Home Literasi Pengertian, Skema dan Manfaat dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Pengertian MBKM – Apakah kamu sekarang sedang duduk dan belajar di perguruan tinggi? Pembelajaran di kampus memang memberikan pengalaman belajar yang berbeda dibandingkan dengan jenjang SMA atau SMK. Pada konsep pembelajaran di perguruan tinggi, kerap kali memakai gaya pembelajaran dimana dosen menjadi sumber utama. Namun tidak hanya itu, mahasiswa/i juga dituntut terus aktif selama proses pembelajaran.

Hal ini tentu mengakibatkan kemampuan mahasiswa/i kurang mandiri, karena mungkin saja tidak sepenuhnya menunjukkan kemampuan mahasiswa/i. Pada pembelajaran di perguruan tinggi, pada dasarnya perguruan tinggi menerapkan sistem pembelajaran berbasis SKS (Satuan Kredit Semester). Artinya, setiap mata kuliah memiliki nilai SKS dari pembelajaran teori dan juga prakteknya.

Akibat dari kondisi pembelajaran yang kurang inovatif, muncul gagasan baru dan kini sudah menjadi program Kementrian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud) yaitu program untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa/I untuk belajar di luar kampus. Program tersebut yaitu Merdeka Belajar Kampus Mengejar atau sering dikenal MBKM.

Apa itu MBKM?

Melansir situs web kampus merdeka, Merdeka Belajar Kampus Mengajar merupakan program persiapan karir yang komprehensif untuk mempersiapkan generasi. Mahasiswa/i diberi kesempatan untuk mengasah mereka di luar kampus sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai langkah untuk mempersiapkan karir kedepannya.

Maksud atau makna dari Merdeka belajar yaitu memberi kesempatan untuk kebebasan untuk memilih skema atau bidang yang mereka sukai, jadi mereka ada kelonggaran untuk mendedikasikan dirinya sesuai bakat dan minat asalkan memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Lalu apa syarat untuk mengikuti program MBKM?

Dilansir dari kampus merdeka, berikut ini syarat dalam mengikuti MBKM

Perguruan Tinggi harus merupakan Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta dan berada di bawah Kementerian Kemendikbud.
Mahasiswa yang dapat mengikuti program MBKM harus berstatus aktif dan hanya dapat mengikuti 1 (satu) program per periode dengan catatan jika mahasiswa lulus atau mengikuti yudisium sebelum program berakhir maka akan dianggap mengundurkan diri dari program MBKM.

Selain syarat yang disebutkan diatas, terdapat syarat lainnya berdasarkan skema MBKM dari kampus merdeka. Untuk lebih jelasnya, akan lebih baik kamu mengunjungi situs Kampus Merdeka.

Apa Saja Program Kampus Merdeka?

Pada Kampus Merdeka, terdapat 9 program yang bisa kalian ikuti apabila memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Berikut ini daftar program/skema pada Kampus Merdeka:

Kampus Mengajar

Bagi kamu yang ingin melatih dan meningkatkan skill dalam praktik mengajar, program ini cocok buat kamu. Dalam program ini, mahasiswa menjadi mitra bagi sekolah pada jenjang SD hingga SMP dan menjadi pendamping dari guru. Kamu berkesempatan juga untuk mengasah public speaking yang mana kamu dituntut untuk memberi pelajaran di depan kelas.

Lalu apa yang diajarkan di sekolah, tentu banyak pembelajaran bisa dilakukan mulai numerasi, pengenalan teknologi informasi dan masih banyak lagi. Tenang saja, program ini akan diakui menjadi konversi 20 SKS, jadi gak perlu khawatir.

Program Magang Bersertifikat

Berapa mahasiswa setelah lulus ingin cepat bekerja, bahkan ada juga yang ingin kuliah sambil kerja. Apakah kamu juga? Program magang ini pasti cocok buat kamu. Sama dengan Kampus Mengajar, program magang ini akan dikonversi menjadi stara 20 SKS. Di program magang, mahasiswa akan terjun ke dunia kerja, sehingga yang benefit yang diperoleh tentu banyak.

Di mitra magang, kamu akan memperoleh relasi dengan pekerja lainnya. Magang sangat cocok bagi kamu yang ingin memiliki relasi dengan karyawan dan juga perusahaan.

Kamu juga mendapat ilmu yang relevan untuk menunjang karir kedepannya. Mungkin saja, ilmu tersebut tidak didapatkan saat duduk di bangku kuliah. Sangat cocok untuk kamu apabila ingin menerapkan ilmu dari kampus dan mempraktekan di tempat magang.

Mitra magang biasanya sudah menjalin kerja sama dengan pihak Perguruan Tinggi. Ada juga mitra magang yang mungkin tidak asing di telinga mu seperti Tokopedia, Glints dan masih banyak lagi, sektor magang juga ada banyak pilihan seperti teknologi, BUMN dan lain-lain..

Selain itu, kamu akan mendapat uang saku sesuai perjanjian yang telah ditetapkan. Biasanya terdapat perjanjian antara perusahaan dan kampus sebelumnya mengenai uang saku. Jadi gimana tidak enak, status mahasiswa kerasa bekerja, dikonversi setara 20 SKS, dapat uang saku juga.

KKN Tematik

Program KKN Tematik merupakan program MBKM untuk mengidentifikasi kondisi dari suatu wilayah dan memberikan peran pembangunan atas kedatangan mahasiswa. Mahasiswa akan dihadapkan pada kenyataan geografi, ekonomi dan sosial masyarakat dan diharapkan dapat mengembangkan potensi dari kondisi tersebut.

