Home Tutorial Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) Yang Baik dan Menarik Untuk Pemula
cara membuat cv

Saat melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, baik startup ataupun corporate pasti butuh yang namanya persyaratan CV (Curriculum Vitae). Beberapa pekerja begitu paham atau tidak tahu gimana cara buat CV sehingga terkadang buat CV saja bisa butuh jasa. Tentu hal ini kurang ekonomis, karena merepresentasikan data diri dan keahlian pada sebuah lembar halaman saja perlu keluar cuan.

Perlu kamu tahu, CV menjadi pintu pertama untuk mengenal pelamar kerja di perusahaan. Biasanya di perusahaan, CV diterima oleh HRD terlebih dahulu. Apabila kualifikasi pelamar cocok dengan ketentuan yang diminta baru diteruskan ke divisi atau departemen terkait.

Maka dari itu penting untuk membuat dan mendesain CV dengan informatif dan menarik. Ketika memenuhi kondisi tersebut, akan lebih lebar peluang dalam mendapatkan pekerjaan yang dilamar. Untuk itu, akan lebih baik kamu tahu apa itu pengertian dari CV (Curriculum Vitae).

Apa itu CV (Curriculum Vitae) ?

Curriculum Vitae atau sering disingkat CV adalah salah satu dokumen persyaratan wajib saat melamar pekerjaan. CV merupakan dokumen yang berisikan informasi mengenai data diri dan riwayat hidup seseorang yang dikemas melalui teks singkat. Di dalam dokumen CV, informasi yang ditampilkan yaitu poin-poin data diri seseorang yang dibuat secara menarik dan informatif untuk melamar pekerjaan.

Pada dasarnya, selama CV menampilkan informasi yang dibutuhkan perusahaan, maka CV tersebut sudah dapat digunakan. Namun sangkut paut informasi perlu ditata dan terkelola dengan baik ke dalam selembar halaman, agar memang terkesan memberikan informasi yang lebih baik. Maka dari itu, sebelum buat CV akan lebih baik bila memahami kriteria yang bagaimana yang dibutuhkan perusahaan, apakah lebih ke soft skill, hard skill ataupun keduanya.

Tidak ada salahnya jika kamu mempersiapkan CV sedini mungkin. Tentu CV yang akan dipakai nanti ketika melamar pekerjaan disesuaikan terlebih dahulu dengan target perusahaan. Tenang saja, kamu dapat belajar mengelola informasi yang dibutuhkan mulai dari informasi terkait data diri, keahlian dan juga kemampuan. Dari sini juga kamu dapat memahami gimana pertimbangan kemampuan atas target posisi pekerjaan yang ingin dilamar.

Bentuk CV yang baik adalah informasi yang ditampilkan terstruktur, penulisan informasi rapi, desain yang menarik dan masih banyak lagi. Hal yang terpenting yaitu mampu membuat pembaca membayangkan dan dapat mengerti bagaimana rupa, kemampuan pemilik CV tanpa pernah bertemu secara langsung. Untuk lebih jelasnya, mari simak struktur penulisan CV yang baik dan benar.

Struktur Halaman CV (Curriculum Vitae) yang Baik dan Benar.

Lembar CV dibuat dengan menampilkan beberapa informasi sebagai berikut.

  1. Data diri, merupakan data yang membuat informasi seseorang. Data diri yang dituliskan meliputi foto profil nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat domisili, alamat email serta nomor telepon aktif. Usahakan agar foto profil berpenampilan formal, akan lebih baiknya sesuaikan dengan kriteria perusahaan. Informasi yang disebutkan merupakan informasi data diri utama dan informasi agar dapat dihubungi sehingga informasi tersebut penting oleh perusahaan.
  2. Riwayat pendidikan, merupakan daftar pendidikan secara terurut yang telah ditempuh atau sedang dijalani. Atau bisa saja menampilkan riwayat pendidikan terakhir, sehingga isi CV akan lebih simpel namun tetap menampilkan informasi yang informatif.
  3. Keterampilan, kemampuan, keahlian yang dimiliki. Hal ini menjadi salah satu penentu saat perusahaan, baik HRD atau departemen terkait lainnya melihat isi CV. Keahlian tersebut tentunya memberikan keterangan yang kompatibel dengan posisi yang akan diramal, sehingga meningkatkan peluang diterima pada posisi.
  4. Pengalaman kerja, menjelaskan posisi pekerjaan, lama bekerja dan perusahaan yang pernah ditempati sebelumnya. Poin ini menjadi hal penting baik dari sisi pelamar yang menuliskan ke dalam CV ataupun perusahaan yang membandingkan persyaratan dengan kualifikasi pelamar. Penting untuk memberikan penjelasan secara singkat namun on poin terkait informasi pengalaman kerja. Sertakan juga pengalaman magang ataupun kegiatan berorganisasi yang pernah dilakukan.

 

Informasi yang ditulis dalam CV perlu dibuat secara ringkas namun rinci. Jadi jangan menampilkan informasi memang tidak diperlukan yang alah akan membuat pembaca menjadi ragu akan pengalaman pembuat CV terkait mempresentasikan informasi.

 

Hal Penting dalam Membuat CV.

Selain informasi yang terstruktur, terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam membuat CV. Berikut ini hal penting yang harus diperhatikan dalam mebuat CV.

