Home WordPress Subdomain VS Subdirektori, Mana Lebih Baik Untuk SEO?
sub domain vs subdirektori

Pernah berfikir untuk memisahkan halaman blog dari domain utama web? jika pernah pasti akan merasa sedikit bingung mending buatnya di subdomain atau di sub direktory?. Kali ini kita akan bahas mengenai hal tersebut, lebih efektif manakah antara penggunaan subdomain atau subdirektori untuk optimasi SEO.

Subdomain VS Subdirektori

Sebagai contoh kasus, disini saya menggunakan web Digitalkit Indonesia untuk membuat halaman blog yang akan menampilkan informasi harian.  Dan tentunya sudah saya coba kedua metode tersebut, yaitu subdomain dan sub direktori, namun hasilnya sangat berbeda sekali. Disisi lain secara teknis ketika ingin membuat web di subdomain itu prosesnya lebih banyak ketimbang membuat web baru di sub direktori.

Di sub domain itu kita perlu membuat sub domain terlebih dahulu, baru melakukan instalasi web, sedangkan jika ingin menginstall web wordpress di sub direktori lebih mudah, hanya perlu menambahkan nama direktorinya saja di proses instalasi softaculous.

Ketika Menggunakan Sub Domain

Awalnya saya menggunakan blog.digitalkit.id namun sudah lebih seminggu tidak ada kenaikan yang signifikan dari index Google, terasa sangat lambat. Sehingga saya memutuskan untuk mencoba menggunakan sub direktory saja.

Dan saat ini saya sudah menggunakan sub direktori untuk halaman Blog Digitalkit, yaitu beralamatkan di https://digitalkit.id/blog jika dibandingkan dengan subdomain, subdirektori lebih cepat index nya, terbukti ketika teman-teman ketik di pencarian Google dengan kata kunci “blog digitalkit” maka subdirektory tersebut akan muncul dihalaman pertama.

Apa Subdomain Berpotensi Untuk Index Lebih Baik?

Tentu saja bisa, seperti pada web portal berita nasional tribunnews, kebanyakan sub domain dari web tersebut yang menguasai keyword di Google. Namun tentunya membutuhkan modal yang lebih banyak untuk optimasi subdomain, karena subdomain itu bisa dibilang tidak mewarisi kualitas authority domain utama, sedangkan sub direktori bisa dibilang mewarisi kualitas authority domain utama, sehingga proses indexnya lebih cepat dalam kasus Blog Digitalkit ini.

Kesimpulannya

Jika teman-teman punya website bisnis dan ingin membuat halaman khusus blog, mungkin saya akan menyarankan menggunakan sub direktori saja. Karena seperti pengalaman ini lebih mudah dan cepat ketika proses index Google. Namun kembali lagi ke pilihan masing-masing, apa lebih suka tampilan url subdomain atau url sub direktori.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search