Home Programming Apa Itu CRUD dalam Programming?
pengertian crud

Daftar isi: [Hide]

  1. 1Pengertian CRUD
    1. 1.1Create
    2. 1.2Read
    3. 1.3Update
    4. 1.4Delete
  2. 2Penutup

Istilah CRUD sebenarnya ada hampir di setiap program aplikasi online saat ini, bahkan sosial media yang kita gunakan tiap harinya pun ada program CRUDnya. Tapi memang tidak semua kalangan mengetahui dan sadar tentang istilah tersebut, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai CRUD

Pengertian CRUD

CRUD itu singkatan dari Create, Read, Update dan Delete, setelah mendengar kepanjangan dari istilah ini pasti sudah terbayang dong hubungannya dengan apa?

yap benar sekali, CRUD ini hubungannya dengan database, jadi setiap data yang kita buat, edit, lihat, dan hapus itulah yang di sebut dengan CRUD.

Create

Create atau membuat adalah proses membuat data baru ke database tertentu, misalnya kita mau posting status di facebook, ini disebut dengan tahapan Create.

Read

Read atau membaca istilah ini digunakan untuk proses membaca/ menampilkan atau mengambil data dari database ke halaman depan user, misalnya di facebook kan banyak tuh status-status pengguna lainnya yang kita lihat, itu disebu read.

Update

Update itu mengedit data yang sebelumnya sudah kita buat, misal hari ini buat status selamat pagi di facebook, padahal udah siang, kita bisa mengeditnya nanti secara otomatis data tersebut akan terupdate pada database facebook

Delete

Kalau delete ini adalah menghapus data yang sudah kita buat sebelumnya, sehingga orang lain maupun diri kita sendiri tidak bisa melihat data tersebut lagi. Ya intinya benar-benar hilang/kehapus.

Penutup

Oke mungkin sekian dulu artikel tentang pengertian crud, mungkin kedepan saya juga bakal share tentang coding crud php mysql tipis-tipis biar ada catatan pribadi juga 🙂

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search