Home Aplikasi Begini 7 Cara Menggunakan Canva Secara Maksimal

Ditengah populernya canva saat ini, apakah kamu tahu hal unik apa yang bisa dilakukan lewat canva? Aplikasi desain ini banyak digunakan oleh semua orang dari berbagai kalangan karena memang mudah untuk digunakan. Selain itu, banyak hal juga yang bisa digunakan dengan aplikasi canva, bukan untuk buat poster saja.

Canva merupakan sebuah tools desain grafis yang dapat diinstal di smartphone atau dapat diakses melalui situs website Canva. Dari awal, Canva memang dirancang untuk membuat desain yang keren namun memiliki daya tarik tersendiri. Proses desain kamu akan menjadi saat mudah karena banyak fitur dalam satu tempat.

Canva itu Apa Sih?

Baru mendengar istilah Canva pertama kali? Atau hanya tahu canva hanya untuk desain poster saja? Maka kamu sangat perlu memahami apa saja yang dapat dilakukan oleh aplikasi yang satu ini. Dilansir dari situs Canva, diluncurkan tahun 2013, Canva merupakan alat bantu dalam proses desain dan publikasi online dengan misi untuk memberdayakan semua orang di seluruh dunia agar bisa membuat desain apapun serta dapat mempublikasikan karya desain di mana pun.

Canva dapat digunakan melalui aplikasi Canva di Smartphone atau bagi kamu yang gak ingin repot, Canva bisa diakses melalui situs website Canva dengan fitur yang sama dengan fitur pada Canva lewat aplikasi. Di Website Canva, kamu dapat melihat desain unik dan keren yang dibuat melalui Canva.

Gak salah jika kamu berpikiran Canva hanya bisa bisa buat poster atau desain sejenisnya. Karena fitur yang disediakan memang berupa template dan elemen-elemen untuk menyusun desain poster. Apalagi ada elemen gratis yang tak kalah menarik dengan berbayar. Karena semakin mudahnya penggunaan dan juga sangat mudah diakses, ternyata canva bisa digunakan untuk membuat sesuatu yang lebih menarik lho. Mungkin bisa dibilang aplikasi ini merupakan tool seribu manfaat. Yuk simak apa aja yang bisa dibuat oleh Canva!

Hal Unik yang bisa dilakukan di Canva!

1.     Berguna untuk bisnis untuk buat konten Instagram.

Apakah kamu sedang menjalani bisnis namun gak ngerti soal desain sama sekali. Canva memang dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna soal desain secara mudah dan fleksibel. Kamu sebagai orang awam pun akan cepat mengerti cara mengaplikasikan canva untuk membuat desain produk yang akan ditawarkan di Instagram.

Konten Instagram sangat cocok dibuat dengan Canva karena di dalam aplikasi memang disediakan template untuk membuat design untuk konten Instagram. Ada berbagai macam template yang disesuaikan dengan tema dari bisnis. Tentu saja, mulai dari template, font hingga elemen-elemen banyak yang dapat digunakan secara gratis. Namun apabila kamu ingin membeli lisensi premium, akan lebih banyak elemen profesional akan dapat diakses.

Misalnya dalam mendesain promo diskon produk, ada banyak elemen menarik dapat digunakan mulai dari desain yang elegan, menonjol, meriah dan lain sebagainya.

2.     Membuat CV (Curriculum Vitae) Buat Kamu yang ingin Melamar Kerja.

Tidak harus pusing-pusing dalam menentukan desain untuk curriculum vitae (CV), Canva telah menyediakan desain yang keren dan kreatif untuk pembuatan CV. Ini mungkin sangat keren bagi kamu yang baru tahu, ada ribuan hingga puluhan ribu template dengan desain mulai dari formal, estetik dan lain-lain.

Kamu bisa upload foto, menambahkan data diri, menentukan, mengubah atau menambah desain melalui satu aplikasi. Kamu juga bisa menentukan rasio ukuran sesuai permintaan dari tempat kerja atau keinginanmu. Apabila file CV tersebut diminta dalam bentuk PDF, Canva menyediakan berbagai jenis export berkas mulai dari png, jpg, pdf dan lain sebagainya.

3.     Desain Thumbnail Youtube Dengan Mudah.

Canva juga bermaat untuk Youtuber lho! Mungkin Canva memang tidak dirancang untuk memberikan pengalaman dalam edit video dengan fitur yang diperuntukkan, namun canva lebih cocok digunakan dalam membuat thumbnail video Youtube.

Buat kamu yang gak tau apa itu Thumbnail, sama halnya dengan cover pada buku. Thumbnail Youtube merupakan preview berupa gambar sebagai sesuatu yang menunjukkan tentang isi video oleh kreator atau untuk menarik penonton untuk membuka video melalui elemen yang menarik. So, buat kamu yang paham penggunaan Canva secara umum, langkah dalam membuat thumbnail video Youtube terbilang sederhana. Pengaplikasiannya dilakukan melalui menentukan rasio layar, memilih desain melalui template yang disediakan, mengisi konten berupa gambar, tulisan dan penambahan elemen yang juga telah disediakan, selesai deh!

