Home Lifestyle Apa Itu Direktori File (Root dan Sub Direktori)
contoh sub direktori file

Dalam suatu sistem informasi komputer kita akan mendapatkan beberapa file dan folder yang ada di dalamnya, entah itu folder dari sistem operasi tersebut maupun folder buatan kita. Nah ada 2 istilah yang mungkin asing bagi sebagian orang, seperti direktori file.

Apa Itu Direktori File

Direktori file secara umum merupakan suatu komponen yang di dalamnya mengandung satu atau beberapa file atau berkas di suatu media penyimpanan komputer. Sedangkan pada komputer atau laptop direktori ini disebut dengan folder yang berfungsi untuk melakukan pengelompokan atau arsip data dengan baik sehingga bisa ditemukan dengan mudah sewaktu-waktu.

Direktori file ini terbagi lagi menjadi 2 bagian, yaitu root direktori dan sub direktori:

Apa Itu Root Direktori?

Root berarti akar atau induk, sehingga root direktori berarti induk dari suatu folder yang ada pada komputer, dimana didalam folder utama ini terdapat beberapa folder lainnya yang disebut dengan sub direktori atau sub folder. Contohnya misal di komputer kita ada folder “Album 2022” nah didalam folder itu ada beberapa folder lagi seperti “album januari”, “album februari”, dsb.

Apa Itu Sub Direktori

Sedangkan sub direktori adalah folder lainnya yang terdapat pada folder utama, misalnya seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika ada folder utama yang bernama “album 2022” maka ada sub album “album januari”, “album februari”, dsb.

Contoh Direktori File

contoh sub direktori file
Sumber shopee

Jika di ibaratkan direktori file ini sama seperti laci/rak penyimpanan, di dalamnya terdapat skat atau pembatas yang bisa digunakan untuk memisahkan barang 1 dengan barang lainnya. Begitu juga dengan direktori, yang dimana kita juga bisa menyimpan data yang masih relevan kedalam beberapa direktori atau folder.

Kesimpulan

Jadi bisa diambil kesimpulannya bahwa direktori itu adalah elemen atau folder yang terdapat pada suatu medai penyimpanan baik itu komputer lokal, smartphone maupun web server yang bertujuan untuk melakukan pengelompokan dalam penyimpanan data.

Nah mungkin sekian sedikit penjelasan mengenai pengertian direktori file dan contoh dari direktori file semoga membantu, dan mungkin artikel berikut relevan dengan kamu. Subdomain vs sub direktori.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search