Home Tutorial Cara Memperjelas Foto Yang Buram Super Mudah
Cara memperjelas foto yang buram
Cara memperjelas foto yang buram

Sekarang ini sudah banyak sekali smartphone yang memiliki kamera super canggih untuk mengambil gambar ataupun video. Namun terkadang karena teknik pengambilan gambar yang salah maka membuat hasil foto tidak jelas alias buram, sehingga Anda membutuhkan cara memperjelas foto yang buram dengan begitu sangat mudahnya.

Jadi Anda tidak perlu bersusah payah kembali untuk mengulang moment foto yang buram tersebut sebab apabila hanya soal buram atau tidaknya bisa dengan begitu mudahnya Anda lakukan. Ada begitu banyak cara yang dapat Anda lakukan, bahkan ada yang tidak memerlukan aplikasi untuk memperjelas gambar tersebut dengan sangat begitu mudah.

Namun bila Anda nyaman menggunakan aplikasi tambahan karena mungkin dianggap lebih mudah maka Anda juga bisa menggunakan sebuah aplikasi tersebut. Namun sebelum membahas bagaimana caranya satu persatu untuk setiap metodenya maka Anda sebaiknya mengetahui dulu apa saja penyebab foto menjadi blur atau buram yang akan sangat mengganggu hasil foto yang Anda miliki.

6 Penyebab Hasil Foto Blur atau Tidak Jelas

Berikut ini beberapa penyebab foto menjadi blur padahal kamera yang digunakan merupakan kamera canggih dengan kualitas yang sangat terjamin.

  1. Hp goyang pada saat pengambilan gambar
  2. Sinar matahari atau pencahayaan lainnya terlalu terang, atau terlalu redup
  3. Lampu blits tidak sengaja menyala
  4. Penggunaan kontras terlalu tajam sehingga tidak memperjelas objek
  5. Auto focus pada kamera tidak berfungsi sebagaimana mestinya, dikarenakan sudah rusak atau terkena crash
  6. Lensa kamera kotor, mungkin tertutup dengan daki bekas makanan atau sidik jari kita

Dari beberapa penyebab tersebut maka sebaiknya Anda lebih memperhatikan hal-hal tersebut agar tidak terjadi dan hasil foto Anda menjadi tidak buram atau blur lagi agar hasil menjadi lebih maksimal.

Tips Cara Memperjelas Foto Yang Buram

Apalagi jika kamera smartphone Anda sebenarnya sudah sangat begitu canggih maka Anda tidak perlu lagi ragu akan kualitas gambar yang dihasilkan. Namun apabila Anda sudah terlanjur memiliki foto yang buram atau blur maka Anda jangan khawatir sebab berikut ini akan dijelaskan beberapa cara memperjelas foto yang buram menjadi tidak buram lagi.

Aplikasi Untuk Memperjelas Foto Yang Buram atau blur

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa anda gunakan untuk memperjelas hasil foto yang buram, blur, atau goyang agar menjadi lebih jelas dan HD. Aplikasi berikut ini bisa anda download secara gratis di halaman playstore ataupun appstore :

Menggunakan Aplikasi Remini

aplikasi remini
Sumber: Urbandigital

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi remini, yang dimana aplikasi ini menyediakan sebuah fitur yang bernama enhance yang akan membuat foto Anda menjadi tidak buram atau lebih fokus serta lebih jelas lagi. Cara penggunaan yang super simpel tidak akan membuat Anda menjadi kebingungan sebab Anda tinggal menekan tombol fitur tersebut maka fitur tersebut akan secara otomatis terubah menjadi lebih jelas dan fokus pastinya.

  • -Pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi di Playstore atau Appstore dan melakukan login (opsional)
  • -Masuk ke halaman utama dan pilih menu enhance
  • -Pilihlah foto yang hendak untuk Anda edit agar tidak buram
  • -Selanjutnya klik tombol merah yang bertuliskan use itu dibagian bawah
  • -Tunggu beberapa saat hingga proses pengeditan selesai

Namun jika anda adalah pengguna iOS untuk edit foto di Remini tergolong jauh lebih mudah, anda tidak perlu login, cukup unduh saja aplikasinya, lalu buka aplikasi. Nanti akan ditampilkan foto-foto anda, tinggal pilih saja foto mana yang ingin di pertajam, lalu proses pertajam foto.

