Home Literasi Jenis Komunikasi Daring (Dalam Jaringan) Sinkron dan Ansinkron
jenis komunikasi daring

Berkomunikasi dengan orang lain adalah sifat manusia yang tidak dapat dilepaskan, karena kita hidup sebagai mahluk sosial yang pasti membutuhkan bantuan dan peranan orang lain di sekitar kita. Agar terjalinnya hubungan yang baik, maka perlu membangun komunikasi yang baik pula. Selain komunikasi secara langsung, tentunya juga bisa dilakukan dengan komunikasi tak langsung atau dengan menggunakan teknologi panggilan seperti telepon dan sejeninsnya yang disebut komunikasi daring.

Apa Itu Komunikasi Daring (Dalam Jaringan)?

Daring adalah kata yang ditujukan untuk seseorang yang sedang dalam kondisi terkoneksi dengan jaringan internet, istilah kerennya adalah Online. Tapi jika diserap ke bahasa Indonesia maka jadi daring (dalam jaringan), nah bisa disimpulkan komunikasi daring adalah komunikasi yang dilakukan dengan proses menggunakan perangkat elektronik yang terhubung dengan jaringan internet.

Dan sepertinya hampir dari kita semua pernah melakukan komunikasi ini, atau bahkan setiap hari melakukan komunikasi daring, baik dengan teman sekolah, maupun orang tua kita.

Didalam komunikasi daring ada 2 jenis, yaitu komunikasi sinkron dan komunikasi ansinkron, nah dikesempatan kali ini kita akan bahas kedua hal tersebut, mulai dari pengertian hingga congohnya.

Pengertian Komunikasi Daring Sinkron

Komunikasi sinkron adalah komunikasi yang memungkinkan pengirim dan penerima pesan berkomunikasi secara bersamaan dan realtime, dimana tidak ada hambatan yang terjadi sehingga informasi dapat diterima secepat mungkin. Saat ini ada banyak sekali media daring yang bisa digunakan untuk media komunikasi sinkron ini salah satunya adalah video conference seperti Zoom, dan Google Meet. Saat pandemi 2 tahun lalu pasti hampir semua kegiatan belajar mengajar menggunakan media tersebut. Nah proses tersebut juga termasuk ke dalam jenis komunikasi daring sinkron.

Contoh Komunikasi Sinkron

Seperti pengertian diatas, kalau komunikasi sinkron itu merupakan komunikasi secara real time atau nyata, maka ada beberapa contoh seperti:

  1. Panggilan telepon
  2. Video Conference
  3. Live chat
  4. Pertemuan tatap muka
  5. Presentasi

Pengertian Komunikasi Ansinkron

Komunikasi ansinkron merupakan lawan dari komunikasi sinkron, yang dimana komunikasi sinkron itu komunikasi yang terjadi secara real time maka komunikasi ansinkron tidak terjadi secara real time. Komunikasi ansinkron adalah komunikasi yang terjadi secara tidak langsung diantara pengirim dan penerima pesan, dimana pesan bisa saja tidak ditanggapi secara langsung saat pesan diterima seperti yang terjadi pada komunikasi kolom komentar di sosial media. Tentunya saat kita tidak online ada yang berkomentar dan setelah beberapa jam berlalu baru kita balas, itu bisa disebut dengan komunikasi ansinkron.

Contoh Komunikasi Ansinkron

Berikut beberapa contoh dari komunikasi ansinkron

  1. Pesan email
  2. Kolom komentar postingan di sosial media
  3. SMS
  4. Surat POS

Penutup

Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian dan contoh komunikasi sinkron dan ansinkron semoga dapat membantu dan menjadi bahan referensi tugas kalian.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search