Home Literasi Industri Kreatif: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Contohnya
Industri Kreatif

Kreativitas seseorang tentu membawa berkah untuk berkompetisi dalam menciptakan lapangan pekerjaan. Dengan kemampuan seseorang dalam memanfaatkan SDM secara tepat, tentu diharapkan mampu untuk membuat sebuah karya dengan mengeksploitasi sumber daya alam seminimal mungkin.

Industri kreatif hadir sebagai hasil karya yang tentu memiliki nilai bagi orang banyak. Bisa disebut, industri kreatif sebagai wadah dari individu atau kelompok yang mempunyai ide cemerlang serta mampu mengisikan ruang kreativitas di dalamnya. Uniknya, salah satu jenis industri kreatif bisa muncul apabila mampu menyadari bidang kemampuan seseorang.

Dikarenakan industri kreatif merupakan salah satu sektor yang sedang berkembang pesat pada belahan dunia, termasuk di Indonesia, kita akan membahas lebih detail apa itu industri kreatif, jenis serta contoh produk yang dihasilkan.

Apa itu Industri Kreatif

Secara umum, pengertian industri kreatif dapat diartikan sebagai suatu industri atau usaha pengolahan yang menghasilkan produk atau jasa/layanan yang mengandung nilai kreatif, keterampilan, imajinasi di dalamnya. Jadi, produk ataupun jasa yang dihasilkan memiliki value proposition yang tinggi karena melibatkan proses kreatif dan penempatan inovasi dalam pembuatannya.

Di Indonesia sendiri, industri kreatif telah memberikan kontribusi yang besar bagi pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Hal ini dikarenakan menjamurnya industri kreatif dari setiap sektor serta membuka lapangan pekerjaan. Secara tidak langsung juga, industri kreatif juga mengurangi angka pengangguran di Indonesia, belum lagi jika salah satu industri kreatif membutuhkan tenaga kerja yang sangat besar.

Dibalik perannya yang sangat penting, membangun sebuah industri kreatif tentunya tidak mudah, namun beragam opsi yang dapat dipilih.

Pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif tentu menjadi momentum bagi industri kreatif untuk ikut andil di dalamnya.

Saat ini, industri kreatif memang diisi oleh orang-orang yang berkompeten di dalamnya. Mereka sudah memiliki keterampilan, bakat, kreativitas serta kapasitas pengetahuan yang menunjang dalam pengembangan untuk memicu keberhasilan usaha.

Industri kreatif juga termasuk usaha, karena sejatinya bertujuan untuk memperoleh laba atas aktivitas yang dilakukan. Perbedaan yang mencolok antara industri kreatif dengan usaha pada umumnya yaitu pada letak nilai tambah. Maka dari itu, penting memanfaatkan inovasi yang relevan untuk peluang penciptaan industri kreatif.

Baca juga: Ide Bisnis Modal Kecil di Bulan Ramadhan

Jenis dan Contoh Industri Kreatif

Beberapa industri yang dikenal secara umum merupakan industri kreatif. Ada beberapa jenis atau sektor industri kreatif di Indonesia yang dianggap sebagai penggerak roda perekonomian. Jenis industri kreatif itu adalah sebagai berikut:

1. Desain Grafis

Industri kreatif desain grafis sangat populer di Indonesia, bahkan saat ini banyak kreator yang mengeksplor lebih banyak pembuatan desain visual dengan mencampurkan unsur kearifan lokal. Industri ini mencakup pembuatan logo, poster, desain baju, tas dan lain sebagainya.

Salah satu hal yang menarik pada industri ini yaitu dapat berkolaborasi dengan industri atau usaha lainnya. Semisal saja usaha pembuatan baju kaos, desain kemasan produk dan lain sebagainya. Hal ini meningkatkan peluang industri desain grafis untuk berlayar pada perekonomian Indonesia.

Desainer biasanya bekerja menggunakan software yang mumpuni untuk membuat desain seperti menggunakan software Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator untuk membuat produk desain. Selain kemudahan, desainer dapat melakukan penyesuaian atas permintaan klien dengan cepat.

Contoh produk desain grafis dapat berupa desain brosur, logo perusahaan, desain baju kaos dan lain-lain.

2. Film

Bisa dibilang, film merupakan industri kreatif paling tua namun terus berkembang hingga saat ini. Industri kreatif film merupakan industri yang mencakup produksi film dengan serangkain proses meliputi ide/gagasan cerita, penulisan skenario, pengambilan video dan lain sebagainya. Mulai dari genre komedi hingga horor, industri kreatif film sangat diminati di Indonesia.

Tidak hanya di Indonesia saja, beberapa produksi film juga berkancah di panggung layar lebar negara lain. Salah satu contohnya yaitu film The Raid dengan sejumlah deretan artis lokal namun tayang di luar negeri.

Contoh produk dari industri kreatif film seperti film layar lebar Dilan, film pendek seperti Hujan Bulan Juni dan film dokumenter seperti The Act of Killing.

3. Animasi

Animasi merupakan produk dari salah satu jenis industri kreatif yang berkembangannya layak diacungi jempol. Industri animasi ini mencakup produk animasi 2 dimensi dan 3 dimensi. Animasi juga dapat dikelompokkan menjadi film animasi yang biasanya disukai oleh anak-anak. Saking berkembangnya, industri animasi kini banyak ditemui di platform media sosial seperti Facebook.

