Home Tutorial Cara Konfigurasi SMTP Gmail di Laravel
Cara Konfigurasi SMTP Gmail di Laravel

Sedikit ingin berbagi sekaligus jadi catatan pribadi saya untuk seting, atau konfigurasi SMTP Gmail pada project laravel untuk mengirimkan email notifikasi dan sejenisnya. Sebenarnya ada banyak cara untuk konfigurasi mail laravel ini, seperti pakai email hosting, tapi karena keterbatasan biaya sebagian orang memilih menggunakan gmail karena gratis dan pasti mereka punya akunnya, jadi lebih efisien.

Cara Konfigurasi SMTP Gmail di Laravel

Pertama silahkan lakukan konfigurasi pada file .env di project laravel kita, selanjutnya sesuaikan data yang diminta seperti:

MAIL_MAILER=smtp
MAIL_HOST=smtp.gmail.com
MAIL_PORT=587
MAIL_USERNAME=emailkamu@gmail.com
MAIL_PASSWORD=password aplikasiksi gmail (bukan password gmailnya ya)
MAIL_ENCRYPTION=tls
MAIL_FROM_ADDRESS=”emailkamu2@gmail.com
MAIL_FROM_NAME=”${APP_NAME}”

Kurang lebih seperti diatas pengaturan untuk menggunakan layanan SMTP mail dari Gmail, untuk mendapatkan mail_passwordnya silahkan kamu masuk ke halaman pengaturan akun Google kamu, atau Kelola akun Google. Masuk ke menu Keamanan dan verifikasi dua langkah.

Cara Konfigurasi SMTP Gmail di Laravel

Pastikan kamu sudah mengaktifkan verifikasi dua langkahnya, dan ketika kamu masuk ke menu verifikasi 2 langkah, dibawah nya ada menu Sandi Aplikasi. Silahkan kamu buat saja baru dengan nama bebas sesuai keinginan, dan klik dapatkan password. Nah password yang didapatkan dari sanalah yang kamu masukan kedalam file .env kamu.

Cara Konfigurasi SMTP Gmail di Laravel

Pastikan passwordnya berutuan ya, tanpa spasi apalagi tanda -.

Penutup

Sekian sedikit informasi mengenai cara konfigurasi smtp gmail pada project laravel, semoga dapat membantu ya. Mungkin kamu tertarik juga dengan panduan Cara agar project laravel local dapat diakses secara publik gratis.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search