Home Literasi Apa Perbedaan Antara Langgar, Masjid, Surau, dan Musholla?
Apa Perbedaan Antara Langgar, Masjid, Surau, dan Musholla?
Apa Perbedaan Antara Langgar, Masjid, Surau, dan Musholla? - Sumber gambar, ephi.web.id

Apa Perbedaan Antara Langgar, Surau, dan Musholla? – Sebelumnya saya sudah pernah membuat artikel khusus tentang perbedaan masjid dan mushola, nah kali ini akan berlanjut mengenai bedanya antara langgar, surau dan musholla itu apa sih?

Apa Perbedaan Antara Langgar, Masjid, Surau, dan Musholla?

Secara fungsinya tidak ada yang membedakan antara langgar, masjid, surau, dan musholla, hanya beda penyebutannya saja dan penyebutan tersebut terkenal di beberapa daerah yang berbeda.

Semisalnya surau itu adalah sebutan untuk bangunan tempat ibadah umat islam yang terkenal untuk daerah Sumatra, dan semenanjung melayu.

Sedangkan Langgar lebih dikenal di daerah Jawa sebagai tempat untuk sholat, ibadah 5 waktu, mengaji dan untuk keperluan keagamaan lainnya oleh masyarakat jawa.

Dan Musholla yang memiliki arti tempat sholat/berdoa/ibadah untuk ummat islam.

Tidak ada yang menjadi pembeda antara ketiganya, hanya saja penyebutannya saja yang berbeda pada tiap-tiap daerah, mungkin yang saat ini kita kenal lebih familiar adalah masjid atau musholla.

Namun jika kita perhatikan, penggunaan nama langgar, surau, itu lebih sering digunakan di daerah pedesaan, sedangkan di daerah kota-kota besar lebih familiar dengan masjid atau musholla.

Penutup

Itulah sedikit referensi mengenai perebdaan antara musholla, langgar, surau dan masjid, semoga dapat memberikan gambaran ya, dan jika masih bingung bisa berdiskusi di kolom komentar, atau jangan malu bertanya ke ustad/guru agama terdekat di daerah kamu ya.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search