Home Lifestyle Cara Menghadapi Orang Bilang “Gitu doang kok bayar?”
Cara Menghadapi Orang Bilang "Gitu doang kok bayar?"

Kalimat “gitu doang kok bayar?” tidak hanya sekali saya dapatkan, tapi sudah kesekian kalinya, bahkan saking gemesnya pingin saya jadikan artikel saja di postingan ini. Siapa tau orang2 seperti itu sadar, bahwa skill dan pengalaman kita itu mahal, ya walau tidak mampu membayar mahal, setidaknya bisa menghargai dengan gak bilang seperti itu, atau kasih uang beli minum/makan.

Itu kalau orangnya paham, tapi biasanya orang yang ngomong “gitu doang kok bayar?” adalah orang yang awam, gak tau bagaimana prosesnya kita agar bisa melakukan hal yang dia inginkan. Buktinya dia sendiri meminta bantuan kita, berarti dia gak tau dan gak ngerti prosesnya.

Ya sabarin aja, mungkin dia bukan market kita

Cara Menghadapi Orang Bilang “Gitu doang kok bayar?”

Berikut beberapa cara yang bisa dan biasa saya lakukan:

1. Ikuti Cara Dia

Jika dia bilang kalimat tersebut dengan angkuh, sombong, atau merendahkan, maka bisa jawab dengan nada orang tersebut melontarkan kalimat tersebut. Misalnya bisa jawab aja “masa orang kerja gak dibayar?”. Tapi ini terlalu frontal sih gak semua orang bisa melakukan ini, tapi bukan hal buruk jika kamu mencoba menjawab seperti ini.

2. Jelaskan Kenapa Harus Bayar

Kedua kamu bisa menjelaskan kepada orang tersebut kenapa harus membayar jasa kita, misalnya “iya dong mas, ini prosesnya lumayan lama, butuh tenaga, gak semua orang ngerti juga, ya jadi wajar jika berbayar, namun jika tidak ingin bayar silahkan lakukan secara mandiri” Tapi kebanyakan orang kalau udah bilang gitu doang kok bayar, emang rada susah mau dijelasin apapun tetep mental gratisan. Kecuali orang tersebut mau berubah dan memahami begitu pentingnya harga dari jasa seseorang.

3. Tunjukan Portofolio Kita

Cara ketiga kamu bisa balas dengan menunjukan portofolio dari projek serupa, misalnya katakan saja “ya dong, kemarin ada orang yang minta jasa ini aja bayar segini (sambil sebut nominal), ini masa minta hal serupa gak mau bayar?” di poin ini setidaknya bisa “membungkam” orang tersebut agar memiliki bayangan kalau tidak ada yang gratis di dunia ini.

4. Sabar Aja

Nah jika emang orang yang ngomong itu beneran ngeselin banget, usahakan di sabarkan saja, jangan ditanggepin lagi, biarin aja, kalau perlu block kontaknya. Karena udah masuk ke kategori toxic. Tapi kalau saya pribadi tidak nge block kontaknya, saya biarin aja, dalam beberapa kasus orang tersebut kembali lagi menghubungi saya dan mau bayar jasa saya.

Ya mungkin sekian tips singkat untuk mengatasi orang yang suk bilang gitu doang kok bayar? semoga membantu ya he he.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search