Contoh produk animasi yaitu seperti film animasi upin-ipin, ELija. Serial animasi seperti Keluarga Somat, iklan animasi seperti iklan jagoan internet dan lain sebagainya.

4. Musik

Musik di dalam dunia industri kreatif memiliki makna yang luas. Musik termasuk karya yang didalamnya melibatkan banyak orang dalam pembuatannya. Industri ini termasuk produksi lagu, rekaman, promosi musik dan lain-lain. Industri musik sendiri juga termasuk festival musik, konser dan lain sebagainya.

Dari dulu hingga kini, industri musik bisa dibilang tidak ada matinya. Banyak band atau single muncul dan memberikan nuansa baru bagi dunia permusikan di indonesia. Contoh produk musik antara lain album musik Ariana Grande atau festival musik seperti We The Fest.

5. Game Development

Melihat perkembangan game di seluruh dunia, industri yang satu ini sangat berkembang pesat mengingat penggunanya bukan lagi anak-anak saja, bahkan remaja hingga dewasa. Industri ini mencakup produksi game baik itu game console, mobile dan PC. Selain itu, berbagai genre dapat dipilih seperti aksi, puzzle, strategi dan lain-lain.

Beberapa produk game yang tren saat ini dari industri game development antara lain Lokapala, game PC seperti Pulang Insanity, atau game konsol seperti Playstation.

5. Fashion

Industri fashion digadang-gadang menjadi industri yang tidak kehabisan ide dalam memperbarui karyanya. Industri ini mencakup beberapa tahap meliputi perancangan, pembuatan dan penjualan. Industri fashion meliputi beberapa produk umum seperti pakaian, sepatu, dan aksesoris lainnya.

Beberapa produk dan brand dari industri fashion ternama ini mungkin tidak asing di telingamu. Contoh produk industri fashion antara lain pakaian dari merek ternama seperti Gucci, jam tangan dari merk Rolex dan Alba, atau sepatu Nike dan Converse.

7. Advertising

Advertising merupakan upaya untuk menarik pelanggan atau klien pada sebuah produk atau jasa. Industri advertising atau iklan merupakan pembuatan iklan baik itu iklan cetak maupun iklan online untuk membujuk khalayak ramai agar membeli produk atau menggunakan layanan. Selain itu, industri advertising juga digunakan untuk memperkenalkan suatu brand dan perusahaan agar diketahui oleh masyarakat.

Bicara soal iklan, mungkin kamu sudah bisa menebak apa saja produk dari industri advertising ini. Contohnya antara lain yaitu iklan televisi, iklan online saat berselancar d internet, atau pada saat menggunakan aplikasi dan juga iklan poster yang dipasang di pinggir jalan.

8. Arsitektur

Industri arsitektur sangat penting bagi pembuatan bangunan dan ruang publik karena mempengaruhi kenyamanan, kualitas hidup dan lingkungan sekitarnya. Industri arsitektur mencakup tahap desain bangunan, perencanaan dan pembangunan. Industri ini meliputi pembuatan desain interior dan ruang-ruang seperti kantor, restoran, dan hotel.

Contoh industri arsitektur yang menarik perhatian masyarakat Indonesia yaitu Ibu Kota Negara (IKN) yang dibangun di daerah Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Selain itu, desain interior dari gedung-gedung seperti Mall of Indonesia.

Melihat industri tersebut, bisa dibilang di Indonesia banyak terdapat pelaku industri kreatif yang melibatkan macam jenis kreativitas hingga teknologi. Pemerintah dan Lembaga Swasta juga ikut pendorong dalam pengembangan industri kreatif. Sebut saja Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang mendorong pelaku ekonomi kreatif untuk terus berinovasi mengembangkan industri kreatif.

Manfaat Industri Kreatif

Secara umum, manfaat industri kreatif adalah sebagai berikut:

  1. Ikut serta menggerakkan roda perekonomian di Indonesia, bahkan semakin menjamurnya industri kreatif juga memberikan keuntungan untuk penciptaan lapangan pekerjaan dan menambah devisa negara.
  2. Berbagai jenis Industri kreatif tentu seminimal mungkin mengeksploitasi sumber daya manusia, melainkan menggunakan keterampilan sebagai nilai tambah.
  3. Memperkenalkan kearifan lokal bahkan sampai ke luar negeri. Banyak pelaku industri kreatif memanfaatkan kearifan lokal sebagai ide dalam perancangan dan penciptaan industri kreatif. Sebut saja desain grafis, fashion dan arsitektur.
    Membangun citra dan identitas bangsa. Industri film di Indonesia mampu membidik panggung negara lain serta dapat membangun citra Indonesia.

Jika kamu mengaitkan Industri Kreatif dengan UMKM maka ada hubungan antara kedua kegiatan usaha tersebut. Banyak UMKM di Indonesia merupakan wujud dari industri kreatif, terutama pada sektor fashion. Bagi kamu yang tertarik dengan industri kreatif tidak salah untuk mencoba. Memang betul, industri kreatif timbul berdasarkan kreativitas, namun tetap saja memerlukan manajemen yang tepat.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search