Home Lifestyle Kenapa Dosen Suka Mempersulit Mahasiswa
Kenapa Dosen Suka Mempersulit Mahasiswa

Kenapa Dosen Suka Mempersulit Mahasiswa? – Saya mau bahas sedikit tentang hal ini, disclaimer dulu nih kalau endak ada niatan untuk menjelek-jelekan dosen yang bersangkutan hehe, cuma pure untuk mau berbagi catatan cerita saja. Perlihat kenapa dosen suka mempersulit mahasiswa awalnya saya mengira itu hanya sebagian kecil oknum dosen yang ada di Indonesia, namun setelah saya alami sendiri baru tau rasanya ternyata itu “nyata” haha.

Dua minggu belakangan ini saya mengalami kondisi dimana saya kecewa, tumben sudah jalan 7 semester baru ngerasain kecewa dengan sistem dan “tingkah laku” dosen yang mempersulit mahasiswanya. Dimana kronologinya itu semester ini saya kan ngambil seminar proposal untuk tugas akhir, nah laporan sudah selesai, tinggal meminta validasi saja, dimana kalau dihitung-hitung validasi ini gak lewat dari 5 menit harusnya bisa selesai (kalau dosennya sergep), tapi disini malah di persulit sampai 1 minggu lebih baru di acc itupun udah detik-detik terakhir pendaftaran ujian seminar haha asik banget dah.

Tapi gak apa deh, selagi gak ngulang ambil mata kuliah seminar ini, udah bisa dilupakan kejadian tersebut.

Kenapa Dosen Suka Mempersulit Mahasiswa

Berdasarkan kejadian tadi, disini mari kita bahas poin-poin kenapa sih sebagian dosen itu terkadang suka mempersulit mahasiswanya, padahal mahasiswanya udah berusaha effort rajin-rajin menyelesaikan studinya. Beda lagi kalau mahasiswanya yang emang suka nunda-nunda mungkin agak wajar kalau dipersulit, eh bercanda.

1. Mood Dosen Lagi Jelek

Nah bisa jadi saat kita meminta bantuan ke dosen pada saat itu kondisi mood dosen lagi jelek, mungkin lagi capek, banyak kerjaan dari kampus maupun luar kampus, atau hal lainnya, sehingga kebablasan terlampiaskan kepada mahasiswa didiknya. Hal ini wajar sih terjadi, bahkan kita juga kadang kalau mood lagi jelek suka marah atau kesel endak jelas ke orang lain yang bahkan endak ada sangkut pautnya dengan masalah yang kita hadapi saat ini.

Ya solusinya mungkin ktia ngalah aja hari ini, sambil di follow up dikemudian hari.

2. Gila Hormat

Terkadang emang ada dosen yang gila hormat, mahasiswanya dibuat agar ngejer-ngejer dia, dan suka mempersulit mahasiswa, tapi kasus seperti ini tidak banyak, namun tetep aja kalau ketemu tipikal dosen yang gini akan buat mental drop dan semangat kuliah menurun.

3. Waktu Tenggat Masih Lama

Terkadang bukan sepenuhnya karena dosen yang mempersulit mahasiswa, mungkin dalam kasus pengerjaan laporan atau tugas akhir, dosen ini tau kalau tenggat masih lama, jadi tidak mau buru-buru acc tugas mahasiswa bimbingannya.

Penutup

Nah itulah beberapa alasan kenapa dosen suka mempersulit mahasiswa didikannya, apa kamu juga dapat dosen yang tipikalnya mempersulit atau membuat kesel? kalau iya yaudah sabarin aja, sambil sering-sering tarik nafas yang dalam hihi.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search