Home WordPress Perlukah Menonaktifkan Kolom Komentar Website Kita?
Menonaktifkan Kolom Komentar Website

Terkhusus bagi pemilik website yang berbasis wordpress, apakah perlu mematikan atau menonaktifkan kolom komentar di website kita? di artikel ini saya ingin sediki berbagi opini mengenai hal tersebut. Di salah satu blog pribadi saya saat ini kolom komentarnya aktif seperti biasa, dengan harapan ada yang memberikan feedback positif mengenai artikel yang saya buat.

Namun disisi lain ternyata dengan adanya kolom komentar pada blog saya itu malah menjadi kolam “spam” bagi para spamer untuk berkomentar yang aneh-aneh dan memberikan link promosi konten yang melanggar kebijakan.

Ya walau komentar tersebut tidak langsung muncul terpublish secara publik, sebagai admin web tentunya merasa tidak nyaman karena tidak sesuai harapan untuk mendapatkan feedback positif dari pembaca. Malah dapat komentar spam dari bot.

Berikut bisa kita lihat, per hari ini saya mendapatkan setidaknya 100 komentar spam di website saya:

Perlukah Menonaktifkan Kolom Komentar Website Kita?

Risih aja gitu setiap hari harus ngurusi komentar spam tersebut. Dengan adanya kejadian ini mungkin saya akan menonaktifkan kolom komentar untuk sementara waktu agar bisa terhindar dari bot spam tersebut.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search