Ketika kamu mendengar pembangunan desa, pembangunan tersebut tidak berarti pembangunan yang dilakukan secara fisik saja. Dalam mengembangkan kemampuan mahasiswa, pada KKN Tematik juga diharapkan mengembangkan kemampuan masyarakat setempat seperti pengenalan teknologi informasi yang mendorong kita harus berpartisipasi di dalamnya.

Jiwa leadership akan benar-benar terlatih disini, sebagai bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) kamu akan didorong untuk mandiri dan menjadi pemimpin yang handal.

Studi Independen

Studi Independen merupakan program MBKM dengan bentuk pembelajaran yang mengembangkan diri dan memberikan kesempatan untuk melakukan riset dalam mendorong ide inovatif mahasiswa. Jadi kegiatan yang kamu lakukan yaitu mempraktekkan kompetensi yang kamu minati dalam proyek riil.

Jika kamu takut karena belum jago memahami suatu studi, tenang saja karena kamu dapat berinteraksi dengan pakar untuk memahami penerapannya. Jadi selain belajar apa yang diminati dan ingin kuasai, kamu juga membangun koneksi dengan pihak yang relevan, merubah inspirasi dan aspirasi menjadi aksi serta mengembangkan kreativitas.

Riset atau Penelitian

Bagi yang gak sabaran dengan skripsi atau memang profesional dalam melakukan penelitian, akan salah jika membuang kesempatan untuk mengikuti program riset atau penelitian MBKM. Pada program ini, mahasiswa akan belajar di laboratorium atau pusat riset.

Melalui program MBKM Penelitian, mahasiswa diharapkan memiliki passion menjadi peneliti. Mahasiswa akan belajar mendefinisikan masalah, mengeksplorasi teori dan metode, menemukan solusi dari permasalahan dan memperluas ilmu pengetahuan. Belajar penelitian juga harus memiliki rasa tanggung jawab atas setiap hasil solusi atas permasalahan yang diteliti.

Program Kewirausahaan

Menjadi seorang wirausaha tidak bisa terwujud hanya melalui melalui pemikiran saja, namun harus dengan prakteknya langsung. Dengan mengikuti program MBKM kewirausahaan, kamu akan mendapat banyak hal mulai dari peningkatan kompetensi menjadi seorang wirausaha, menyusun perencanaan proposal wirausaha, serta praktek secara langsung.

Tenang saja, menjalankan kegiatan wirausaha akan dimonitoring oleh dosen pembimbing lapangan atau mentor kewirausahaan. Program ini diharapkan memperkuat kemandirian ekonomi Indonesia yang salah satunya dari tangan mahasiswa. Selain itu, kemampuan generasi milenial dan Z diharapkan mendukung percepatan ekonomi digital.

Program Pertukaran Pelajar

Pertukaran Pelajar atau Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan program MBKM untuk memperluas pengetahuan dan koneksi melalui sarana belajar lintas kampus. Tidak hanya ilmu dari kampus saja, kamu juga dapat mengeksplor keberagaman budaya dan juga berteman dengan mahasiswa dari daerah lain.

Kamu akan mempelajari kultur budaya dan juga kehidupan sosial disana, bagaimana cara beradaptasi di lingkungan tersebut. Siapa tahu, dengan mengenal lebih banyak budaya akan menjadi potensi ide untuk karirmu.

Indonesian International Student Mobility Awards.

Ingin keluar negeri juga bisa terjawab dengan mengikuti program MBKM juga. Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) merupakan program untuk mendanai mahasiswa untuk melakukan mobilitas ke universitas di luar negeri, keren bukan!

Melalui program ini, tidak menutup kemungkinan untuk meningkatkan keterampilan melalui pandangan baru. Dengan belajar di Universitas mitra luar negeri, kamu akan belajar juga mengenai budaya di negara tersebut.

Proyek Kemanusiaan.

Dengan hadirnya program ini, mahasiswa diharapkan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan sebagai salah satu dari lima dasar negara Indonesia. Perubahan globalisasi tidak memudarkan nilai kemanusiaan namun terus menghidupkannya. Selain itu, mahasiswa diharapkan mampu lebih paham dalam berbaur dengan masyarakat, praktik saling membantu dan menemukan solusi untuk mendorong nilai kemanusian

Hal ini juga mengingatkan kepada posisi makhluk sosial dimana manusia tidak dapat hidup sendiri. Dengan begitu, akan tercipta pengetahuan tentang kepekaan sosial dan humanity pada diri mahasiswa.

Manfaat Mengikuti Program MBKM Kampus Merdeka

Apabila kamu telah memenuhi syarat mengikuti program MBKM dan ingin mendaftar, info pendaftaran dapat kamu kunjungi di situs Kampus Merdeka. Program MBKM dari setiap program tentu memberikan manfaat tidak hanya ilmu namun juga keterampilan dan sikap. Untuk lebih detailnya, berikut ini manfaat dan alasan mahasiswa harus mengikuti kegiatan MBKM:

  1. Suasana segar dan baru dalam mempelajari ilmu baru di lapangan, dan setiap program akan dikonversi menjadi SKS.
  2. Mebangun relasi dan koneksi baru dengan mitra yang terkemuka.
  3. Belajar namun juga meningkatkan keterampilan pada suatu bidang yang dimonitoring oleh pembimbing atau mentor.
  4. Belajar sekaligus mengenal lingkungan luar secara nyata, dapat meningkatkan leadership dan kemandirian.
  5. Uang saku selama proses belajar, tentu hal ini juga mendorong semangat mahasiswa.

Gimana, tertarik gak mengikuti program MBKM dengan banyak program yang bisa dipilih. Dengan adanya setiap program ini, diharapkan mahasiswa dapat menguasai bidang serta mengeksplorasi ilmu baru.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search