Home Materi Kuliah Contoh Kode Program Algoritma Bubble Sort Python
algoritma bubble sort

Hi, kali ini saya ingin sedikit berbagi ringkasan materi kuliah seputar algoritma bubble sort yang sederhana banget. Baik langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Algoritma Bubble Sort

Bubble sort merupakan salah satu jenis algoritma pengurutan yang sederhana, dimana jika ada suatu data misalnya 3, 1, 4, 2, 8 dengan fungsi bubble sort akan mengurutkan data tersebut dari index 0 (data pertama) hingga index terakhir.

Algoritma bubble sort diberi nama “bubble” karena cara kerjanya mirip dengan cara gelembung naik ke permukaan air. ​

Ketika gelembung naik, gelembung yang lebih besar akan muncul dan terapung ke atas, sedangkan gelembung yang lebih kecil akan tetap di bawahnya. Dalam hal ini, elemen-elemen dalam daftar atau array yang lebih besar akan “muncul” (bergerak) ke posisi yang benar selama proses pengurutan​.

Misalnya data diatas pada index 0 yaitu angka 3 ternyata lebih besar dari index 1, sehingga dalam proses bubble sort ini akan menjadi 1, 3, 4, 2, 8 yaitu memindahkan bilangan yang lebih besar kesebelah kanan dan bilangan kecil ke sebelah kiri.

Berikutnya angka 4 dan 2, karena 2 lebih kecil maka pindahkan posisinya menjadi 1, 3, 2, 4, 8. Begitu juga seterusnya jika masih tersedia data index didalam bilangan tersebut.​

Namun karena dalam contoh diatas sudah tidak ada data lagi, maka posisinya sudah tetap seperti tersebut. Tapi ini baru perulangan pertama, selanjutnya kita lakukan perulangan kedua agar data benar-benar terurut dari kecil ke besar.​

Karena pada data diatas ternyata 3 > dari 2 maka bisa kita lakukan sorting menjadi 1, 2, 3, 4, 8. Hasil dari perulangan kedua ini menjadikan nilai data dari array menjadi terurut dengan baik.

Contoh Kode Program Bubble Sort Python

Berikut ini contoh kode program bubble sort sederhana untuk mengurutkan angka acak 3, 1, 4, 2, 8 menjadi terurut dari terkecil hingga terbesar:

def bubble_sort(x):
    for i in range(len(x) - 1, 0, -1):
        for j in range(i):
            if x[j] > x[j + 1]:
                temp = x[j]
                x[j] = x[j + 1]
                x[j + 1] = temp

angka = [3, 1, 4, 2, 8]
bubble_sort(angka)
print(angka)

Penutup

Nah itulah penjelasan mengenai algoritma bubble sort beserta contoh kode programnya dalam bahasa pemrograman python semoga dapat membantu ya.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search