Home Literasi Payment Gateway: Pengertian, Cara Kerja, Contoh Hingga Keuntungan Penggunaanya
payment gateway

Pada layanan platform e-commerce di Indonesia, pasti tidak lepas dari peran payment gateway. Layanan ini berguna dalam melakukan pembayaran dengan cepat dan otomatis. 

Mungkin kamu sudah mengetahui contoh-contoh payment gateway, mengingat berbagai transaksi dilakukan lewat online. Proses pembayaran dengan transaksi kredit apakah termasuk payment gateway? Untuk lebih jelas, mari kita simak definisi payment gateway terlebih dulu.

Apa Itu Payment Gateway?

Payment Gateway adalah proses membaca serta transfer informasi dari satu pengguna ke pengguna lain dengan menghubungkan rekening bank ke pihak payment. Bila dilihat dari akar katanya, payment gateway berarti gerbang pembayaran yang merujuk pada penggunaan API (Application Programming Interface).

Pada e-commerce, payment gateway tersedia untuk mempermudah transaksi antara pelanggan dan penjual. Tidak hanya mempermudah, adanya sistem enkripsi pada nomor kartu kredit maupun debit agar tetap membuat transaksi menjadi lebih aman. Adanya payment gateway juga didukung oleh menjamurnya pilihan payment gateway seperti e-wallet yang dimana pembuatannya terasa mudah.

Dalam sejarahnya, payment gateway diresmikan pertama kali di Indonesia pada 4 Desember 2017, tepatnya di Jakarta oleh Bank Indonesia. Sistem gateway di Indonesia diberi nama Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang ditetapkan pada peraturan Bank Indonesia N0. 19/8/PBI/2017 serta Peraturan Anggota Dewan Gubernur No.19/10/PADG/2017.

Cara Kerja Payment Gateway

Setelah tahu apa itu payment gateway, tentu kamu berpikir bagaimana cara kerja sehingga proses pembayaran yang terjadi bisa simpel dan efisien. Secara garis besar, cara kerja payment gateway bisa dipecah menjadi beberapa bagian yaitu:

1. Transaksi oleh pengguna yaitu konsumen.

Bayangkan saja kamu ingin membeli baju kaos di salah satu e-commerce. Tentu sebelum masuk pembayaran, user yaitu konsumen akan memutuskan untuk checkout produk terlebih dulu. Kemudian, akan muncul halaman pembayaran dan opsi yang tersedia yaitu beberapa opsi pembayaran dengan payment gateway. Bisa saja, opsi payment gateway akan otomatis terpasang sebagai rekomendasi pembayaran di e-commerce.

2. Informasi diteruskan ke payment processor.

Saat user memilih salah satu opsi pembayaran payment gateway, informasi diteruskan ke payment processor. Jadi, informasi pembayaran akan diteruskan ke sumber payment yang dipilih oleh konsumen. Semisal pengguna memilih transfer bank, maka payment gateway otomatis mengalihkan ke bank yang dipilih.

3. Payment processor meneruskan informasi ke asosiasi penerbit.

Selanjutnya, Payment processor secara otomatis menginformasikan bahwa terjadi transaksi kepada asosiasi penerbit, baik berupa Mastercard atau Visa. Selain itu, payment gateway juga dapat menghubungkan dengan bank-bank yang bekerja sama dengan payment gateway terkait.

4. Memberikan kode khusus atas transaksi.

Selanjutnya, asosiasi penerbit mengirim respon berupa kode khusus ke payment processor. Kode ini mirip seperti kode OTP, namun kode ini hanya diketahui oleh processor payment gateway dan penerbit kartu.

5. Transaksi berhasil.

Apabila proses tersebut tersanding dan terkonfirmasi, maka pembayaran dilakukan dan akan dinyatakan berhasil. Setelah itu, payment gateway akan melanjutkan informasi ke situs utama yaitu e-commerce. Dari sini, akan ada keterangan pembayaran beserta informasi pendukung mengenai pembayaran tersebut.

Apakah Payment Gateway Aman?

Tentu saja kemampuan dalam melakukan pembayaran secara aman dalam prioritas setiap pengguna. Lalu, apakah menggunakan payment gateway dapat menimbulkan resiko kerugian?

Salah satu komponen yang dimiliki oleh payment gateway yaitu mengamankan data dengan informasi tidak mudah bahkan tidak dapat dibaca. Payment gateway memberikan keamanan berlapis dan memberikan pengalaman tanpa hambatan.

