Home Tutorial 3 Cara Mengatasi Suara Kipas Laptop Berisik Dijamin Ampuh
Debu Pada Body Belakang Laptop

3 Cara mengatasi suara kipas laptop berisik – Belakangan ini laptop saya sering sekali mengeluarkan suara yang berisik tidak seperti biasanya, suara tersebut ternyata berasa dari kipas laptop, awalnya saya pikir entah apa penyebabnya setelah ditelusuri ternyata ada beberapa penyebab suara kipas laptop berisik. Hal ini sangat lumrah terjadi, apalagi untuk laptop yang jarang di maintance bertahun-tahun, pasti akan mengalami juga.

Penyebab Suara Kipas Laptop Berisik

Sesuai pengalaman yang saya alami pribadi, ada beberapa penyebab kenapa tiba-tiba suara kipas dari laptop menjadi berisik dan kadang mengeluarkan udara yang panas.

1. Terlalu Banyak Buka Aplikasi

Dibandingkan beberapa bulan belakangan ini, saat ini saya lebih banyak membuka aplikasi di latar belakang seperti aplikasi honeygain, jadinya laptop yang saya pakai bekerja lebih ektra dari biasanya, alhasil dia lebih cepat kepanasan dan berakibat ke kipas laptop menjadi beruasa berisik.

Penyebab lainnya juga bisa terjadi ketika kita mencoba untuk menjalankan aplikasi yang ukurannya besar bahkan lebih besar dari spesifikasi laptop kita. Tidak hanya ngeblank, juga bisa membuat kipas laptop overload.

2. Debu Pada Body Belakang Laptop

Debu Pada Body Belakang Laptop

Nah ini kemarin yang saya temukan, hampir 2 tahun pemakaian tidak pernah saya bersihkan, alhasil debu nya banyak banget di area keluaran kipas laptop, bisa kamu lihat saja sendiri di gambar atas, numpuk debunya. Ketika laptop banyak debunya, juga bisa menjadi pemicu kenapa suara kipasnya berisik, itu dikarenakan udara yang keluar dihalangi oleh debu tersebut.

Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik

Untuk mengatasi suara kipas laptop yang berisik itu sebenarnya tergantung penyebabnya apa dulu, apa perlu ganti CPU, atau lainnya. Namun jika penyebabnya seperti 2 penyebab diatas, kamu bisa menggunakan cara berikut ini :

1. Hapus Aplikasi Berat Yang Tidak Penting

Jika di laptop kamu ada aplikasi yang berat, apalagi tidak terpakai, sebaiknya uninstall saja karena hanya memakan space penyimpanan saja, namun tidak digunakan. Cara ini sangat ampuh untuk mengatasi suhu cpu agar tidak bekerja secara ektra.

2. Bersihkan Debu Pada Bodi Laptop

Usahakan sebulan sekali melakukan maintance pada laptop, semisalnya selalu membersihkan debu pada bodi laptop, layar laptop, dan area laptop yang bisa dibersihkan. Caranya cukup mudah, bisa pakai kain atau tisu yang dibasahi dengan air biasa atau bisa pakai handsanitize yang spray. Saya sendiri pakai handsanitizer spray untuk membersihkan gadget saya.

3. Menggunakan Fan Coler Laptop

Ketiga kamu bisa pakai kipas ekternal atau fan coler untuk laptop, karena pemciu kipas berisik itu biasanya karena suhu bawah laptop yang panas, sehinga ketika kamu memakai fan coler ini akan bisa mengurangi panas pada laptop dan menghindari suara yang berisik pada kipas laptop tersebut.

Fan coler ini bisa kamu dapatkan di toko komputer terdekat, atau kalau lagi mager keluar, bisa pesan aja di toko online seperti shopee, lazada, tokopedia atau lainnya.

Penutup

Nah itulah dia penyebab suara kipas laptop yang sangat berisik dan cara mengatasinya sesuai pengalaman yang saya alami, dijamin aman dan laptop kembali normal. Semoga dapat membantu permasalahan laptop kamu.

Mungkin kamu juga tertarik untuk cara mempercepat laptop asus

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search