Home WordPress Apa Itu Blogroll?, Manfaat dan Cara Membuatnya
apa itu blogroll
Ilustrasi untuk blogroll

Didalam dunia blogging ada istilah yang namanya Blogroll, jika kamu masih asing dengan istilah tersebut di artikel ini mari kita bahas mengenai apa itu blogroll?

Pengertian Blogroll

Blogroll adalah kumpulan link yang mengarah ke halaman website milik orang lain atau milik kita sendiri yang ditaruh pada halaman homepage atau single page di website yang kita miliki. Umumnya blogroll itu ditaruh di sidebar dari suatu website, agar lebih mudah dan lebih potensial untuk di klik oleh pengunjung.

Manfaat Blogroll

Adapun manfaat dari blogroll adalah untuk melakukan link building agar website yang diberikan link itu bisa memiliki rank yang bagus di search engine seperti Google. Secara umum, blogroll ini mirip seperti backlink, hanya saja tidak dalam bentuk artikel atau konten. Tetapi berupa link yang langsung dipasang pada sidebar, footer, atau header website dengan menyesuaikan anchor text nya.

Cara Membuat Blogroll

Jika kamu pengguna wordpress, kamu bisa membuat blogroll dengan cara memasang widget html khusus lalu memasukan kode berikut ini :

<a href=”link web 1“>Blogroll 1</a>
<a href=”link web 2“>Blogroll 2</a>
<a href=”link web 3“>Blogroll 3</a>

Kamu bisa menyesuaikan link web nya, dan anchor text nya, misal urlnya https://digitalkit.id anchor nya Digitalkit Indonesia, dan sejenisnya bisa disesuaikan saja.

Setelah itu simpan widget html tersebut, dan lihat halaman website kamu, maka nanti akan otomatis muncul link blogroll sesuai dengan yang kamu buat. Biasanya efek dari blogroll ini tidak langsung terasa, namun butuh waktu agar rank web bisa meningkat dengan catatan website sumber blogroll itu kualitasnya bagus.

Sepengalaman saya, butuh waktu beberapa minggu agar keyword yang dijadikan blogroll ini naik posisi rank nya di Google, juga terpengaruh dengan jumlah link tersebut di kunjungi/ diklik oleh pengunjung web sumber blogroll. Namun bisa jadi akan berbeda hasilnya pada website kamu, karena mungkin persaingan dari keyword yang dijadikan blogroll juga berbeda.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search