4.     Membuat Video Pembelajaran atau Tutorial.

Tidak hanya digunakan untuk membuat desain gambar, Canva juga dapat digunakan untuk membuat video. Memang fitur yang ditawarkan sederhana, namun fitur tersebut sudah lebih dari cukup ketika digunakan untuk membuat video tutorial dengan animasi dan transisi. Iya, memang betul Canva menyediakan animasi dan transisi untuk mebuat elemen dan layer bergerak.

Sebetulnya, di bilah pencarian Canva sudah disediakan menu untuk membuat video. Sama halnya dengan membuat desain gambar, dalam membuat video Canva juga menyediakan template yang dapat di pratinjau terlebih dulu sebelum dibawa ke halaman editor.

Lalu fitur apa saja yang bisa dilakukan oleh Canva dalam mengedit video? Dilansir dari Canva, Canva menyediakan aksi untuk memangkas video, menambahkan animasi, menambahkan trek audio, hingga memutar otomatis, memutar ulang dan menyesuaikan kecepatan video. Tentu saja video yang sudah jadi dapat di download dengan format MP4.

5.     Bisa Dipakai Membuat Materi Presentasi.

Dengan hanya menggunakan aplikasi Canva yang dapat diakses melalui situs Canva, kamu bisa membuat materi presentasi. Iya, kamu gak salah dengar kok! Melalui aplikasi yang kaya fitur untuk memenuhi kebutuhan pengguna, melalui aplikasi Canva, kamu dapat membuat materi presentasi selayak menggunakan Power Point!

Media presentasi merupakan poin, penjelasan singkat yang dikemas melalui slide yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau cerita oleh presentator. Anggap saja  salah satu slide ingin menampilkan kesan yang elegan, melalui Canva kamu bisa memilih ribuan template dengan pencarian slide presentasi elegan. Dengan hadirnya membuat materi presentasi melalui Canva, kamu dapat mengedit lewat diberbagai laptop atau juga hp asal tertaut akun yang sama dan terhubung koneksi internet. Uniknya lagi, Canva bisa diekspor dan di download menjadi ppt dan dapat dibuka di Microsoft Power Point. Atau bagi kamu yang gak ingin repot pindah aplikasi, di Canva juga terdapat menu slide show. Keren bukan!

6.     Ingin mengerjakan bersama-sama! Bisa Menambahkan Kontributor!

Semakin indah jika semua project dapat dilihat atau dikerjakan secara bersama-sama. Canva memahami dan memudahkan pekerjaan penggunanya lewat fitur “Tambahkan Kontributor”. Melalui menu ini, kamu bisa mengundang dan mengajak rekan kerja untuk bersama-sama mengerjakan desain poster, presentasi, video dan lain-lain. Seru banget bila bisa kerja sama dengan rekan kerja, apalagi bisa dikerjakan dimana saja. Jadi tidak alasan lagi tidak punya aplikasi atau gak punya laptop asalkan terhubung dengan koneksi internet.

Lewat Canva, owner dan kontributor juga bisa melihat tata letak setiap editor di layer canva. Hal ini tentu memudahkan untuk melihat siapa yang mengedit desain, elemen, slide atau lainnya di dalam editor Canva. Cara kerjanya juga realtime, masing-masing editor dapat melihat kursor dan elemen yang diedit secara langsung.

7.     Membuat Undangan Ulang Tahun, Pernikahan atau acara lainnya.

Mengadakan suatu acara tanpa mengundang keluarga, teman, sahabat tentu agak aneh jika dilakukan. Tentu saat mengundang mereka membutuhkan media undangan berupa kartu undangan atau undangan online. Desain Undangan tersebut tentu bisa dibuat melalui Canva.

Gimana jika desain undangan itu panjang, apakah canva bisa membuat desain yang panjang? Tenang saja, kamu bisa akalin kok!  Atau kamu bisa buat desain dengan memisahkan desain menjadi beberapa lembar kerja dan disikan tumpukan layer. Bagi kamu yang gak tau layer, sebutan layer digunakan untuk lapisan-lapisan lembar kerja untuk meletakkan objek berupa elemen, teks, gambar dan lain sebagainya.

Biasanya surat undangan menggunakan font yang estetik dan menggunakan desain yang menarik. Canva menyediakan banyak pilihan font, dan tentu saja terdapat font yang cocok untuk undangan seperti Ailerons, Radnika dengan desain kontemporer. Apabila ingin membagikan undangan lewat online, kamu bisa membagikan undangan tersebut melalui fitur bagikan di samping menu simpan dan cetak.

Bukan hal yang mustahil bisa membuat berbagai jenis project melalui aplikasi Canva. Semoga dengan mengetahui informasi tersebut, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan lebih efisien dan fleksibel dari segi penggunaan, aplikasi dan waktu. Ayo tunjukkan hal unik Canva diatas kepada teman-temanmu.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search