Home Literasi Apa Itu Joint Venture (JV) dalam Bisnis (Contoh dan Manfaatnya)
Apa Itu Joint Venture
Apa Itu Joint Venture

Apa Itu Joint Venture (JV) – Belakangan ini lagi rame nih istilah kata Join venture (JV), namun istilah join venture ini sudah lama ada dan sering digunakan oleh perusahaan besar yang ingin membangun kerjasama. Nah di artikel ini mari kita bahas sama-sama mengenai pengertian dari join venture, dan siapa tau kamu tertarik untuk menjalankan JV ini ke calon partner kamu.

Apa Itu Joint Venture (JV) dalam Bisnis

Joint venture (JV) bisa dikatakan mirip seperti investasi, bisa memiliki kemungkinan kerugian, definisinya sendiri dari Joint venture adalah suatu kemitraan bisnis antara 2 pihak atau lebih baik itu badan perusahaan maupun individu yang menginginkan untuk bekerja sama demi mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

Dalam prosesnya, masing-masing pihak yang terlibat dalam JV ini akan dengan senang hati berbagi sumber daya, modal atau teknologi yang mereka gunakan untuk mencapai tujuan bersama, dan mereka juga berbagi keuntungan yang didapatkan serta kemungkinan resiko yang didapatkan nantinya,

Jadi kedua belah pihak sepakat untuk menerima resikonya masing-masing.

Contoh dari Joint Venture (JV)

Contoh sederhana joint venture, misalnya saya memiliki usaha UMKM berupa produk makanan ringan seperti basreng, keripik tempe, keripik pisang dan sejenisnya. Namun saya tidak mengetahui tentang dunia internet marketing, gak ngerti cara kelola sosial media, cara ngiklan, dll.

Nah saya kenal kamu nih, kebetulan kamu orangnya IT- banget, ngerti semuanya tentang dunia internet, terus kita kerja sama dah tu, saya siapkan produknya dan modal untuk ngiklan, terus kamu yang operasikan iklannya, jadi kamu tidak perlu ngeluarin modal sama sekali buat ngiklan, semuanya saya yang tanggung.

Disisi lain, kita sudah mengajukan kontrak kerjasama seperti pembagian keuntungan dan menerima resiko kegagalan bersama-sama.

Manfaat dari Joint Venture

Ternyata dengan menjalankan program joint venture ini ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan :

  1. Solusi untuk meningkatkan performa bisnis, seperti contoh diatas, ketika ada yang punya produk ingin jualannya makin dikenal tapi tidak tau caranya, maka mencari partner yang ahli dibidangnya adalah solusi yang tepat
  2. Meningkatkan efisiensi, maksudnya ketika melakukan JV kan kita menyatukan sumber daya tuh, jadinya bisa hemat waktu untuk mengerjakan bidangnya masing-masing tanpa harus mengkhawatirkan bidang lainnya karena sudah dihandle oleh partne jv.
  3. Jangkauan pasar lebih luas, yang biasanya kita promosi hanya dikenal oleh orang sekitar saja, ketika melakukan JV mitra kita akan membantu dalam mengenalkan produk kita ke pasar yang baru.

Penutup

Joint venture ini salah satu jenis strategi dalam bisnis yang sangat cocok dijalankan oleh berbagai jenis usaha yang ada, karena sangat membantu dalam peningkatan performa bisnis. Selain itu juga tidak terlalu rumit dalam menjalankan joint venture.

Baca Juga: Apa itu Bussines Model Canva

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search