  1. Perhatikan gaya tulisan dalam mempresentasikan informasi. Jika kamu sudah mempunyai cukup informasi mengenai apa yang akan ditulis ke lembar CV kamu juga harus tahu gimana gaya penulisan di dalamnya. Maksud dari gaya penulisan yaitu gimana cara kamu menyampaikan informasi kepada pembaca. Memang di dalam CV informasi yang ditampilkan singkat singkat pada setiap poin. Namun ada beberapa informasi yang ditulis dalam bentuk kalimat seperti keahlian. Hal ini harus dapat dikomunikasikan dengan tepat walaupun hanya dalam bentuk satu kalimat. Walaupun terlihat sepele, kamu perlu membuat penulisan dengan SPOK (Subjek, Predikat, Objek, Keterangan). Selain itu, kamu harus menggunakan bahasa penulisan yang baku agar menjadi dokumen formal.
  1. Hal penting berikutnya yaitu hindari kesalahan dalam penulisan seperti typo, penggunaan kata garis miring dan tanda baca. Ini memang termasuk hal kecil, tetapi hal ini akan berpengaruh besar kepada kualitas penulisan. Penggunaan garis miring berguna untuk kata yang dimasukkan termasuk istilah asing. Tanda baca menjadi penekanan pada sebuah kalimat agar pembaca lebih memahami apa yang disampaikan penulisan. Jangan sampai CV selembar terdapat kata yang typo yang berakibat mengganggu pembaca ataupun pertimbangan perusahaan.
  2. Informasi yang disampaikan terstruktur, namun akan lebih baik tidak terlalu panjang atau tidak terlalu pendek setiap poinnya. Dari beberapa poin yang sudah dijelaskan diatas, penting untuk memilah informasi agar dinilai efektif. Jangan sampai salah satu poin mengambil tempat setengah halaman bahkan lebih. Penjelasan ini bukan bermaksud agar jumlah kata pada setiap poin harus sama, namun lebih ke penekanan informasi yang variatif. Jika memang keahlian yang dimiki cukup banyak, maka cantumkan atau tulis yang relevan atau sesuai dengan posisi yang dilamar.
  1. Menggunakan format tata letak yang menarik perhatian pembaca. Salah satu hal unik dalam membuat CV yaitu tidak ada format tata letak yang harus sedemikian rupa. Jadi kamu bisa berkreasi sebaik mungkin dalam memberikan pengalaman pembaca. Tata letak yang baik yaitu mampu mengirimkan informasi dengan baik. Biasanya struktur CV dimulai dengan menampilkan foto profil dan data diri lainnya, lalu diikuti informasi seperti jenjang pendidikan, pengalaman kerja dan lain sebagainya.
  1. Desain CV juga menjadi salah satu faktor pendukung selain dalam menyajikan informasi CV. Desain dalam pembuatan CV tidak meliputi penggunaan warna saja, namun juga margin, padding, penggunaan font untuk tulisan dan masih banyak lagi. Desain memberikan kualitas CV dari segi estetika dan ketertarikan pembaca.

Bagaimana jika kamu tidak jago dalam urusan desain? Tenang saja, sekarang banyak sekali template yang disediakan oleh platform pembuatan CV online. Kamu bisa memilih dan menyesuaikan tampilan dengan salah satu tema.

Apakah template tersebut berbayar? Memang beberapa template dalam membuat CV itu berbayar, atau proses pembuatan CV dari awal hingga selesai ada jaja yang berbayar. Tapi tenang saja, beberapa template dapat dipakai secara mudah dan gratis. Beberapa template juga memberikan kualitas desain yang profesional walaupun gratis kok!

Disini kami akan menyampaikan salah satu tempat pembuatan CV mudah, beragam template dan tentunya banyak template yang gratis-gratis.

Tempat Membuat CV Gratis Secara Online.

Apakah kamu tahu Canva? Aplikasi yang biasanya digunakan untuk desain ini ternyata juga bisa digunakan untuk membuat CV. Curriculum Vitae memang dibentuk dalam format gambar (png, jpg) atau format PDF sehingga Canva mendukung format tersebut.

Lalu, apa saja kemudahan membuat CV dengan aplikasi Canva. Berikut ini kami rangkum kemudahannya!

  1. Pembuatannya yang sangat mudah, karena hanya butuh beberapa proses saja.
  2. Banyak template yang dapat digunakan, bahkan banyak juga template gratis. Jadi cocok untuk kamu yang ngerti desain.
  3. Kamu bisa kustom template melalui menu filter, jadi akan lebih mudah untuk menemukan template seperti dengan gaya elegan, profesional dan lain-lain.
  4. Bisa dibuat di Smartphone. Bagi kamu yang gak punya laptop tenang saja, pasalnya Canva bisa digunakan lewat aplikasi pada sistem operasi Android atau iOS. Selain itu Canva juga bisa diakses lewat situs website.

Jika kamu tertarik dengan kegunaan canva, coba simak artikel ini Begini 7 Cara Menggunakan Canva Secara Maksimal

Jadi gimana, apakah kamu sudah siap mempersiapkan informasi CV dari sekarang. Untuk informasi menarik lainnya, coba kunjungi artikel lain di Website kami.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search