Untuk mendapatkan aplikasi ini maka Anda tinggal langsung mengunduhnya pada aplikasi Playstore yang ada pada ponsel Anda. Ukuran aplikasi ini juga sangat ringan sehingga tidak akan memakan banyak ruang pada ponsel Anda. Sebagai info tambahan bahwa aplikasi remini ini adalah aplikasi premium atau berbayar. Agar dapat menggunakan fitur memperjelas foto ini anda haruslah melakukan pembelian paket langganan yang berkisaran sekitar Rp 169.000 / minggu.

Walau harganya lumayan tinggi, tapi hasil pertajam foto sangat sesuai dengan harapan, saya sendiri juga kaget ternyata ada aplikasi semudah ini untuk mempertajam foto yang buram atau blur. Tapi tenang saja, anda bisa memanfaatkan fitur trial 7 hari, dan bisa dibatalkan kapan saja. Jika kebutuhannya hanya untuk edit 1 foto, mungkin opsi ini bisa digunakan.

Tinggal aktifkan trial 7 hari, sebelum masa trial habis tinggal batalkan saja langganannya, maka kita tidak akan dikenakan biaya sepersenpun. Selain untuk edit foto, remini juga bisa untuk menjadi aplikasi edit video.

Aplikasi Photoshop

Cara memperjelas foto yang buram selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi photoshop yang mana akan memperbaiki foto Anda dengan sehalus mungkin. Salah satu tools yang akan memperbaik foto Anda adalah tools noise sehingga blur yang terjadi akan menghilang dan membuat foto Anda menjadi lebih fokus.

Untuk mengunduh aplikasi ini maka Anda bisa mendapatkannya di playstore ataupun app store serta bisa Anda gunakan secara gratis tanpa adanya batasan berapa kali Anda melakukan pengeditan foto.

Aplikasi Fotogenic

Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi fotogenic yang mana Anda bisa mengedit foto blur menjadi lebih tajam sehingga akan memperjelas objek foto Anda. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis secara sepuasnya, secara umum aplikasi ini tidak hanya berfungsi mempertajam aplikasi tetapi juga memiliki beragam tools yang sangat keren.

  • Untuk cara memperjelas foto yang buram  menggunakan aplikasi fotogenic ini sendiri bisa Anda simak berikut:
  • Masuk ke aplikasi dan pilih menu detail
  • Pilih foto yang ingin Anda perjelas
  • Setelah foto berhasil tereksport maka selanjutnya seret jari Anda ke daerah yang ingin Anda hapus keburamannya.
  • Lakukan langkah sebelumnya hingga seluruh bagian menjadi tidak buram lagi

PicWish

Alternatif lain yang tidak kalah keren untuk memperjelas hasil foto adalah aplikasi PicWish, anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis di berbagai perangkat seperti Android, iOS, Windwos dan Mac. Selain itu jika anda tidak ingin download aplikasinya, anda bisa memanfaatkan fitur website mereka, jadi tinggal upload foto, edit dan simpan hasil pertajam fotonya. Untuk cara edit foto di Picwish saya jelaskan dibagian bawah ya.

Situs Web Memperjelas Foto Gratis Secara Online

Selain menggunakan aplikasi yang ada, anda juga bisa memanfaatkan situs web untuk perjelas dan pertajam foto secara online dan gratis, tentunya jika dibandingkan dengan aplikasi metode ini lebih efisien. Karena tidak perlu melakukan install aplikasi terlebih dahulu. Salah satunya adalah picwish.com

Cara Menggunakan Picwish.com

  1. Pertama silahkan kunjungi halaman Unblur picwish
  2. Klik tombol “Unggah gambar”
  3. Pilih gambar
  4. Setelah itu pilih bagian foto yang ingin diperjelas agar tidak buram dan blur dengan cara geser2 saja ke bagian kiri dan kanan
  5. Selesai

Berikut hasil dari memperjelas foto yang buram secara online:

Setelah dirasa cukup dengan hasilnya, anda bisa klik tombol “Unduh atau simpan“, sebelum itu anda akan diminta mengisi email terlebih dahulu agar proses download bisa dilakukan oleh situs Picwish ini.

Penutup

Demikianlah informasi mengenai cara memperjelas foto yang buram menggunakan aplikasi tambahan namun super mudah untuk dilakukan. Mungkin kamu tertarik juga untuk membaca artikel tentang cara mempercepat laptop asus x453m series.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search