presearch
Home Cuan 6 Ide Bisnis di Bulan Ramadhan, Auto Banjir Cuan
peluang usaha cokelat arab
Sumber: tokopedia

Ide Bisnis di Bulan Ramadhan – Jika kamu sedang mencari referensi ide bisnis dan peluang usaha di bulan suci ramadhan mungkin di artikel ini saya akan sedikit membantu. Sebelumnya kita hanya akan membahas beberapa peluang usaha yang kemungkinan hype nya meningkat dan bulan ramadhan, namun tidak menutup kemungkinan akan tetap tinggi demand nya diluar bulan ramadhan.

Mungkin banyak orang beranggapan bahwa di bulan ramadhan itu enaknya fokus puasa aja, kurangi aktivitas biar tidak terlalu capek, pemikiran seperti ini tidaklah salah. Namun sebagai seorang yang cerdas, kita harus pandai melihat peluang “event” besar-besaran setahun sekali ini. Salah satunya adalah dengan memanfaatkannya untuk menjalankan usaha.

6 Ide Bisnis di Bulan Ramadhan

Lantas apa saja peluang usaha yang bisa kita jalankan dan mendapatkan cuan lebih banyak di bulan ramadhan ini?

1. Manisan/ Cokelat Arab

peluang usaha cokelat arab
Sumber: tokopedia

Pernah scrol tiktok gak? kalau pernah mungkin juga pernah lewat di FYP kamu kalau ada oleh-oleh khas mekah yaitu manisan atau cokelat arab, yang bentuknya seperti batu krikil. Nah di indonesia saat ini masih sedikit banget orang yang jualan manisan ini, bahkan bisa kita lihat dari keranjang kuning distibutor cokelat arab ini laku sampai puluhan order denga harga jual bervarian.

Nah kamu bisa ambil tuh kesempatan ini, apalagi momen ramadhan ini biasanya orang itu cenderung menyukai yang manis-manis, coba aja iseng kontak distributor cokelat arabnya. Tanyakan berapa harga yang bisa kamu dapat jika menjadi resellernya.

Kalau kamu bingung dimana nyari distributornya coba buka aplikasi Shopee, lalu cari dengan kata kunci “cokelat arab” nanti akan muncul beberapa pilihan seller. Setelah itu ajukan saja jika kamu ingin menjadi reseller produk tersebut.

Lihat dulu: Cokelat Arab Murah

2. Game Zone atau Wahana Bermain Anak-Anak

Di daerah saya biasanya setiap malam itu ada pasar malam/senggol disana ada wahana bermain anak-anak yang selalu ramai seperti melukis, permainan loncat, mandi bola, mancing mainan ikan, dan lainnya. Nah karena di bulan puasa identik dengan ngabuburit dan kebanyakan orang itu pasti bosen dan akan mencari hal yang baru. Contohnya ya ini, akan menghabiskan waktu bermain dengan anak-anak mereka di wahana seperti ini.

Untuk model bisnis seperti ini sepertinya akan membutuhkan tenaga dan modal lebih besar, karena harus menyiapkan wahanan bermain dan fasilitas bermain anak-anak, yang dimana harus disiapkan dalam berbagai jenis permainan. Jika hanya menyiapkan 1 jenis permainan saja, pasti akan membosankan dan terlihat kurang menarik.

Mungkin solusinya bisa mengajar rekan kerjasama untuk membangung bisnis wahana bermain anak-anak ini. Tentunya model bisnis seperti ini tidak hanya sebatas di bulan ramadhan saja. Tapi bisa sustainable atau jangka panjang.

3. Usaha Pakaian Lebaran

Nah saat akhir bulan ramadhan biasanya kebanyakan orang itu akan nyari baju lebaran, karena harus tampil dengan maksimal di hari raya dan terlihat rapi. Sebagai data pendukung kamu bisa lihat, pencarian dengan kata kunci “baju lebaran” sangat banyak dicari dalam 1 bulan terakhir:

Bisa bayangkan saya, jika dari 18.100 pencarian itu kamu bisa mendapatkan market share atau pembeli sekitar 5-10 orang perhari, dengan perhitungan:

Baca dulu: Hijab Murah Spesial Ramadhan

1 orang bisa saja membeli lebih dari 1 pakaian, dan anggap saja perhari kamu berhasil jual baju lebaran, seperti baju koko, hijab, songkok, sarung, dan lainnya 10pcs, dimana harga jual per 1 pcs  mulai 50-200rban, tentunya bisa saja dapat omzet up to 1juta perhari.

