Home Tutorial Cara Mempercepat Performa Laptop Asus x453m Series
cara mempercepat performa laptop asus x453m series
Sumber laptopsecondmalang.com

Laptop asus x453m series merupakan laptop keluaran lama, sekitar tahun 2016an, dan menjadi laptop pertama yang saya miliki, hingga saat ini masih lancar digunakan untuk keperluan office dan harian. Jika kamu memiliki laptop series yang sama mungkin akan bertanya, bagaimana sih caranya biar awet dan performanya cepat, anti nge lag, nah saya akan share tips nya.

Cara Mempercepat Performa Laptop Asus x453m Series

Untuk series laptop ini bawaan pabrik menggunakan Intel celeron, 2 GB Ram, dan Harddisk 500gb, tentunya sangat amat minim untuk keperluan saat ini. Maka dari itu cara terbaik untuk mempercepat performa laptop ini adalah dengan cara:

1. Menambahkan SSD

Pertama kamu bisa menggunakan SSD tambahan untuk keperluan booting OS, jadi nantinya laptop kamu memiliki 2 penyimpanan HDD bawaan dan juga SSD tambahan. Dimana SSD digunakan untuk keperluan operation system, dan hdd untuk keperluan menyimpan data. Caranya cukup mudah, jika kamu punya keahlian bongkar laptop, maka bisa bongkar bagian CD Room lalu diganti dengan ssd, seperti yang saya lakukan. Namun jika kamu tidak yakin bisa bongkar, pakai jasa service saja, mungkin sekitar 200rb untuk bongkar pasangnya, tidak termasuk harga SSD.

Untuk ssd yang digunakan bisa yang 250gb atau 500gb sekalian, sesuaikan saja dengan budget yang kamu punya. Cara ini sangat ampuh sekali digunakan, terasa perbedaan saat menghidupkan dan shutdown laptop lebih cepat. Untuk SSD dengan kapasitas 250gb pasaran saat ini adalah sekitar 400-500rban tergantung merek ssdnya. Kamu bisa cari saja di toko komputer terdekat atau di marketplace seperti shopee atau tokopedia.

 

2. Menambahkan RAM

Karena laptop ini terdapat 2 space RAM, kamu bisa memanfaatkannya dengan menambah ram dengan jumlah yang sama, sehingga bisa memiliki 2 x ram saat ini. Namun jika dirasa kurang, bisa ganti saja dengan 2 RAM 8GB, sehingga menjadi 16 GB. Tentunya semakin tinggi resource RAM semakin bagus juga performa perangkat tersebut.

3. Menghapus Aplikasi Office

Jika laptop kamu masih menginstall aplikasi microsoft office, saya sarankan untuk dihapus saja, karena aplikasi tersebut lumayan banyak menghabiskan resource. Sebagai alternatifnya kamu bisa menggunakan office online langsung di browser, atau biar lebih ringan bisa menggunakan google docs, spreadsheet, google slide untuk keperluan office kamu. Saya pribadi lebih prefer ke produk Google, karena terasa bedanya dibanding office online, google docs lebih ringan dan flexible di laptop asus saya ini.

4. Menggunakan Windows 10

Jika sudah upgrade SSD dan RAM, jika kamu menggunakan windows 10 akan terasa lancar, jadi tidak usah kawatir untuk menggunakan Windwos 10. Selain itu jangan lupa untuk rutin update windwos, agar tidak mudah untuk kemasukan virus yang mengakibatkan laptop menjadi lemot.

Kesimpulan

Setelah menerapkan 4 tips diatas, setidaknya laptop asus x453m series kamu akan memiliki  performa lebih cepat dibandingakan sebelumnya. Dan berpotensi bisa digunaakn 2-3 tahun kedepan. Selain itu jika ada aplikasi yang tidak digunakan bisa di uninstall saja untuk menjaga kualitas performa laptop kamu.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search