Salah satu sistem keamanan yaitu enkripsi data. Misalnya saja, kamu mengisi data pembayaran sebelum melakukan transaksi. Data yang kamu kirim akan di enkripsi atau data tersebut akan diamankan dengan cara mengkonversi informasi tersebut dengan suatu metode sehingga tidak dapat dibaca oleh manusia biasa. Hal ini dapat menghindari penyalahgunaan data yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Selain enkripsi, juga ada keamanan SSL (Secure Socket Layer) yang berguna untuk proteksi informasi bersifat sensitif. Sistem keamanan ini biasanya diterapkan pada website dengan teknologi enkripsi data. SSL menjadi standar keamanan dengan melakukan enkrisi lalu lintas data dari web klien ke web server.

Kelebihan Dalam Menggunakan Payment Gateway

Sebagai sebuah inovasi untuk mempermudah pengguna, tentu payment gateway memiliki beberapa kelebihan yang memberikan keuntungan. Berikut ini beberapa kelebihan dalam menggunakan payment gateway.

1. Mempermudah transaksi.

Saat ini, payment gateway sudah diterapkan di banyak platform salah satunya e-commerce. Disini, payment gateway menjadi pilihan banyak orang karena mempermudah pembayaran. Kamu tidak perlu lagi keluar rumah untuk membayar transaksi, tidak perlu membayar ke penjual secara langsung, atau tidak perlu mengantri di ATM bank.

2. Opsi pembayaran beragam.

Saat ini, beragam opsi yang bisa dipilih dalam melakukan pembayaran. Opsi yang lebih banyak menjadi manfaat bagi pengguna sehingga kamu bisa memilih opsi mana yang lebih memberikan manfaat buatmu baik dari sarana yang ditawarkan. Biasanya, terdapat golongan pengguna yang memprioritaskan menggunakan salah satu payment gateway.

3. Cepat dan efisien.

Menggunakan payment gateway memang memberikan pengalaman pembayaran yang lebih cepat dan efisien. Pembayaran cukup dilakukan lewat perangkat digital tanpa berpindah dari perangkat tersebut. Kamu juga tidak perlu menunggu beberapa hari agar pembayaran sampai ke penerima. Oleh karena itu, pembayaran akan cepat terkonfirmasi karena memang payment gateway koheren dengan asosiasi penerbit secara langsung.

4. Keamanan ganda.

Kamu tidak perlu khawatir dengan keamanan pada payment gateway. Seperti yang telah dijelaskan diatas, payment gateway mempunyai beberapa lapisan keamanan, baik dari sisi tempat transaksi atau sistem payment gateway itu sendiri. Sehingga, data atau bahkan saldo tidak akan disalahgunakan oleh pelaku kejahatan.

5. Pertukaran kurs mata uang lebih mudah.

Payment gateway menawarkan pertukaran kurs secara real time. Bayangkan saja jika kamu pergi ke luar negeri, akan memakan banyak waktu bila mengantri untuk menukar kurs. Ini menjadi manfaat bagi beberapa orang dan memberikan keuntungan dari segi waktu, dan efisiensi.

Contoh Payment Gateway

Tidak akan lengkap jika tidak menyebutkan contoh payment gateway. Berikut ini beberapa contoh payment gateway yang terkenal di Indonesia bahkan diseluruh dunia.

1. PayPal

PayPal merupakan payment gateway yang sangat terkenal di seluruh dunia. Orang-orang banyak menyukai PayPal karena kemudahan transaksinya hingga ke luar negeri. Salah satu keunggulan dan keuntungan menggunakan PayPal yaitu user yang menggunakannya. PayPal menjadi pilihan bagi ratusan juta pengguna sehingga menarik orang menggunakan PayPal juga. Selain itu, tidak ada biaya bulanan yang dikenakan oleh PayPal dan juga tidak ada saldo minimum

2. DANA

DANA atau Dompet Digital Indonesia merupakan dompet digital yang telah terdaftar di Bank Indonesia dengan empat lisensi yaitu uang elektronik, dompet digital, Likuiditas Keuangan Digital, dan kirim uang. DANA juga tidak ada biaya administrasi bulanan sehingga saldo tidak akan terpotong. Pembayaran dengan DANA dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Selain itu, DANA memberikan fasilitas gratis yaitu transfer bank gratis pada 10 transaksi pertama.

3. Bank Mandiri

Bank Mandiri merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia dan menyediakan payment gateway di beberapa platform seperti e-commerce. Bank Mandiri menyediakan akternatif metode pembayaran seperti internet banking, kartu debit, kartu kredit dan lain-lain.

4. DOKU

Doku merupakan payment gateway yang begitu populer di Indonesia. Berbagai metode pembayaran disediakan seperti kartu kredit, kartu debit hingga virtual account (VA). DOKU dapat transfer dana ke semua rekening bank dan juga DOKU e-wallet.

Nah, demikian pembahasan mengenai pengertian payment gateway hingga contohnya. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengunjungi website resmi payment gateway seperti e-wallet untuk mengetahui fitur hingga service yang ditawarkan.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search