Home Aplikasi Berikut 11 Daftar Aplikasi Edit Video Di Android Gratis Untuk Pemula
11 Aplikasi Edit Video di Android Gratis
11 Aplikasi Edit Video di Android Gratis

Aplikasi Edit Video Di Android Gratis – Meskipun edit video secara maksimal cocoknya dilakukan melalui PC, namun aplikasi editor video di HP tidak kalah menarik. Selain itu, ada banyak rekomendasi pilihan software pengedit video di HP.

Aplikasi-aplikasi tersebut menawarkan banyak fitur untuk membantumu memberikan pengalaman edit video secara optimal. Kamu bisa dengan mudahnya download aplikasi video di Android melalui Google Play Store. Tapi, mana sih rekomendasi yang bagus dan gratis?

Sebelum itu, fitur basic yang terdapat pada editor video melingkupi beberapa poin berikut:

  1. Menambahkan media video, gambar, audio dan lapisan media.
  2. Fitur aksi edit video meliputi crop, transisi, trim, color matching, color grading, watermark dan lain-lain.
  3. Fitur bantu edit video meliputi cut, copy, undo, redo, duplicate, delete.

Lalu, diantara banyak pilihan aplikasi editing video, mana yang cocok dimiliki? Tenang saja, disini kami akan mereview 14 aplikasi edit Video yang dapat kamu download gratis di Google Play Store!

11 Aplikasi Edit Video di Android Gratis Terbaik

11 Aplikasi Edit Video di Android Gratis

1. Kinemaster

Kinemaster merupakan aplikasi editing video di smartphone dengan keunggulan identik yaitu mudah digunakan. Aplikasi ini pertama kali dirilis pada 2013 dan kini populer di kalangan editor video smartphone.

Kenapa aplikasi kinemaster diusung sebagai aplikasi editing video yang mudah digunakan? Tentu saja dari User Interface aplikasi yang memberikan pengalaman pengguna secara simple dalam mengedit video.

Masuk ke Kinemaster, pengguna akan disuguhkan menu menu basic untuk mengolah video, mulai dari import media, audio, lapisan dan lain-lain. Kinemaster mendukung hampir seluruh jenis format media yang akan dimasukkan ke aplikasi. Tentunya media ini berupa format gambar, video dan audio. Adapun beberapa fitur kinemaster lainnya yaitu project assistant untuk membuat video step by step, fitur aksi dan bantu dalam edit video seperti crop, duplikat. Banyak fitur gratis yang bisa dipakai dan sudah memadai untuk edit video.

2. Adobe Premiere Clip

Kamu tidak salah membaca, Adobe Premiere sebagai aplikasi editing video yang populer di PC juga hadir di smartphone. Kamu bisa download Adobe Premiere di Google Playstore bagi smartphone yang menjalankan sistem operasi Android.

Adobe Premiere Clip memberikan memberikan pengalaman edit video yang cepat, mudah dan gratis dalam membuat video hebat. Fitur yang ditawarkan juga sangat keren, mulai dari Audio video yang terdengar lebih baik dan kerennya lagi, video yang diedit melalui Adobe Premiere Clip kompatibel dengan Adobe Premiere Pro yang terhubung dengan Creative Cloud sehingga pengguna dapat membuat video kasaran di perangkat HP melalui Adobe Premiere Clip serta melanjutkan proyek di aplikasi Adobe Premiere Pro.

Tata letak aplikasi edit video besutan Adobe ini tidak perlu diragukan lagi. Walaupun dimensi layar smartphone relatif kecil, Adobe Premiere Clip tetap menghadirkan pengalaman pengguna yang profesional.

3. FilmoraGo

FilmoraGo merupakan aplikasi editor Android yang digemari banyak orang. Bagi kamu yang tahu Wondershare Filmora di desktop, aplikasi FilmoraGo berasal dari aplikasi desktop tersebut. Semua fiturnya hampir sama, seperti adanya template, efek video, musik dan lain sebagainya, namun dikemas pada aplikasi smartphone.

Yang menarik dan sangat bagus di aplikasi FilmoraGo yaitu adanya fitur pemilihan tema. Layaknya seperti aplikasi editing video profesional, pengguna dapat menambahkan efek dan mengedit efek pada hidup. Pengguna tentunya dapat menyesuaikan fitur sesuai kebutuhan agar video benar-benar terasa hidup.

Secara keseluruhan aplikasi, dapat disimpulkan FilmoraGo sangat mudah saat digunakan, apalagi oleh pemula. Karena menu-menu didalamnya dikategorikan sehingga pengguna pemula tidak akan kesusahan atau bingung mencari salah satu fitur. Tentu saja aplikasi dapat diunduh dan digunakan secara gratis.

4. VivaVideo

Vivavideo merupakan aplikasi edit video yang mengusung tampilan sederhana pada aplikasi. Sama seperti aplikasi editing video lainnya, Vivavideo dilengkapi kaya fitur dalam editing video mulai dari penambahan lapisan musik, transisi, hingga slow motion.

Perlu kamu ketahui, Vivavideo terdapat dua versi yaitu versi gratis dan juga berbayar. Namun dengan versi gratisnya saja, Vivavideo sudah menawarkan fitur yang lebih dari cukup. Jika merasa kurang akan fiturnya, silahkan upgrade ke versi berbayar yang lebih kaya akan fitur.

Yang menari di Vivavideo yaitu bisa rekam langsung di aplikasi Vivavideo. Jadi kamu gak perlu repot pindah aplikasi dari kamera ke aplikasi editing video. Selain itu, ada banyak filter, dan animasi lucu yang menarik perhatian pengguna.

