!!!

eh belum dong, haha, untuk waktu gajian dari adsense itu nunggu tanggal 21-26 tiap bulannya ya, inipun harus punya saldo minimal Rp 1.300.000. Kalau saldo belum cukup kita tidak akan dapat bayaran, tapi saldo akan terakumulasi untuk bulan depan.

Untuk kapan jadwal gajian adsense, paling cepat google akan mengirim gaji secara otomatis pada tanggal 21 (kalau tidak tanggal merah atau hari libur).

Sebelum Gajian Harus Verifikasi Rekening dan Alamat

Sebelum kamu bisa gajian google akan melakukan veerifikasi akunmu terlebih dahulu, ada 2 langkah verifikasi pertama verifikasi rekening dan kedua verifikasi alamat (sesuai ktp). Untuk verifikasi rekening itu ketika saldo adsense kamu sudah ada $10 google akan meminta verifikasi pada dashboard akun adsense kamu.

Nanti Google akan mengirim saldo antara 1-100 ke rekening kamu, dan kamu harus mencocokan jumlah nominal yang terkirim tersebut di akun adsense kamu.

Yang kedua adalah verifikasi alamat, ini wajib dilakukan oleh semua publisher adsense, jadi setelah saldo $10 Google akan mengirimkan surat berupa PIN verifikasi ke alamat kita melalui Kantor POS. Tapi biasanya pihak kantor pos tidak mau ngirim ke alamat kita, jadi kita sendiri harus ambil ke kantor pos terdekat.

Kalau tidak verifikasi alamat apa yang terjadi?

Kamu tidak bisa melakukan payout atau gajian. Saldo kamu akan ditahan sebelum kamu melakukan verifikasi rekening dan alamat ini. Makanya pastikan alamat yang kamu daftarkan dan nama rekening sesuai dengan KTP.

Cara Meningkatkan Penghasilan Google Adsense

Untuk masalah ini kita harus pegang konsep ini, “semakin banyak traffic = semakin tinggi penghasilan“. Jadi intinya kita harus rajin optimasi konten kita agar banyak yang nonton kalau untuk youtube, dan banyak yang mengunjungi untuk website.

Jangan buru-buru ingin untung!!!

Kebanyakan orang yang baru terjun ke dunia adsense pasti pingin cepat untung tanpa mau berusaha. Ya wajar sih namanya juga lagi butuh cuan, termasuk saya hehe. Tapi kalau bisa sih jangan buru-buru, nikmati saja prosesnya, sambil belajar baca-baca artikel tips tentang adsense lainnya.

Penutup

Dah sih gitu aja dulu, nanti kalau ada yang perlu saya tambahkan bakal saya update lagi ya, semangat belajar google adsense.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search