Home WordPress Pentingnya Update Artikel Web Lama Agar Makin Optimal
Pentingnya Update Artikel Web Lama Agar Makin Optimal
Pentingnya Update Artikel Web Lama Agar Makin Optimal

Pentingnya Update Artikel Web Lama Agar Makin Optimal – Hari ini saya dapat studi kasus seputar SEO yang lumayan bagus untuk dibagikan pada artikel ini, jadi kasusnya itu saya punya artikel yang sudah terbit atau terposting sekitar tahun 2022 lalu. Dan saya cek tuh keywordnya bahkan sudah pakai metode “site: url” tetap saja belum terindex Google.

Penasaran dong kok bisa gitu, padahal sudah lumayan lama artikel tersebut diposting pada website ini, dan saya iseng tuh coba untuk update artikel lama tersebut. Eh tau-taunya selang beberapa jam langsung muncul di SERP tepatnya di halaman 2 google. Ternyata efek dari update atau perbarui artikel lama itu sebegitu wownya.

Jadi bisa saya ambil opini “fokus buat dan posting artikel baru emang bagus, tapi artikel lama jangan ditingal begitu saja, harus sering juga di maintance dan di update secara berkala“.

Kebetulan saya melakukan update artikel yang judulnya Cara memperjelas foto yang buram, nah teman-teman bisa bantu cek juga di Google, apa sudah muncul di halaman pertama atau masih di halaman kedua, karena saat artikel ini saya buat postingan tersebut masih dihalaman kedua dengan rank paling bawah.

Cara Update Artikel Lama Agar Lebih SEO (versi saya)

Cara Update Artikel Lama Agar Lebih SEO
Cara Update Artikel Lama Agar Lebih SEO

Berikut ini beberapa tahapan yang saya lakukan kemarin untuk update artikel lama :

  1. Menambahkan keyword di paragraf pertama artikel
  2. Menambahkan internal link ke postingan yang relevan
  3. Menambahkan keyword ke fitur kata kunci fokus di plugin SEO (rank math)
  4. Edit meta deskripsi menambahkan keyword kedalam meta deskripsi
  5. Menambah jumlah kata hubung yang relevan
  6. Memperbarui sub heading dengan keyword, jadi keywordnya dimasukan pada heading H2
  7. Mengubah waktu terbit menjadi terbaru, yang awalnya 2022, saya rubah jadi 04/04/2023
  8. Menambah featured image, dan pada alt text featured image isi dengan keyword dari postingan

Dari 8 tahap diatas sebenarnya sangat sederhana dan simpel, tapi efeknya ternyata sangat luar biasa, bisa buat postingan yang awalnya tidak terindex menjadi di index bahkan masuk ke halaman kedua Google. Selain itu, kamu juga bisa improve biar lebih cepat index nya dengan cara submit url postingan tersebut ke Google search console dan webmaster dari search engine lainnya.

Manfaat Melakukan Update Artikel Lama

Setidaknya jika kamu memutuskan untuk update artikel lama di web kamu adalah sebagai berikut :

1. Informasi Makin Relevan

Jika artikel yang kamu buat adalah tentang tutorial, maka merupakan hal yang wajib untuk update artikel tersebut, tujuannya adalah agar informasi panduan yang diberikan makin relevan dengan tahun saat ini. Misalnya tutorial tentang aplikasi tertentu, biasanya aplikasi tersebut sering melakukan update, dan ada saja perubahan menu dan layout sehingga aritkel-artikel tentang panduan terkait harusnya di update agar makin relevan.

2. Meningkatkan Ranking di SERP

Seperti yang saya ceritakan diatas, update artikel web lama juga membantu memberi sinyal ke Google, kalau artikel tersebut ada perubahan dan mungkin lebih baik kualitasnya dari sebelumnya. Sehingga algoritma Google akan mengambil keputusan, apakah akan meningkatkan ranking artikel tersebut atau tidak.

3. Meningkatkan Potensi Klik

Kalau kamu perhatikan ketika searching di Google, pasti ada tanggal terbit dari post tersebut, kebanyakan orang yang nyari referensi di Google itu pasti merhatiin tanggal terbitnya.

tanggal posting aritkel serp
Ilustrasi tanggal posting aritkel di SERP

Dimana postingan dengan tanggal terbit terbaru pasti akan lebih menarik untuk di klik ketimbang yang waktu terbitnya sudah lama (karena bisa jadi informasinya kurang dari post yang baru).

Pentingkah Update Postingan Web Lama?

Jika kamu sudah membaca dari awal sampai disini, seharusnya jawabannya sudah kamu ketahui, yaitu sangat penting. Bahkan kalau bisa buatlah jadwal update posting setiap 3 bulan sekali atau setidaknya dalam 1 tahun artikel tersebut dapat di maintance.

Penutup

Nah mungkin itu saja, sedikit berbagi pengalaman tentang pentingnya update artikel web lama agar makin optimal di SERP, cara ini bisa kamu tiru agar bisa menyaingi kompetitor.

2 Comment

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search