Home Literasi Kepribadian yang seharusnya agar mempunyai kemampuan interpersonal skill yang baik?
interpersonal skill

Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda, lalu bagaimana kepribadian yang seharusnya agar mempunyai kemampuan interpersonal skill yang baik?

Jawaban :

Kepribadian yang seharusnya agar memiliki kemampuan interpersonal skill yang baik adalah kepribadian yang ramah, empatik, dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Ramah itu apa? contoh kecil dari sikap ramah ini seperti semisal disapa oleh orang lain, kita menjawab sapaan mereka dengan senyum, dan jika berjabat tangan, biasanya menundukan bahu seraya menghormati orang yang sedang diajak berjabat tangan.

Banyak macam implementasi dari sikap ramah ini, contoh lainnya seperti bertutur kata yang baik, sopan, dan santun, tidak mengeraskan omongan ke lawan bicara.

Empatik itu sikap peduli dengan sesama yang ada di sekitarnya, turut merasakan apa yang dirasakan oleh orang sekitar, misal orang lain senang maka kita juga harus ikut senang, bukan sebaliknya.

Dan yang terakhir itu adalah komunikasi yang baik, maksudnya adalah ketika berbicara itu bisa menyesuaikan baik dari pemilihan kosa kata, maupun gerak tubuh saat bicara. Misal kita bisa bahasa inggris dan terbiasa berbicara bahasa inggris atau menggunakan istilah-istilah keren lainnya, namun ketika ketemu dengan orang yang kita tau bahwa mereka tidak menggunakan istilah tersebut, ya kita menyesuaikan akan bisa dipahami dengan baik.

Kemampuan komunikasi yang baik itu bukan berarti setiap ngomong pakai istilah keren, bahasa gaul kekinian, itu tidak salah hanya saja kita yang bisa menentukan kapan seharusnya menggunakan bahasa gaul dan kapan seharusnya menggunakan bahasa/kata-kata biasa yang mudah dipahami oleh orang lain.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search