presearch
Home Lifestyle 5 Hal Yang Harus Dihindari Saat Puasa Ramadhan, Agar Tidak Sia-sia
hal yang harus dihindari saat puasa ramadhan

Hal Yang Harus Dihindari Saat Puasa Ramadhan – Puasa ramadhan adalah kewajiban bagi setiap muslim yang sudah baligh dan berakal (Dewasa), namun bagi anak-anak juga sudah bisa melatih diri untuk puasa sejak dini. Tentunnya karena puasa ramadhan adalah ibadah tahunan yang beruntung sekali seorang muslimin bisa bertemu dengannya, karena diluar saya banyak orang yang berharap bertemu bulan ramadhan namun tidak tersampaikan.

Ya, itu semua karena segala kebaikan di bulan ramadhan akan di lipat gandakan oleh Allah, hal sekecil apapun dan ibadah seminim apapun pasti akan berlipat ganda kebaikannya. Namun tentunya ada beberapa hal juga yang harus kita hindari ketika sedang berpuasa di bulan ramadhan, karena bisa saja menjadi pemicu batalnya puasa kita, terlebih lagi malah menjadi dosa.

Hal Yang Harus Dihindari Saat Puasa Ramadhan, Agar Tidak Sia-sia

Apa saja sih hal yang harus dihindari saat puasa di bulan suci ramadhan?

1. Berbohong atau Dusta

Berbohong adalah sifat yang buruk, siapa saja yang terbiasa dan suka berbohong seminimalnya akan di cap oleh yang tidak dapat dipercaya oleh masyarakat sekitar. Tak sedikit juga kebiasaan berbohong akan menghancurkan karir seseorang, bahkan di dalam ajaran agama islam salah satu ciri sifat orang munafik adalah suka dan terbiasa berdusta atau bohong.

Nah terlebih lagi di bulan suci ramadhan ketika berpuasa, jika kita berbohong itu akan memungkinkan untuk mengurangi pahala puasa kita, karena memang ini merupakan suatu sifat yang sangat amat buruk.

2. Ghibah atau Membicarakan Kejelekan Orang Lain

Sekalipun kejelekan orang lain yang kita bicarakan itu benar, itu tetap menjadi dosa, karena sebagaimana perintah agama, bahwa sebaiknya tutup aib saudara kita selagi itu masalah pribadi bukan masalah yang merugikan masyarakat (Ada beberapa ghibah yang di bolehkan). Bahkan orang yang suka ghibah ini digambarkan seperti memakain bangkai saudaranya sendiri (saking buruknya sifat ghibah ini).

Terlebih lagi pada saat puasa di bulan suci ramadhan, potensi yang dihasilkan dari ghibah ini sangat negatif sekali, bahkan bisa menjerumus ke fitnah yang dimana fitnah kita kenal menjadi suatu hal yang lebih kejam daripada pembunuhan.

3. Zina

Zina tidak hanya sebatas prilaku yang melibatkan bertemunya alat kelamin dengan lawan jenis (perbuatan), tapi bisa jadi zina datang dari pikiran, dan hati. Contohnya seperti memikirkan hal aneh-aneh dan juga membayangkan yang aneh-aneh. Selain itu melihat sesuatu seperti pornografi juga merupakan kategori zina.

Sebagaimana yang sudah dijelaskan pada Al-quran bahwa zina itu merupakan keji yang dimana pelakunya seminimal mungkin akan merugikan dirinya sendiri, mulai rugi waktu, tenaga dan energi. Dosa yang dihasilkan dari zina ini tidak hanya berefek untuk rohani pelaku saja, bahkan bisa sampai ke jasmani seseorang, seperti hilangnya cahaya dalam wajah seseorang karena keseringan zina…

Sebab dosa itu diibaratkan seperti butiran debu hitam yang bisa mengurangi cahaya / “nur” di dalam diri seseorang.

4.  Ingin Dipuji Orang “Riya”

Sebaiknya sifaat ingin dipuji orang dalam hal ibadah kita hilangkan sedini mungkin, karena bisa membuat ibadah kita sia-sia bahkan kita hanya dapat capeknya saja. Pahalanya tidak kita dapatkan. Di ibaratkan riya’ itu seperti ada kumpulan debu yang berada di atas batu hitam yang licin, lalu kena siram air.

Ya bisa kita bayangkan, mudah hilang, sekalipun tidak disiram air pasti akan hilang debu tersebut dengan sendirinya, karena berada diatas batu yang licin. Nah itulah ibarat ibadah kita ketika dilandasi dengan sifat ingin dipuhi oleh orang lain.

5. Mengadu Domba

Jaman sekarang mengadu domba tidak hanya dilakukan secara langsung dengan mulut atau ucapan, bisa juga dengan ketika kita saat berkomentar di sosial media, So tetaplah jaga jari kita agar tidak berkomentar yang buruk di sosial media. Apalagi di bulan puasa seperti sekarang ini, bisa buat ibadah kita sia-sia, karena menjadi penyebab adu domba orang lain.

Adu domba itu seperti apa?

Salah satu contoh kecilnya adalah ketika ada teman kita yang sedang tidak berhubungan baik dengan temannya kita lalu mengakatan/menjelekan orang tersebut dihadapan si A. Seperti “eh itu lho kamu dikatain ini dikatain itu sama si B” dan sejenisnya.

Penutup

Nah itulah 4 hal yang wajib dan harus kita hindari saat puasa di bulan suci ramadhan, sebenarnya tidak hanya sebatas di ibadah puasa saja, tapi sebaiknya kita terapkan di kehiupan sehari-hari. Agar bisa menjadi pribadi yang selalu merasa tenang dan nyaman karena benar-benar mencari ridho dari sang illahi.

Oh ya, karena ini awal puasa 2023 saya mau bagi tips ke temen-temen yang mungkin butuh energi tambahan saat berpuasa agar tidak mudah lelah. Yaitu dengan mengkonsumsi susu kambing etawa, karena banyak banget manfaat yang ada dari produk susu kambing etawa ini. Berikut review manfaat susu kambing etawa skygoat.

Leave a Reply

A+ A-
Blog Digitalkit

Live Search