Home Literasi Apa Itu Shared Hosting, Kelebihan dan Kekurangannya
apa itu shared hosting

Apa itu shared hosting? – Pengenalan seputar web hosting memang sangat perlu dilakukan, apalagi bagi siswa dan mahasiswa yang bergelut dengan jurusan IT. Karena pengetahuan seputar server hosting menjadi basic mereka ketika ingin membuat dan mengonlinke aplikasi web mereka ke Internet. Jadi pastilah web hosting harus diketahui, sebab banyak peluang yang bisa didapatkan dengan mendalami ilmu web server ini.

Salah satunya adalah penjualan hosting, hosting sendiri merupakan ruang untuk menyimpan data berharga sebuah website di Internet. Hosting sendiri banyak jenisnya, ada Shared hosting, Dedicated Hosting, Cloud hosting, Virtual Private Server (VPS), dan Dedicated server.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi mengenai apa itu shared hosting.

Pengertian Shared Hosting

Shared hosting adalah jenis komputer server yang sumber daya atau resource nya dapat digunakan secara bersama-sama dengan pengguna lainnya, atau disebut dengan sharing resource. Walau dikatakan sharing resource data antara pengguna satu dan lainnya tidak akan terganggu karena masing-masing memiliki control panel yang membatasi akses antar pengguna.

Yang dimaksud dengan sharing adalah pada penggunaan sumber daya nya seperti RAM, dan lain-lain. Sehingga ketika ada pengguna lainnya yang websitenya overload mungkin karena kebanjiran traffic kemungkinan besar website lainnya yang di hosting pada server shared hosting yang sama akan terkena efeknya juga.

Bisa jadi ikutan jadi lemot, dan sebagainya. Untuk shared hosting dari segi harga relatif lebih murah ketimbang jenis server lainnya seperti cloud hosting, vps, dan dedicated.

Kelebihan Shared Hosting

Shared hosting memiliki kelebihan dari segi biaya, karena dia berbagi sumber daya dengan pengugna lainnya, maka hosting ini jauh lebih murah dibanding VPS atau hosting lainnya. Dan jika ada orang yang baru terjun ke dunia website, maka membeli shared hosting adalah pilihan yang tepat untuk permulaan. Selain itu kita sebagai user tidak perlu ribet melakukan konfigurasi server mandiri, karena sudah dilakukan oleh provider hosting yang bersangkutan, kita hanya tinggal pakai saja.

Kekurangan Shared Hosting

Kekurangan dari shared hosting dari pengalaman pribadi saya adalah kadang website jadi lemot padahal website gak ada file yang besar, ini mungkin karena efek berbagi sumber daya server dengan pengguna lainnya.

Baca Juga: Perbedaan Server Indonesia dan Singapura

Penutup

Nah mungkin itulah sedikit informasi mengenai pengertian shared hosting, kelebihan dan kekurangannya berdasarkan pengalaman pribadi saya selama 3 tahun lebih menggunakan shared hosting untuk bisnis.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search