Home Literasi Rekomendasi Kampus IT Di Bali, Mau Masuk Kuliah Dimana?
instiki kampus it di bali

Sedang mencari rekomendasi kampus IT di Bali? hai sebelumnya salam kenal, saya bima saputra mahasiswa dari salah satu kampus IT yang ada di Bali, tepatnya Denpasar. Nah disini saya bakalan sedikit berbagi sedikit referensi kampus yang berhubungan dengan IT yang ada di pulai Bali.

Memang minat siswa jaman sekarang itu sudah sangat banyak sekali yang mengarah ke dunia IT, terlebih lagu potensi kerja yang disediakan sangat besar dan luas, mulai dari perusahaan bisnis, instansi pemerintahan, hingga lembaga masyarakat.

Semuanya membutuhkan tenaga IT.

Jadi sangat beruntuk sekali orang yang menekunin dunia IT ini, namun tentunya dengan potensi yang menarik ini tidak akan berjalan dengan mudah. Karena diluar sana banyak pesaing yang siap “Tempur” untuk merebutkan posisi pekerjaan tersebut. Maka dari itu kita harus menjadi orang IT yang selalu up to date.

Kampus IT Terbaik di Bali

Nah langsung aja deh, ke beberapa rekomendasi kampus IT yang ada di Bali,:

1. Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI)

Awalnya bernama STIKI, tapi sekitar akhir 2022 berubah menjadi Institut sehingga berubah nama juga menjadi INSTIKI. Ini adalah kampus saya saat ini, makanya saya taruh di nomor pertama sebagai rekomendasi kampus IT di bali, karena saya sudah merasakan perkuliahan selama 5 semester dengan fasilitas yang diberikan cukup memadai.

Mulai dari Lab komputer, ruang kelas, kantin, hingga ruang parkir semua lengkap. Cara mengajar dosennya sangar ramah, selain itu biaya untuk 1 semesternya tergolong terjangkau yaitu kurang dari 5jt untuk 24 SKS.

Jurusan yang ditawarkan juga beragam, mulai dari desain grafis, teknik informatika, sistem informasi, hingga manajemen bisnis.

Halaman web: https://instiki.ac.id/

Berpa Biaya Kuliah di Instiki Bali?

Sesuai pengalaman pribadi, dulu saya biaya pendafataran itu sekitar Rp 200.000 tahun 2020 dan biaya DPP + 1 semester  (22 SKS) total sekitar kurang lebih 10jtan (ini boleh di angsur/cicil). DPP itu adalah biaya sekali selama kita kuliah di INSTIKI.  Setelah itu di Semester 2, 4,5jt untuk 24 SKS

2. STIKOM

Saat ini sudah menjadi ITB STIKOM BALI, sejujurnya sebelum memutuskan untuk kuliah di STIKI saya ada bayangan untuk ambil STIKOM, karena tetangga masuk disana. Dari cerita tetangga, kampusnya bagus, fasilitas lengkap, dan tentunya tidak kalah keren dari kampus IT lainnya.

Jika dibandingkan dengan INSTIKI saat ini, biaya per semesternya STIKOM sedikit lebih mahal, mungkin karena peminatnya lebih banyak. Nah buat kalian yang mau nyari kampus IT, bisa banget untuk memasukan STIKOM Bali ke daftar kampus impian kalian.

Halaman web: https://www.stikom-bali.ac.id/id/

3. Universitas Udayana

Nah kalau UNUD ini adalah kampus negeri yang paling favorite di Bali, ada banyak konsentrasi dan jurusan pada universitas ini. Ya salah satunya adalah teknik informatika, teman smk saya dulu banyak kuliah disini, tentunay untuk masuk ke kampus negeri tidak semudah masuk ke swasta, harus bersaing nilai dengan calon mahasiswa lainnya.

Ya intinya harus dipersiapkan nilai terbaik saat SMK/SMA nya agar bisa dapat kampus impian.

Kesimpulan

Dimanapun kampus yang kalian ambil nantinya itu sama saja,, yang menjadi pembeda hanya di kemauan untuk belajar lebih secara individu. Karena di kampus sendiri tidak akan mengajarkan sesuatu yang lebih dibandingkan pelajaran yang kita dapatkan saat belajar secara otodidak di Internet. Semisalnya dalam hal coding, di kampus hanya akan diajarkan basic nya saja, dan itu sebenarnya bisa didapatkan secara gratis di youtube. Namun bukan berarti menjadi alasan untuk meremehkan anak yang kuliah IT khususnya, karena di dunia perkuliahan selain mencari ilmu juga bisa menjadi tempat menjalin relasi bisnis.

Itulah dia rekomendasi kampus IT di Bali, semoga membantu.

 

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search