Namun kamu juga harus melakukan pencatatan keuangan atau penjualan, dengan tujuan agar bisnis kamu berjalan dengan baik sebagaimana mestinya, sekecil apapun transaksinya (penjualan/pengeluaran) usahakan catat. Agar kamu punya data uang bisnis dipakai buat apa saja. Ada banyak banget aplikasi dan software untuk pencatatan keuangan yang bisa digunakan secara gratis, misalnya microsoft excel, bukukas, dan lainnya, nah berikut beberapa rekomendasi aplikasi point of sale gratis untuk mencata keuangan.

Karena saat ini kebanyakan orang belanja lewat online, maka kamu bisa juga melakukan improvisasi jualan kamu secara online, entah itu posting di facebook, instagram, tiktok, maupun ecoommerce seperti shopee dan lainnya. Jangan bilang tidak bisa, karena saat ini sudah banyak banget informasi bertebaran secara gratis. Kamu bisa searching di youtube, cara buat akun shopee, cara jualan di shopee dan lain-lain.

Jika memang kamu serius ingin menjadi seorang pembisnis maka kamu harus bertumbuh setiap harinya, cari dan saring inforamsi sebanyak dan sebaik mungkin. Salah satu metode yang saya gunakan adalah ketika bermain sosial media saya hanya memfollow sesuatu yang saya rasa saya butuh dengan itu. Seperti follow akun-akun yang bahas bisnis, self development, dan tentunya hiburan juga tetap kita butuhkan.

Ya intinya atur aja biar balance!

4. Kue Kering

Kalau untuk jualan kue kering ini akan lebih cocok dan lebih ramai jika jualannya beberapa hari sebelum hari raya, biasanya pembeli itu akan nyetok kue kering di rumah untuk disuguhi ke tamu mereka nanti saat idul fitri. Berbeda dengan hari biasa di luar bulan puasa, harga kue kering di bulan ramadhan apalagi hari raya biasanya bisa naik beberapa persen, tentunya margin keuntungan bagi mereka yang jualan kue kering lebih tinggi.

Memang tidak semua orang bisa membuat kue, tapi bukan berarti tidak semua orang tidak bisa jualan kue. Misal kamu ingin jualan kue kering kamu bisa mencari vendor atau produk rumah tangga yang sudah membuat kue kering sejak lama. Kamu bisa menawarkan diri sebaga reseller atau dropshiper nya. Jadi kamu hanya perlu keluar modal ketika ada pembeli saja, dan ini sangat minim resiko kerugian.

5. Takjil Buka Puasa

Yang paling utama dan pasti peluang lakunya besar adalah berjualan takjil, entah itu di pasar, dekat masjid ataupun di pinggiran jalan. Karena kebiasaan seorang muslim ketika mau buka puasa adalah ngabuburit atau nyari aktivitas sebelum buka dan suka belanja maka potensi yang ditawarkan dari bisnis takjil ini sangatlah besar. Ditambah lagi kebanyakan ibu-ibu ketika jelang buka puasa itu rada mager untuk masak di rumah dan kebanyakan bakal beli di pasar.

Kalau bisa jika kamu memutuskan untuk usaha takjil buatlah produk takjil yang tidak kebanyakan pedagang lain jual, misalnya saat ini kebanyakan orang jual gorengan, es campur, dan sejenisnya. Nah kamu bisa tuh improvisasi menu takjil yang ada, banyak banget video tutorial yang bisa kamu ikuti untuk membuat menu takjil yang unik dan tentunya baru.

Untuk model bisnis takjil ini demand nya hampir 1 bulan penuh, jadi tidak perlu kawatir dalam 1 bulan puasa itu pasti jualan kamu akan laku. Dan jangan lupa berdoa sebelum memulai usaha hehe.

6. Kurma

Kurma adalah makanan yang “Wajib” banget ada di setiap moment buka puasa, apalagi kalau buka puasanya di masjid, pasi ada saja kurma yang di sediakan. Selain itu kurma ternyata di sukai juga oleh masyarakat umum, jadi potensi pasar ketika kamu jualan kurma pasti akan sangat besar. Ditambah lagi kalau kurma itu kaya akan manfaat, bisa untuk kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh kita.

Nah kamu jadikan saja manfaat yang ada pada kurma sebagai bahan promosi, misalnya buat poster tentang manfaat dari kurma, kenapa harus konsumsi kurma saat buka puasa, dan lain-lain.

Penutup

Nah itulah 6 ide bisnis peluang usaha di bulan ramadhan semoga bisa memberi gambaran untuk kamu yang ingin memulai usaha di bulan ramadhan ini. Sebenarnya masih banyak peluang usaha yang bisa dilakukan. Selain itu saya juga merekomendasikan kamu untuk membaca artikel tentang bisnis model canvas yang bisa membantu kamu dalam menjalankan bisnis dengan benar.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search