Home Literasi Apa Itu Jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan), dan Lulusan TKJ Kerja Jadi Apa?
Tempat PKL atau Magang Jurusan TKJ

Kamu mau lanjut ke SMK dan mengambil jurusan teknik komputer dan jaringan (TKJ) namun belum ada bayangan sama sekali tentang jurusan yang satu ini? Jika iya mari simak penjelasan saya mengenai apa itu jurusan tkj, belajar apa saja, dan prospek kerja lulusan tkj itu apa saja.

Saya sendiri juga termasuk siswa lulusan teknik komputer jaringan di tahun 2020 lalu, dan saat ini melanjutkan kuliah di salah satu kampus IT yang ada di Bali. Jadi bisa dibilang selaras lah antara jurusan pas SMK dan saat ini.

Apa Itu Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ )?

Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) merupakan salah satu bidang yang mempelajari bagaimana cara mengoperasikan perangkat keras atau hardware seperti laptop, komputer dan perangkat jaringan dengan baik.

Sama seperti jurusan lainnya, ketika kamu memutuskan masuk TKJ itu kita juga belajar mata pelajaran umum seperti matematika, agama, bahasa lokal, pendidikan pancasila dan lain-lainnya. Hanya saja memang lebih fokus ke jurusan masing-masing.

Sepengalaman saya saat masuk di jurusan TKJ itu seru, karena bisa belajar banyak hal tentang IT dan jaringan. Di kelas 10 itu masih belajar dasar-dasarnya saja tentang komponen komputer, dan fungsi-fungsinya, misal kayak RAM, motherboard, Harddisk, dll.

Nanti setelah selesai memahami tentang komponen input dan ouput pada komputer saya diajarin untuk praktik bongkar pasang PC, pasti hampir semua sekolah yang ada jurusan TKJ praktiknya bongkar pasang komputer.

Disini kita akan belajar memasang komponen di tempat yang tepat, jika ada kendala kita akan diajarkan bagaimana mendiagnosanya, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Selain belajar tentang perangkat keras, kita juga akan diajarkan tentang jaringan, mulai dari cara kerja jaringan, cara membuat kabel jaringan, hingga praktik mengoperasikan jaringan dengan mikrotik dan winbox.

Mungkin kamu pernah berkunjung ke salah satu cafe atau wifi corner, biasanya mereka kan menjual voucher wifi tuh yang ada batas waktunya, semisa 1 jam atau beberapa jam gitu. Nah itu kita pelajari juga dengan mikrotik dan winbox untuk membuat akses user dan range time nya.

Baca Juga: Apa itu Jurusan Teknik Informatika

Program Praktik Kerja Lapangan

Di sekolah saya pada waktu itu ada program kerja praktik lapangan (PKL) untuk semua jurusan, jadi pasti semua siswa SMK itu harus mengikuti program PKL ini. Nah di jurusan TKJ tempat saya sendiri mewajibkannya PKL selama 6 bulan, namun dibagi 3 bulan pertama dan 3 bulan kedua.

Kebetulan pada waktu itu angkatan saya dapat PKL pas kelas 11, jadi kita sudah dapat ilmu basic di sekolahan dulu baru dilepas ke dunia industri sebagai siswa praktik kerja lapangan. Ada banyak bidang industri yang bisa dijadikan sasaran untuk kerja praktik, kamu bisa baca di artikel tempat pkl jurusan tkj berikut ini.

Lulusan TKJ Kerja Jadi Apa?

Untuk lulusan jurusan tkj sendiri prospek kerjanya sangat luas, bisa kerja di toko komputer sebagai sales, atau teknisi, bisa juga kerja di perusahaan jaringan sebagai NOC (network operational center) seperti Telkom, Biznet, Jinom, dll. Jika ingin memperluas jangkauan kerja, bisa juga melamar ke Indomaret sebagai teknisi komputernya, kebanyakan rekan rekan dan kakak kelas saya juga kerja di Indomaret sebagai teknisi komputer dan jaringannya.

Jurusan TKJ Apa Susah?

Yang namanya belajar itu adalah proses, mungkin saat pertama kali masuk akan terasa susah, tapi kalau sudah lama-kelamaan juga akan terbiasa, rajin-rajin aja bertanya dan nyari referensi di Google atau youtube. Jangan malu juga bertanya ke guru-guru pengajar.

Sepengalaman saya dulu yang susah itu dibagian belajar mengelola jaringan dengan mikrotik dan winbox, itu dikarenakan saya kurang tertarik dengan bidang jaringan, jadinya kayak males-malesan gitu belajarnya.

Tapi kalau udah pas pelajaran tentang coding atau programmer saya lebih mudah mengerti, karena lebih tertarik ke dunia website dan aplikasi.

Ya intinya susah atau endaknya tergantung diri kita masing-masing, apa suka menjalaninya atau tidak, gak harus jago di semua bidang kok, tapi kalau kamu bisa jago di semua bidang, itu bagus banget.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search