Home Umum 8 Skill Digital Yang Paling Dibutuhkan di Tahun 2023
Skill Digital Yang Paling Dibutuhkan

Di era serba digital seperti saat ini, banyak perusahaan skala besar maupun kecil pasti tidak lepas dari peran keterampilan digital. Hal ini juga tidak mengherankan semakin banyaknya jurusan kuliah di bidang teknologi informatika dan kian diminati.

Perkembangan internet menjadi salah satu faktor pendorong perkembangan dunia digital saat ini. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan komputer dan ponsel pintar semakin hari kian canggih. Buktinya, pengguna internet di Indonesia mencapai angka 200 juta pada tahun 2021 silam.

Alih-alih perkembangan jaringan 5G di Indonesia, serangkaian keterampilan untuk menggunakan alat digital semakin terus didorong. Buktinya ada beberapa pelatihan ataupun tutorial gratis menjamur tersebar di platform website dan media sosial. Maka dari itu, manusia harus dapat beradaptasi dari perkembangan digital yang sangat cepat setiap detiknya.

Dalam bisnis, keterampilan digital mendorong sebagai wadah informasi perusahaan hingga praktik pemasaran. Kenapa? Dikarenakan teknologi dan globalisasi memungkinkan untuk penyedian informasi serta penyaluran informasi dengan cepat dan fleksibel. Namun, sebelum itu apa itu digital skill?

Apa itu Digital Skill?

Tidak salah bila dibenakmu menganggap digital sebagai suatu hal yang terkomputasi. Secara sederhana, digital skill merupakan suatu kemampuan untuk mengoperasikan alat atau media digital seperti perangkat digital, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Kemampuan ini diperlukan untuk menghasilkan output berupa informasi, mulai dari menggali, mendefinisikan, mengevaluasi, menjadikan, dan menggunakan untuk kepentingan bisnis ataupun individu secara sehat bijak dan legal.

Digital skill tidak terlepas dari konten digital. Konten merupakan produk yang dihasilkan layaknya seperti barang jadi yang dibuat dari proses produksi. Cakupan digital skill sangat luas dan beragam jenisnya. Apalagi bagi perusahaan, di setiap komponen bisnis, tidak terlepas dari keberadaan digital skill yang membantu proses bisnis.

Tanpa skill digital yang kuat, seseorang tidak hanya kehilangan kesempatan dalam dunia kerja, namun juga kontribusi terhadap pengembangan karir. Setidaknya, seseorang harus menguasai digital skill level minimum seperti melakukan tugas seperti berkomunikasi via email, membuat dan mengelola dokumen online dan lain sebagainya.

8 Skill Digital Yang Paling Dibutuhkan di Tahun 2023

Data Analytics

Pekerjaan di bidang data analytics saat ini bisa dibilang menjadi budaya perusahaan. Pasalnya, data bisa dijadikan pedoman dalam pengambilan keputusan melalui olahan menjadi informasi. Business Intelligence (BI) diperlukan hampir di seluruh sektor perusahaan, karena sejatinya perusahaan menjalankan proses bisnis.

Bisnis saat ini akan memilih pengambilan keputusan berbasis data daripada berbasis peramalan. Sejatinya, peramalan sekalipun memakai pengolahan dari data menerapkan metode atau algoritma yang digunakan. Dengan kemajuan teknologi seperti saat ini, big data dapat memberikan informasi seperti tren melalui perhitungan statistik yang dilakukan sedemikian rupa.

Seorang data analis akan berupaya mengolah data untuk memberikan informasi yang berguna bagi perusahaan baik untuk keberlangsungan perusahaan maupun pengambilan keputusan kedepannya.

Kemampuan digital skill sangat dibutuhkan disini, karena bagaimanapun data analis akan dihadapkan dengan pengolahan data berbasis teknologi. Seorang data analis mendapatkan source data bisa dari scraping, data mining dan lain-lain. Kemudian data tersebut diolah untuk dijadikan informasi seperti jumlah penjualan, kemajuan penjualan, stabilitas pasar dan lain-lain.

UI/UX Design

Konten yang kamu lihat seperti konten di media sosial, website tidak akan lepas dari perancangan UI dan UX design. Profesi ini bisa dibilang evergreen karena konten merupakan produk dari perangkat digital.

UI atau user interface merupakan desain tampilan dengan sekumpulan komponen di dalamnya. Jelas saja, perantara UI dengan brainware harus terhubung melalui UX atau user experience yang baik. Easy to use merupakan tujuan adanya UX disamping terbitnya UI.

Seorang UI dan UX designer harus memiliki digital skill yang mumpuni di bidangnya. Sebut saja UI designer harus mampu menggunakan beberapa tools seperti Figma, Adobe Photoshop, Corel Draw dan lain-lain. Selain itu UI maupun UX designer harus paham akan 17 prinsip user interface yang berguna untuk mendesain tampilan di atas layer agar memberikan kesan menarik dan kemudahan pengguna.

Programming.

Cakupan programming bisa dibilang sangat luas dan evergreen. Memang saat ini, programmer diberikan kemudahan dalam melakukan kegiatan coding lewat framework ataupun sumber coding yang menjamur dimana-mana.

Dibalik itu, nyatanya masih cukup banyak orang yang tidak mengerti dengan kegiatan coding karena rentetan untuk menjadi profesional tidak cukup dilakukan sekejap mata. Apalagi dunia programming yang terkenal lebih lama menyelesaikan error daripada aktivitas coding.

Digital skill dalam hal programming tidak hanya digunakan untuk membangun aplikasi saja, namun juga berguna dalam keseharian bisnis. Coding dinilai memberikan manfaat untuk efisiensi dalam pemecahan masalah. Tidak sampai disitu, perusahaan juga memerlukan website untuk profil perusahaan yang tidak lepas dari aktivitas programming.

