Home Cuan Bekerja Sebagai Freelance Penulis Artikel, Kenapa Tidak?
apa itu freelance penulis artikel

Saat ini ada banyak sekali jenis pekerjaan di dunia, salah satu yang populer adalah freelance penulis artikel. Bekerja sebagai freelance bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin memiliki tambahan penghasilan tanpa harus pergi ke kantor.

Pada artikel ini kami akan menjelaskan seluk beluk tentang penulis artikel lepas dan bagaimana cara menjalaninya hingga sukses. Mari simak sampai selesai.

Apa Itu Freelance Penulis Artikel?

apa itu freelance penulis artikel

Freelance penulis artikel adalah seseorang yang menawarkan jasa menulis artikel pada perusahaan atau individu tanpa terikat oleh jam kerja. Penulis artikel umumnya memiliki klien lebih dari satu dan hasil pekerjaannya dikirimkan sesuai deadline yang telah disepakati bersama kliennya.

Dengan begitu, apabila satu pekerjaan Anda telah selesai, Anda bisa beralih mengerjakan tugas dari klien lainnya. Pekerjaan freelance dibangun dengan kepercayaan. Semakin sering Anda melakukan pekerjaan freelance penulis artikel, maka pekerjaan yang datangpun akan semakin banyak.

Namun, semakin banyak pekerjaan artikel Anda kualitas penulisan juga harus tetap bagus. Maka dari itu, sangat penting untuk tetap bekerja secara profesional.

Dengan bekerja sebagai freelance penulis artikel, tidak menutup kemungkinan bayaran yang akan Anda dapat bisa lebih besar dari gaji pekerja kantoran.

Kelebihan Freelance Penulis Artikel

kelebihan freelance writer

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan freelance penulis artikel, Anda harus tahu beberapa keuntungan menjadi seorang freelance penulis artikel yaitu :

Bebas menentukan pekerjaannya

Ketika Anda memutuskan bekerja sebagai freelance, Anda bisa dengan bebas menentukan pekerjaan mana yang hendak Anda kerjakan sesuai dengan kemampuan Anda. Apabila, Anda sedang tidak dapat mengerjakannya, maka Anda bisa menolak.

Bekerja sebagai freelance menjadikan Anda sebagai bos atas diri sendiri yang tidak perlu terikat dengan aturan perusahaan. Sehingga Anda bebas menentukan pekerjaan yang hendak Anda kerjakan.

Waktu dan tempat kerja fleksibel

Kelebihan menjadi seorang freelance paling utama yaitu memiliki waktu dan jam kerja yang fleksibel. Anda bisa bekerja hanya pada pagi hari, siang hari atau bahkan malam hari.

Tempat bekerjanya pun tidak diharuskan di kantor. Anda bisa bekerja di kafe, di rumah atau bahkan bekerja saat berada dalam perjalanan.

Menambah pengetahuan

Sebagai seorang freelance penulis artikel, tentu Anda diwajibkan untuk menulis suatu informasi. Agar informasi yang Anda tulis akurat, Anda perlu membaca tentang suatu topik dari berbagai sumber.

Dengan banyak membaca, Anda jadi punya banyak pengetahuan baru. Hal ini menjadi salah satu kelebihan yang bisa Anda dapat dari bekerja sebagai freelance penulis artikel.

Bisa bekerja di beberapa perusahaan

Sebab bekerja sebagai freelance penulis artikel tidak ada kontrak yang mengikat, menjadikan Anda bisa menerima banyak pekerjaan yang sejenis dari banyak perusahaan sekaligus.

Anda bisa bekerja untuk suatu blog pribadi atau artikel untuk website perusahaan. Semua itu bisa Anda lakukan tanpa harus takut dengan persaingan.

Situs Apa Saja yang Menerima Freelance Penulis Artikel?

Anda bisa memanfaatkan situs-situs berikut ini untuk mendapatkan job freelance, salah satunya pada bidang penulisan artikel :

Fastwork

Salah satu situs freelance yang bisa Anda kunjungi adalah Fastwork. Situs ini memiliki beragam jenis pekerjaan mulai dari desain grafis, jasa penulisan, programming dan masih banyak lagi.

Prjects.co.id

Situs freelance projects.id termasuk salah satu situs pencarian kerja freelance terbesar di Indonesia. Ada banyak jenis pekerjaan freelance yang bisa Anda dapatkan mulai dari admin, website development, penulisan artikel, desain grafis dan masih banyak lagi. Bayarannya juga bervariasi sesuai kesepakatan.

Sribulancer

Selain projects.id, ada juga situs pencarian kerja freelance di tanah air yang tak kalah pamor yaitu Sribulancer. Enaknya, disini Anda bisa mencari jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan. Hanya saja pesaingnya juga cukup banyak.

Digitalkit Blog

Ya betul, situs web kami digitalkit blog juga menerima penulis artikel freelance dengan ketentuan, dapat menulis artikel dengan baik sesuai dengan judul yang berpotensi dicari oleh orang lain. Dengan kata lain hanya artikel potensial saja yang berkesempatan terbit di web kami. Jika  anda tertarik menjadi penulis lepas, bisa join melalui halaman berikut

Berapa Gaji Freelance Penulis?

Penghasilan seorang freelance penulis artikel bisa dibilang lumayan bagus. Seorang freelance ada yang dibayarkan berdasarkan kesepakatan di awal bersama kliennya dan ada juga yang memtaok harga jasanya sendiri.

Rata-rata bayaran seorang penulis artikel antara Rp 50.000 – Rp 100.000 per artikel. Harga ini tergantung kualitas dan kesepakatan. Apabila Anda mampu mengerjakan 10 artikel dalam satu hari dengan harga per artikelnya Rp 15.000, maka Anda bisa mendapatkan Rp150.000 dalam sehari.

Bagaimana Caranya Menjadi Penulis Artikel Freelance?

Sebenarnya tidak ada langkah khusus yang harus dilakukan untuk menajadi seorang freelancer penulis artikel atau content writer, jika anda sudah memahami cara mengetik dengan komputer seharusnya anda sudah bisa menjadi seorang penulis artikel. Tentunya anda juga harus melakukan peningkatan terhadap skill menulis anda seperti :

  1. Mengetik dengan 10 jari, agar lebih cepat ketika mendapatkan order artikel dengan jumlah yang banyak
  2. Kemampuan promosi, mengenalkan kemampuan diri sendiri ke calon pelanggan
  3. Kemampuan membuat kerangka karya tulisan atau artikel
  4. Jumlah kosa kata yang dimiliki, semakin banyak kosa kata yang anda ketahui maka semakin bagus
  5. Harus bersungguh-sungguh, walau kerja freelance harus sesuai deadline dari tempat anda kerja
  6. Memahami Optimasi SEO (akan menjadi nilai lebih anda)

Penutup

Demikian informasi mengenai freelance penulis artikel yang perlu Anda ketahui. Jika Anda sedang mencari uang tambahan maka bekerja sebagai freelance penulis artikel adalah pilihan yang sangat tepat.

Atau Anda juga bisa menjadikannya sebagai ladang utama penghasilan Anda yang ingin bekerja tidak terikat di kantor. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search