Home Literasi Perbedaan Masjid dan Mushola Menurut Fungsinya
Perbedaan Masjid  dan Mushola
Perbedaan Masjid  dan Mushola

Perbedaan Masjid  dan Mushola – Apa sih yang menjadi pembeda antara musholla dengan masjid, atau apa bedanya masjid dengan musholla, mungkin sebagian dari kita masih bertanya-tanya kenapa namanya beda padahal sama-sama buat sholat kan ya?

Nah di artikel ini saya akan sedikit menjelaskan perebdaan antara keduanya,

Perbedaan Masjid dengan Mushola

Secara bahasa masjid itu artinya tempat sujud, sedangkan musholla secara bahasa artinya tempat sholat, jika ditelaah yang membedakan hanya penggunaan katanya saja. Secara fungsional masjid dan musholla sama-sama tempat ibadah umat islam baik itu ibadah sholat fardu/wajib maupun ibadah lainnya.

Namun di Indonesia sendiri ada hal mendasar lain juga yang membedakan antara masjid dan musholla, yakni dari segi ukuran tempatnya, biasanya masjid itu lebih besar dibandingkan dengan mushola.

Contohnya jika ukurannya besar bisa menampung jamaah sampai ratusan, bahkan sudah lantai 2 dan seterusnya ini bisa dikatakan dengan masjid. Sedangkan kalau ukurannya lebih kecil, bahkan cuma menampung jamaah dibawah 20-an ini bisa dibilang dengan mushola.

Tapi kembali lagi tergantung pengurus sekitar juga, pada saat awal pembangunan niat apa yang milikinya, apakah niat untuk membangun mushola atau niat untuk membangun masjid. Walau demikian secara fungsinya tidak berbeda, sama-sama bisa untuk sholat, ibadah, ngaji, iktikaf, dan lain-lain.

Bagaimana apa masih bingun dengan perbedaan mushola dan masjid? semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan wawasan baru dan informasi yang fresh ya buat kamu

Perbedaan Masjid dan Musholla Menurut Nu Online

Sebagai bahan referensi tambahan, kamu juga bisa membaca referensi yang menjadi pembeda antara mushola dengan masjid di halaman website nu online, tepatnya pada halaman berikut ini:

https://islam.nu.or.id/ekonomi-syariah/wakaf-dan-salah-kaprah-penyebutan-masjid-dan-mushala-l7dLf

Semoga bermanfaat, aamiin…

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search