5. VideoShow

Aplikasi ini mungkin menjadi editing video favorit di kalangan pengguna, pasalnya aplikasi VideoShow sudah diunduh lebih dari 21 juta di seluruh dunia. Tak heran jika aplikasi ini difavoritkan pengguna android, karena pemakaiannya yang gesit serta mudah digunakan, terlebih lagi dapat diunduh dan gratis di Google Play Store.

Di dalam aplikasi, kamu dapat memilih opsi tema mulai dari hitam putih, sephia, sesuai dengan nuansa video. Jika ingin menambahkan musik, cukup klik tambahkan musik yang mengarah ke library berkas di smartphone.

Memang versi free dari aplikasi akan ditampilkan berbagai iklan yang mungkin mengganggu konsentrasi pada edit video. Namun jangan sungkan jika bisa menggunakan secara cuma-cuma.

6. Capcut

Di kalangan editor sosial media, pasti nggak asing dengan aplikasi Capcut. Pasalnya, fitur yang ada didalamnya sangat friendly untuk membuat video singkat atau bahkan untuk konten.

Kenapa ketika mendengar Capcut itu gak asing ditelinga. Perlu kalian ketahui, aplikasi Capcut dan juga Tiktok merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh perusahaan yang sama, yaitu Bytedance Pte.Ltd. Dimana aplikasi Capcut merupakan aplikasi khusus yang digunakan untuk editing video.

Capcut sendiri memiliki beragam fitur mulai dari efek, filter, dan animasi. Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh pemula karena akses fitur yang sangat mudah. Namun jangan salah, aplikasi Capcut juga cocok digunakan oleh pengguna yang memiliki pengetahuan tentang editing video secara mendalam

7. PowerDirector

PowerDirector merupakan aplikasi editing video yang memiliki ciri khas layaknya seperti aplikasi editing video di PC. Kini, aplikasi PowerDirector dapat diunduh secara gratis melalui google playstore. PowerDirector menawarkan beberapa kelebihan, salah satunya kaya akan fitur untuk editing Video.

Dibalik kelebihannya, mengapa PowerDirector disebut sebagai aplikasi editing video layaknya Seperti di PC. Dukungan video di aplikasi PowerDirector mengusung kemampuan resolusi hingga 4K, hebat bukan! Tentu beberapa aplikasi lainnya mengedit video dengan resolusi tinggi menjadi kendala yang tidak dapat dilakukan.

Dibalik kemampuan dukungan resolusi video yang tinggi, bahkan pengguna bisa menghubungkan aplikasi Powerdirector dengan GoPro. Selain itu, pengguna juga dapat memasukkan efek suara secara maksimal ketika editing video.

8. Quik

Quik merupakan aplikasi edit video dan fotografi yang dapat digunakan secara gratis dari GoPro. Kamu bisa mengedit dan menyimpan video di resolusi HD. Quik membuat semua fiturnya dapat diakses dengan mudah, ini sangat cocok untuk pengguna android maupun iOS.

Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat membuat dimensi menjadi persegi, sehingga sangat cocok diunggah di aplikasi Instagram.Selain itu tersedia beberapa pilihan bahasa mulai dari English, German, Spanish, French dan lain-lain.

9. VN Video Editor Maker VlogNow

Akhir-akhir ini, VN Video Editor Maker VlogNow atau sering kerap disebut VlogNow sangat populer. Tampilan yang sederhana dan powerful menjadi daya tarik aplikasi sebab mudah digunakan. Kamu bisa berkreasi sesuka hati untuk mempercantik tampilan video.

Aplikasi ini kaya akan fitur mulai dari efek video yang keren-keren, menambahkan subtitle dengan mudah, kustomisasi soundtrack dengan berbagai opsi. Bisa dibilang, aplikasi ini cocok untuk edit video vlog sesuai dengan nama aplikasinya.

10. Movie Maker

Memiliki fitur-fitur yang friendly untuk pengguna pemula, Movie Maker banyak digemari oleh orang-orang yang hobi editing video. Hebatnya, fitur yang ditawarkan cukup lengkap sebagai aplikasi edit video di smartphone, seperti penggabungan antar video, animasi, transisi, penambahan teks dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang berprofesi sebagai content creator, jangan salah bila aplikasi ini mendukung resolusi tinggi untuk diupload ke Youtube atau platform lainnya.

11. Inshot

Akan salah jika tidak menambahkan Inshot kedalam daftar rekomendasi aplikasi edit video di smartphone. Selain gratis, Inshot menyajikan beberapa fitur unggulan yang dapat digunakan oleh user android maupun iOS.

Salah satu fitur uniknya yaitu latar belakang blur. Fitur ini sangat cocok digunakan saat memasukkan video dimensi berbeda ke dalam lembar editing dengan dimensi yang sudah ditentukan. Maka pada dimensi kosong akan menampilkan video blur sehingga semua ruang akan terisi dengan video.

12. Remini

Aplikasi remini agak berbeda dengan aplikasi edit video di android pada umumnya, karena aplikasi ini lebih condong ke fitur memperjelas kualitas video yang buram atau blur. Selain juga cocok untuk memperjelas foto yang buram. Sehingga aplikasi ini akan lebih cocok untuk tambahan saja, misalnya kamu sudah selesai edit video di Capcut, dan ternyata hasilnya kurang tajam, kamu bisa pakai remini untuk pertajam video tersebut.

Penutup

Itulah aplikasi edit video di android gratis untuk editing video di smartphone namun tetap menawarkan fitur yang tidak kalah keren! Selain itu kamu juga bisa membandingkan aplikasi diatas sesuai dengan kebutuhan konten youtube kamu.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search