Home Cuan Jenis-Jenis Tabungan Yang Wajib Kamu Miliki Untuk Masa Depan
Jenis-Jenis Tabungan
Gambar by ekafikry.com

Sedari kecil saat belum masuk SD kita sudah diajari oleh kedua orang tua untuk menyimpan uang atau menabung, hal tersebutlah menjadikan seseorang memiliki sifat yang hemat dan rajin menabung. Dahulu kita mengira menabung itu hanya dilakukan di celengan saja, tapi saat ini ternyata ada banyak sekali jenis-jenis tabungan yang ada tentunya sangat bagus untuk masa depan.

Dari banyaknya tawaran tabungan yang ada saat ini mungkin ada yang cocok untuk sebagian orang, ada juga yang kurang cocok, tergantung selera masing-masing sih. Nah langsung saja kita bahas apa saja jenis-jenis tabungan yang wajib dimiliki untuk masa depan

Jenis-Jenis Tabungan Yang Wajib Kamu Miliki Untuk Masa Depan

1. Tabungan Bank Konvesional

Yang paling umum dan lumrah di masyarakat adalah jenis tabungan konvesional ini, selain mudah untuk dibuat juga aksesnya sangat banyak. Kini sudah tersedia puluhan cabang bank yang ada di setiap kota di Indonesia, bahkan sampai ke desa-desa juga. Manfaat dari menabung konvesional ini sangat beragam, mulai dapat nomor rekening, buku tabungan, hingga kartu ATM.

Sebut saja bank BCA, BRI, BNI, Mandiri sebagai salah satu penyedia layanan tabungan konvesional yang ada di Indonesia.

2. Tabungan Berjangka (Deposito)

Pernah dengan istilah deposito? ya deposito merupakan salah satu layanan perbank-an yang memberikan kesempatan kepada para nasabah untuk menabung dengan keuntungan yang lebih tinggi dengan jangka waktu tertentu. Misalnya dalam 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau sampai dengan 12 bulan. Keuntungan yang ditawarkan relatif, ada yang 2% bahkan sampai 5% tergantung dari bank tempat kamu menabung.

Namun perlu diketahui kalau jenis tabungan deposito ini memang memberikan keuntungan yang pasti, namun keuntungan tersebut tidak bisa kita ambil secara langsung. Haruslah menunggu batas waktu nya habis, misalnya memilih deposito 1 bulan, maka uang dan keuntungan tabungan kita hanya bisa dicairkan saat 1 bulan berikutnya.

Itulah yang disebut dengan tabungan berjangka.

3. Tabungan Pendidikan

Sebagai orang tua, hal yang paling harus disiapkan saat ini adalah tabungan pendidikan anak, walau saat ini sudah banyak sekolah negeri yang menerapkan sistem pendidikan gratis tetap saja harus memiliki tabungan pendidikan. Karena kita tidak tau apa yang akan terjadi kedepannya pada pendidikan anak kita. Entah dia mau lanjut sekolah negeri atau swasta, tentunya harus disiapkan biayanya.

4. Tabungan Haji

Di beberapa bank konvesional biasanya menyediakan program tabungan haji, contohnya BNI, jadi nasabah diberikan kesempatan untuk menabung keperluan berangkat haji. Seperti namanya, tujuan dari menabung di jenis ini adalah untuk keperluan ibadah berangkat naik haji dikemudian hari.

Jenis tabungan ini bisa dikatakan tabungan jangka panjang, karena seperti yang kita ketahui, rata-rata waktu tunggu berangkat haji di Indonesia itu diatas 5 tahun. So tidak ada salahnya untuk menyiapkan dana tabungan haji dari sekarang.

5. Tabungan Reksadana

Reksadana sebenarnya lebih cocok ke istilah tabungan investasi, ini sangat cocok untuk semua kalangan, baik anak muda maupun orang tua yang ingin menyiapkan tabungan untuk anak dan cucu. Cara menabung reksadana sendiri juga tidak terlalu susah, banyak aplikasi  yang bisa digunakan untuk invest reksadana, contohnya aplikasi bibit.

Bahkan kita bisa mulai nabung reksadana mulai dari 100rban saja.

Penutup

Itulah beberapa jenis tabungan yang wajib kamu miliki untuk menyiapkan masa depan agar lebih mudah, gimana sudah menemukan referensi tabungan yang sesuai dengan diri kamu? jika ada jenis tabungan lainnya yang belum disebutkan diatas bisa tambahkan di komentar ya.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search