Dari sini saja, programmer sangat diperlukan untuk kepentingan bisnis, belum lagi untuk interaksi konten yang semakin masif dilakukan untuk memberikan kepuasan pengguna. Dasar-dasar pemrograman dikategorikan sesuai media seperti PHP untuk website, Python untuk pengolahan citra dan pola.

Copywriting

Beberapa orang beranggapan skill copywriting tidak memerlukan digital skill. Nyatanya, media konten saat ini hadir dari teknologi digital. Seorang copywriter tidak hanya menulis saja, namun publikasi, referensi informasi, serta pengolahan informasi memerlukan digital skill.

Digital skill dibutuhkan oleh seorang copywriting agar konten yang dipublikasikan tepat sasaran. Tujuan dari kegiatan copywriting sendiri agar produk yang dipublikasikan tidak hanya sampai ke audiens begitu saja, namun adanya unsur persuasif agar mereka dapat terbujuk dan berkata “wow” terhadap pengemasan produk melalui tulisan.

Dari sini, kamu pasti memahami mengapa copywriting tidak akan padam dan masif dibutuhkan oleh perusahaan. Digital skill seorang copywriter yaitu mampu menghadirkan attention, interest, desire dan action (AIDA) terhadap produk yang ditawarkan.

Artificial Intelligence

Di tahun 2023 ini, artificial intelligence menjadi perbincangan hangat warganet di twitter. Pasalnya produk seperti chat GPT memiliki daya tarik banyak orang. Di Indonesia, perusahaan yang bergerak di machine learning memang masih sedikit. Namun keberadaan artificial intelligence diprediksi akan cepat menjamur dalam waktu mendatang.

Perusahaan memerankan machine learning sebagai sebuah langkah untuk melindungi bisnis mereka. Hal ini menyebabkan permintaan akan machine learning makin meningkat setiap waktunya.

Sebagai contoh, Chat GPT besutan OpenAI merupakan AI yang melakukan pengolahan data dalam jumlah sangat besar. Selain itu ada juga AI text to speech, text to image yang keberadaannya baru dan membuka market bagi developer.

Beberapa digital skill yang dibutuhkan untuk menjadi machine learning engineer mulai dari pengolahan data menggunakan algoritma tertentu, kemampuan statistika, data modelling serta bahasa pemrograman layaknya python dan lain-lain.

Cloud Engineer

Profesi cloud engineer mempunyai masa depan yang cerah dikarenakan perkembangan cloud computing yang sangat segar. Cloud engineer bertugas dan bertanggung jawab mendesain dan merancang terhadap sistem cloud computing. Dukungan cloud membuat perusahaan tertarik untuk migrasi menggunakan cloud karena dinilai lebih fleksibel.

Perjalanan menjadi seorang cloud engineer memang tidak mudah, banyak digital skill dan edukasi yang mesti ditempuh. Kamu juga harus mempelajari dasar dasar cloud computing seperti istilah-istilah cloud computing itu sendiri.

Menjadi seorang cloud engineer tidak akan lepas dari penggunaan software dan menguasai sistem operasi (OS) seperti Linux. Selain itu, penting juga untuk mengetahui Cloud Service Provider dikarenakan banyak juga penyedia layanan cloud service providers dan beragam dukungan yang diberikan.

Digital Business Analysis

Digital business analysis memiliki peran yang penting bagi peluang bisnis secara keseluruhan. Seorang digital business analisis memerlukan keterampilan lebih dalam menggunakan digital skill untuk diterapkan dalam analisis bisnis. Beberapa kemampuan teknis yang dibutuhkan kerap menjadi kebutuhan bisnis itu sendiri seperti kemampuan software development untuk mengetahui rangkaian proses dalam membantu proses bisnis menggunakan suatu perangkat lunak tertentu.

Tidak sampai disitu, kemampuan digital lainnya juga diperlukan seperti testing skill, visualisasi data, pengelolaan database dan bahasa pemrograman. Digital business analysis harus mampu menafsirkan kebutuhan bisnis serta menerjemahkan ke dalam kebutuhan berbentuk aplikasi dan kebutuhan operasional dengan tepat.

Kemampuan soft skill juga tidak kalah penting untuk menjadi seorang digital business analysis. Alih-alih serba digital, kerjasama dan komunikasi antar tim tetap harus terjaga. Seorang digital business analysis juga harus mampu membuat perencanaan keuangan atau financial planning guna mempertimbangkan pencapaian dan kemampuan operasional bisnis.

Manajemen Proyek Digital

Digital skill dalam profesi manajemen proyek digital tentu sangat dibutuhkan. Menjadi seorang manajemen proyek digital atau digital project management memiliki keunikan sendiri. Disamping membuat perencanaan, pengawasan serta kontrol terhadap bisnis, seorang manajemen proyek digital juga harus mampu menyisipkan digital skill untuk membantu menentukan strategi proyek.

Di era digital ini, manajer project harus mampu membuat keputusan berdasarkan informasi dari data, bukan dari intuisi semata. Secara tidak langsung, manajer project harus memiliki kemampuan analisis data menggunakan model tertentu. Digital skill berguna untuk mengatur jalannya suatu proyek. Dari sini, hasil project sangat bergantung pada project management itu sendiri, seperti pembuatan flow yang terukur membantu percepatan berjalannya proyek.

Dari sini, peran digital skill begitu luas dalam berbagai lini profesi. Selain itu, digital skill juga berguna dalam kehidupan sehari-hari untuk mengelola kebutuhan personal maupun membantu perjalanan karir.

Baca juga: Kampus IT Terbaik di Bali

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search